Ciri-CIri Rem ABS Motor Rusak atau Bermasalah

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com, Ciri-CIri Rem ABS Motor Rusak atau Bermasalah – Salah satu fitur keselematan pada mobil maupun motor adalah ABS alian Anti-Lock Braking System, seduai dengan namanya sistem ini berguna untuk mencegah agar rem tidak mengunci saat dilakukan pengereman.
Mengapa demikian? Ketika rem mengunci kemungkinan terjadinya selip akan lebih tinggi, fungsinya rem bukan untuk memberhentikan kendaraan dalam sekejap. Tetapi memperlambat laju kendaraan, maka dari ABS berguna mencegah agar tidak terjadi penguncian yang bisa membuat ban selip. Baca juga : Fungsi dan Komponen-komponen Sistem ABS Pada Rem Mobil

Bicara soal ABS yang ada pada motor, keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai piranti keselamatan. Dan teknologi ABS ini tergolong masih baru untuk yang diaplikasikan pada kendaraan roda dua, dan maklum belum semua motor menggunakan system ABS ini.

Mengingat pentingnya ABS ini dalam hal keselamatan ketika berkendara, apakah berbahaya bila ABS ini rusak di sepeda motor???

Bila kita melihat cara kerjanya, ABS berguna mencegah terjadinya penguncian. Maka ketika ABS ini rusak, rem masih bisa bekerja alias tidak blong. Tapi, ada baiknya bila mendeteksi adanya kerusakan pada rem ABS tetap harus diperbaiki, karena ini demi keamanan bersama.
Lalu bagaimana cara mendeteksi kerusakan pada system ABS pada motor?? Apa ciri-cirinya?
Ciri-CIri Rem ABS Motor Rusak atau Bermasalah
 sumber : Hondagiahoa.com
Untuk mendeteksi terjadinya kerusakan pada rem ABS cukup perhatikan lampu indikator ABS pada spedometer. Bila lampu indikator ABS nyala (berkedip) saat mesin hidup, berarti ada yang bermasalah dengan rem kalian.
Kemudian bisa juga dideteksi melalui cara kerjanya, yang mana ketika tuas rem di tekan, akan terasa sedikit “pantulan” ada kick back sebagai tanda bahwa ABS pada motor bekerja.

Bila tidak terjadi dan ada lampu indikator yang nyala, ya kemungkinan ABS motor eror atau bermasalah.

Demikian ciri-ciri rem abs motor rusak atau bermasalah, semoga berfmanfaat. Jangan lupa like fanspage kami dan share ke sosial media ya guys.

Baca juga : Berapa Hourse Power (Tenaga Kuda) Motor Kawasaki Ninja H2 SX?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *