Filter Udara (Air Filter) Pada Mobil dan Motor

  • Whatsapp
lokasi filter udara

Filter Udara (Air Filter) Pada Mobil dan Motor – Udara di luar ruangan mengandung debu dan kotoran jumlahnya sangat banyak, agar kotoran dan debu tersebut tidak masuk kedalam silinder maka perlu disaring. Nah, komponen yang berfungsi untuk menyaring ini disebut dengan filter udara atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan air filter.  

Fungsi Filter Udara

filter udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang bakar agar bersih dari segala jenis kotoran dan menjamin udara yang masuk bersih untuk kelancaran kinerja (performance) dan umur panjang mesin.

Filter udara menjamin :

  • Menjaga udara yang masuk tetap bersih
  • Performa Mesin Halus
  • Umur mesin lebih lama

Udara yang masuk juga akan mengalir melalui berbagai sistem diantaranya akan melewati karburator dsb sehingga apabila udara yang masuk tersebut kotor maka dapat menyumbat yang akan mengganggu kinerja mesin dan mempengaruhi usia pemakaian.

Maka dari filter udara harus dibersihkan secara rutin agar tidak terjadi penyumbatan udara yang dapa mempengaruhi performance mesin.

Apa yang terjadi jika Filter Udara di lepas?

Banyak para pemilik motor yang menhilangkan filter udara. Padahal tindakan tersebut bisa berakibat kurang baik, salah satunya adalah membuat mesin cepat kotor.

Jika pakai karburator maka bisa menyumbat aliran karburator yang, mengingat di karburator banyak lubang-lubang kecil tempat bercampurnya udara dan bahan bakar (air bleeder).

Lokasi / Letak Filter Udara

Source : https://parts.philgilberttoyota.com.au/

Pada mesin yang menggunakan sistem bahan bakar konvensional, air filter diletakkan sebelum karburator. Tujuannya sama, untuk menyaring udara yang masuk agar terbebas dari segala kotoran baik itu debu, pasir atau benda-benda asing lainnya.

Pada mesin modern dengan sistem EFI, filter udara juga diletakkan sebelum manifold, sehingga udara bisa tersaring sempurna.

Pada mobil Anda bisa menemukan filter udara di sisi samping, biasanya ada kotak yang bisa dibuka dan terhubung dengan selang menuju manifold. Beberapa kendaraan juga ada yang letaknya di tengah.

lokasi filter udara

Tipe Saringan Udara (Air Filter)

1. Tipe Busa (Konvensional)

saringan udara tipe busa
Gambar Filter Udara tipe Kertas

Tipe filter udara yang pertama ini menggunakan bahan dasar busa, disebut juga sebagai filter konvensional. Biasanya dipakai pada kendaraan sepeda motor keluaran lama.

Filter udara model ini perawatannya cenderung lebih mudah, karena untuk membersihkannya cukup dengan bensin, kemudian dikeringkan dan disemprot dengan udara bertekanan tinggi. Saringan jenis ini memiliki keuntungan bisa bertahan sampai 15.000 km satu kali pemakaian, harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan filter kertas.

Hanya saja, banyak motor keluaran baru sudah tidak menggunakan tipe busa lagi, melainkan beralih ke tipe kertas karena keefektifannya dalam menyaring udara.

2. Tipe Kertas (Kering)

filter udara

Tipe yang kedua adalah filter udara bahan kertas. Jenis ini dipakai untuk mobil dan juga motor, disebut juga dengan filter udara kering.

Salah satu kelebihan dari filter model ini adalah dibuat dari bahan yang lebih tebal dan kuat sehingga tidak cepat rusak. Apabila sudah kotor, cara membersihkan filter udara tipe kertas cukup mudah yaitu disemprot dengan udara bertekanan (kompresor).

Namun, tipe ini juga memiliki kelemahan. Seiring pemakaian kertas akan berserabut dan serabut tersebut bisa masuk kedalam ruang bakar. Untuk itu bila filter udara sudah berserabut banyak, lebih baik diganti dengan yang baru. Umumnya tipe ini mampu bertahan hingga 9000 km.

3. Tipe Kertas Basah

filter udara tipe basah
Gambar filter udara tipe basah

Tipe filter udara yang ketiga adalah filter udara dengan tipe kertas namun berpelumas oli, biasa disebut dengan filter udara basah. Pelumas yang dimaksud bukan pelumas untuk mesin, melainkan pelumas khusus yang membantu untuk menyaring kotoran. Filter tipe ini sebaiknya diganti setiap 15.000 km.

Cara Membersihkan Filter Udara

Masing-masing tipe filter udara memiliki SOP tersendiri dalam membersihkannya. Membersihkan air filter tipe kering dengan tipe basah tentu saja berbeda.

Untuk tipe kering bisa menggunakan udara bertekanan. Sementara untuk tipe basah bisa dengan solar.

Hanya saja, saat ini filter udara rata-rata yang dipakai adalah tipe kering. Selain mudah dalam perawatannya juga murah ketika harus melakukan penggantian.

1. Membersihkan saringan udara (air filter) tipe kering

cara membersihkan saringan udara

Metode membersihkan saringan kering berbeda dengan saringan basah. Pada saringan kering dengan meniup menggunakan udara bertekanan dari arah berlawanan dengan arah udara masuk.

2, Membersihkan saringan udara (air filter) tipe basah

membersihkan saringan udara basah

Untuk saringan basah dengan mencuci dengan solar, diperas, kemudian dicelup ke oli pelumas dan diperas kembali.

Gambar Asli Filter Udara

Gimana sudah jelas fungsi dari filter udara ini? Gimana sih bentuk dari filter udara? Nah biar lebih jelas berikut ini kami sertakan foto filter udara yang ada di mobil dan yang ada di motor. 

filter udara vixion

Gambar di atas adalah filter udara yang ada di motor vixion, untuk melihat harga dari barang tersebut dapat membaca lebih lanjut di : Review Harga Filter Udara Motor Vixion Terbaru

Nah, gambar selanjutnya adalah filter udara pada mobil yang mana itu merupakan gambar filter udara milik Toyota Avanza, untuk lebih lanjut bisa membaca artikel berikut ini : Harga Filter Udara Toyota Avanza

Pos terkait