Efek Kelebihan Oli Untuk Motor Yang Harus Kalian Waspadai

  • Whatsapp
OLI MOTUL 5100

Yogyakarta, Bisaotomotif.com – Oli adalah bagian yang penting dalam mendukung kinerja mesin, oli ini berfungsi sebagai pelumas yang setiap detiknya melumasi bagian-bagian motor. Mengapa perlu pelumasan? Kita tahu bahwa sebagian besar komponen mesin baik itu mesin motor ataupun mesin mobil terbuat dari logam seperti alumunium, baja dan semacamnya.

Yang mana pada mesin, ada bagian yang bergerak dan bergesekan. Misal saja pada piston dengan silinder, kemudian katup, poros engkol dan lain sebagainya. Semua itu butuh pelumas, agar gesekannya lancar.

Tanpa adanya pelumas maka akan menimbulkanberbagai masalah seperti macet, cepat aus, dan panas. Untuk itulah harus ada sistem pelumasan.

Setiap mesin pasti memiliki kapasitas untuk oli, yang mana kuantitas oli ini setiap mesin berbeda-beda. Tentu jumlah oli untuk mesin 250 cc berbeda dengan mesin yang hanya 115 cc. Iyaa kan?

Dan itu harus sesuai, tidak boleh kurang dan lebih. Bila kurang efeknya tidak baik, bila lebih efeknya untuk mesin juga tidak baik.

Efek Kelebihan Oli Untuk Motor Yang Harus Kalian Waspadai

Oli mesin motor
Oli Mesin

Anggapan yang salah bila mesin olinya banyak/lebih itu baik, padahal itu salah. Jumlah oli yang berlebihan, faktanya membuat performa mesin menjadi turun salah satunya karena mesin lebih berat, dan saat mesin bekerja akan menimbulkan gelembung-gelembung pada genangan oli, yang kemudian akan berbenturan dengan weigh balance.

Oli itu untuk melumasi bukan menggenangi
Satu pernyataan yang sudah cukup untuk menjawab permasalahan ini, bahwa sebenarnya oli itu berguna untuk melumasi setiap komponen mesin, bukan malah menggenangi yang akan menghambar pergerakan mesin.

Lebih mudah keruh
Faktanya, jumlah oli yang berlebihan justru malah membuat oli cepat keruh, akibatnya kualitas pelumasan pada oli tersebut akan turun. Efeknya ya pada umur dari mesin motor tersebut.

Tarikan berat dan performa turun
Seperti yang sudah disinggung di atas ya guys, oli yang berlebihan akan membuat pergerakan komponen mesin menjadi lebih berat karena adanya beban dari oli yang belebihan. Jika berat tentu saja performanya akan turun ya guys.

Maka dari itu perlu banget diketahui kapasitas oli untuk mesin tersebut berapa, dapat ditanyakan melalui diller atau lihat langsung aja di manual booknya.

Okeee guys, cukup sekian artikel singkat ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga : Harga Oli Motul Ester 5100

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *