Empat Gejala Kompresor AC Rusak Pada Mobil

  • Whatsapp

Empat Gejala Kompresor AC Rusak Pada Mobil – Pernahkah anda mengalami ac mobil tidak dingin? Di kabin hanya keluar angin tok, tidak ada dingin-dinginnya sama sekali. Atau anda mendengar suara yang abnormal hanya ketika ac dihidupkan, dan ketika ac mobil kembali dimatikan suara itu tidak terdengar lagi. Gejala-gejala tersebut bisa jadi disebabkan oleh kompresor yang rusak atau sedang bermasalah. Karena apabila kompresor ini bermasalah maka pendinginan yang dihasilkan olah ac mobil anda menjadi berkurang.

Nah, agar lebih lengkap lagi berikut ini bisaotomotif.com share mengenai ciri-ciri kompresor ac mobil yang rusak atau sedang bermasalah. Pada umumnya kompresor ac mobil yang bermasalah terdapat 4 gejala atau ciri-ciri, apasajakan gejalanya ? Berikut ini kami sebutkan 4 gejala kompresor ac mobil bermasalah.

1. Bunyi abnormal dari kompresor

Salah satu tanda kompresor ac mobil rusak yang pertama adalah bunyi abnormal, yang sumbernya dari kompresor. Gejala ini terjadi pada saat ac dihidupkan, yang kemudian pada bagian sekitar kompresor terdengan suara kasar atau istilah yang biasa dipakai “ngorok”. Namun kemudian apabila ac mobil dimatikan (di offkan) suara kasar tersebut tidak terdengan lagi (normal). Suara ini berasal dari dalam kompresor, maka dari itu bila sudah terdapat gejala seperti ini sebaiknya segera bawa ke bengkel ac mobil untuk mendapatkan perbaikan. Bila tidak segera diperbaiki, takutnya malah membuat kerusakan yang lebih parah lagi.

Kompresor AC Mobil
Kompresor AC Mobil

2. AC kurang dingin pada rpm rendah, normal di rpm tinggi

Bila ac mobil anda mengalami hal yang seperti ini, anda harus waspada jangan-jangan kompresor ac mobil anda ada masalah. Ini bisa terjadi karena kompresi pada kompresor tidak maksimal, sehingga hanya dingin pada waktu kecepatan tinggi. Untuk memperbaikinya, kompresor harus dibongkar agar mengetahui letak permasalahannya.

Baca juga : Fungsi Evaporator AC Mobil

3. Bocor – gejaa kompresor ac mobil rusak

Kebocoran pada sistem ac memang sering terjadi, kebocoran akan semakin sering terjadi apabila kurangnya perawatan pada ac mobil anda. Gejala kompresor bermasalah yang ke 3 adalah terjadinya kebocoran pada kompresor, ini akan membuat zat pendingin atau refrigerant menjadi berkurang jumlahnya, dan secara bertahap ac mobil anda akan tidak dingin. Bila semakin besar kebocorannya, maka semakin cepat pula ac mobil anda tidak dingin. Berdasarkan berbagai pengalaman, bila terjadinya kebocoran terletak pada kompresor biasanya refrigerant akan habis dalam waktu 1 – 6 minggu, tergantung seberapa cepat kebocoran sistem ac mobil anda.

Baca : Oli kompresor pada ac mobil

4. Magnetic cluct tidak berfungsi (mati)

Gejala kompresor ac mobil rusak yang selanjutnya adalah magnetic cluctch yang tidak berfungsi. Fungsi dari magnetic clutch adalah untuk menghubungkan kompresor dengan pully agar kompresor dapat berputar. Selengkapnya bisa dilihat dalam artikel : Cara kerja kopling magnet

Ciri-ciri magnetic clutch ini tidak berfungsi adalah ac tidak dinggin secara tiba-tiba. Bila anda sedang berkendara, kok tiba-tiba ac mobil tidak dingin, dapat dicurigai penyebabnya adalah magnetic clutch yang tidak berfungsi. Sementara itu penyebab magnetic clutch yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh, rusaknya kopling magnet, putusnya sirkuit, sekering putus dll.

Baca juga : Komponen AC Mobil

Nah bila anda menemui gejala-gejala seperti di atas pada sistem ac mobil anda, anda perlu ke bengkel ac mobil. Siapa tahu kompresor ac mobil anda bermasalah. Lebih baik diperbaiki, sebelum terlambat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *