Fungsi Brush/Sikat Pada Motor Starter dan Efeknya Jika Aus

  • Whatsapp
fungsi brush motor starter
Gambar brush atau sikat pada motor starter. Sumber : amazon.com

Fungsi Brush/Sikat Pada Motor Starter dan Efeknya Jika Aus – Salah satu komponen motor starter yang menjadi penyebab terjadinya mobil tidak mau di starter atau sulit hidup adalah brush/sikat.

Yaa brush atau sikat ini memang terbuat dari tembaga lunak dan carbon yang bisa aus, kita tahu bahwa brush sikat ini nantinya akan bersinggungan dengan komutator yang berputar, maklum saja bila aus.   

Mengapa kok ngga dibuat dari bahan baja atau besi yang tidak mudah aus? Brush akan bersinggungan dengan komutator, bila terbuat dari baja atau besi maka komutator lah yang aus.

Dan harga komutator dibanding brush tentu jauh berbeda, dan pastinya jauh lebih murah brush atau sikat. Jadi daripada komutator yang aus, lebih baik brush atau sikatnya yang aus. Lagian harganya juga ngga seberapa, dibandingkan dengan harga mobilnya. Wkwkw iyaaa lah.  

Fungsi Brush/Sikat Pada Motor Starter

Brush atau sikat ini berfungsi untuk menghantarkan atau meneruskan arus listrik dari field coil ke armatur coil terus kekomutator baru ke massa. Ada dua jenis brush/sikat pada motor starter yaitu :

1. Brush positif dua buah

2. Brush negatif dua buah  

fungsi brush sikat motor starter
Gambar brus/sikat

Efek Brush/Sikat Aus

Bila brush atau sikat ini aus, maka persinggungannya dengan komutator akan kurang baik, menyebabkan tahanan semakin besar dan tahanan yang dihantarkan tidak maksimal. Arus yang kurang maksimal ini akan membuat momen putar yang dihasilkan menjadi kurang maksimal juga.   

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *