Mumpung Dirumah, Cuci Mobil Sendiri Dengan 7 Langkah Ini

  • Whatsapp
cara mencuci mobil

Mumpung Dirumah, Cuci Mobil Sendiri Dengan 7 Langkah Ini ! – Di masa-masa sekarang ini kita dianjurkan untuk stay at home atau di rumah aja. Bahkan kebanyakan perusahaan di Jakarta sudah memberlakukan WFH alias work from home.

Nah mumpung di rumah dan bahaya juga kalau cuci mobil di luar rumah, lebih baik mencuci mobil sendiri sampai terlihat bersih dan kinclong.

Walaupun kelihatannya mencuci mobil itu sepele, tapi tetap ada beberapa point penting yang tidak boleh untuk disepelekan. Hal tersebut demi hasil yang maksimal dan mencegah rusaknya cat/bodi kendaraan tersayang.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar mobil Anda terlihat bersih dan konclong, pokoknya hasilnya maksimal dah.

7 Langkah Cuci Mobil Sendiri Agar Bersih dan Kinclong

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencuci mobil sendiri di rumah, lebih irit dan aman dari corona.

1. Cucilah di Pagi atau Sore Hari

jangan mencuci mobil di siang bolong

Waktu yang paling pas untuk mencuci mobil adalah di pagi atau sore hari, jangan di siang bolong. Selain Anda akan merasa kepanasan juga ngga baik untuk bodi mobil.

Di siang bolong matahari sedang panas-panasnya, air yang menempel pada satu sisi bodi bisa saja mengering dengan cepat saat Anda membersihkan sisi yang lain. Hal ini bisa membuat bercak-bercak pada bodi kendaraan.

Hindari juga mencuci mobil di bawah pohon, takut ada burung yang sembarangan berak. Belum lagi pas ada angin, dedaunan dan ranting bisa saja mengotori mobil Anda yang sedang berbasah-basahan.

2. Siapkan alat dan bahan untuk mencuci mobil

Siapkan alat dan bahan untuk cuci mobil

Tentu saja Anda tidak mencuci mobil hanya dengan air saja kan? Anda butuh selang air, ember, sampo mobil, sikat halus, kaebo dan kain mikro fiber.

Lebih baik gunakan sampo khusus untuk cuci mobil, atau jika terpaksanya tidak ada bisa pakai sunlight. Kamu bisa gunakan ember sebagai tempat air sabun.

3. Semprot Mobil Pakai Air Bersih Dulu

semprot dengan air bersih

Agar kotoran dan debu yang menempel pada bodi kendaraan hilang, harus disemprot dengan air bersih terlebih dahulu.

Kalau bisa ya dengan air bertekanan, kotoran-kotoran yang menempel akan berkurang dan hilang. Tapi jika tidak ada ya minimal pakai ember dan gayung, he he.

Jangan lupa, semprot juga bagian roda yang biasanya tempat itu paling kotor diantara bagian yang lain.

4. Dimulai dari Yang Paling Atas

mencuci mobil dari atas

Mulailah mencuci bagian paling atas terlebih dahulu, prinsipnya seperti ngepel lantai (jalan mundur).

Jika dimulai dari bodi samping, kemungkinan akan kotor kembali ketika kita mencuci bagian atasnya.

Biar mudah gunakan kursi agar mudah terjangkau, Anda bisa memulainya dari salah satu sisi saja, misalkan dari sisi samping bagian sopir, lanjut depan, sisi samping dan dilanjutkan sisi belakang.

Lanjutkan sampai semua bagian bodi kendaraan terkena sabun. Dengan cara ini pasti akan lebih efektif daripada menyeselaikan atap semua, baru kembali ke sisi-sisi samping.

5. Bilas Dengan Air Bersih

bilas pakai air

Setelah semua bodi kendaraan di poles pakai sabun, bilas dengan air bertekanan. Air bertekanan akan membantu menghilangkan busa dari bodi kendaraan.

Pastikan semua busa hilang dan bersih ya, jangan sampai ada yang tertinggal.

6. Keringkan Dengan Kain Mikrofiber

keringkan bodi kendaraan dengan kain mikrofiber

Setelah dibilas dengan air sampai bersih, selanjutnya lap bodi kendaraan dengan kain mikrofiber, atau bisa juga dengan kanebo kering. Tujuannya untuk mengeringkan seluruh bodi kendaraan, sehingga tidak menimbulkan bercak-bercak akibat air yang menempel.

Pastikan semua bagian kering dengan sempurna ya, terutama bagian-bagian yang delik seperti handel pintu, kaca, celah antara pintu dan bodi mobil, serta spion.

7. Pakai Wax dan Semir Ban

Jika pengen lebih maksimal, gunakan wax untuk memberikan perlindungan pada cat dan bodi kendaraan. Cairan wax ini akan mencegah timbulnya jamur atau water spot serta kotoran lainnya.

Gunakan juga semir ban agar ban mobil terlihat hitam pekat, ban Anda akan terlihat seperti baru.

gunakan wax dan semir mobil

Gimana 7 langkah mencuci mobil di atas, cukup simple bukan. Sekalian mengisi waktu saat di rumah, mencuci mobil adalah pilihan yang tepat. Gabut hilang, mobil bersih dan terawat.

Baca juga :

1. Cara Membuat Body Motor Mengkilap Dan Tips Merawatnya
2. 8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor
3. Cara Merawat Cat Mobil Agar Awet dan Tidak Pudar

Pos terkait