Cara Sederhana Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

  • Whatsapp
Cara Sederhana Menjaga Performa Mesin Tetap Prima – Sebagai pengemudi memiliki mobil dengan performa maksimal adalah suatu kebanggan, selain itu juga dapat membuat kita merasa puas mengemudikan mobil tersebut. Berbeda jika mobil yang kita miliki performanya sangat buruk, tentu kita akan lebih mudah emosi dan akan merasa malu bila membawa penumpang, pasti dianggap tidak bisa mengemudikan mobil.
Performa mobil sangat ditentukan oleh kondisi mesin, bila kondisi mesin normal maka performa mesin juga maksimal, tetapi bila mesin bermasalah performa mesin tersebut juga akan kurang maksimal. Jadi kuncinya adalah membuat mesin dalam kondisi normal.
Nah, agar messn mobil normal maka perlu dilakukan perawatan. Perawatan ini akan membuat komponen mesin lebih awet, bukan berarti tidak bisa rusak. Perawatan merupakan usaha agar komponen mesin lebih awet lagi.
Dengan perawatan yang rutin, mesin mobil anda akan terjaga, sehingga performanya baik, gas buang baik, konsumsi bahan bakar efisien dan lain sebagainya.
Nah, apa sajakah perawatan-perawatn sederhana mesin yang dapat meningkatkan performa mesin. Berikut ini kami berikan tutorial tentang cara menjaga permorma mesin tetap maksimal.

Cara sederhana menjaga performa mesin agar maksimal

Menjaga performa mesin mobil tetap prima
Menjaga performa mesin mobil tetap prima

1.  Oli mesin – Cara Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

Yang perlu anda perhatikan adalah masalah oli mesin. Perawatan yang dilakukan antara lain gantilah oli mesin secara rutin. Oli mesin yang telat diganti akan membuat pelumasan tidak maksimal yang bisa membuat keausan pada komponen-komponen mesin. Selain itu pilihlah oli mesin yang  berkualitas, dan perhatikan juga viskositas (kekentalanny). Pilihlah oli dengan kekentalan yang sesuai dengan karakteristik mobil anda. Umumnya mobil keluaran terbaru menggunakan oli yang sedikit encer, hal ini akan menghasilkan performa mesin yang lebih baik, mobil yang masih baru mempunyai tingkat presisi yang masih sangat baik (belum mengalami keausan) sehinga dengan oli yang sedikit encer sudah cukup. Tapi kalau mobil sudah lawas, lebih baik gunakan oli yang lebih kental. 

2. Bahan bakar – Cara Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

Bahan bakar sangat mempengaruhi performa mesin. Tentu bahan bakar yang berkualitas baik akan menghasilkan performa yang lebih baik pula. Kualitas bahan bakar dapat kita lihat dari nilai octannya, semakin tinggi nilai octannya maka bahan bakar tersebut semakin baik. Di Indonesia dikenal ada beberapa jenis. Yang pertama adalah premium dengan nilai octan 88, pertamax dengan nilai octan 91 dan pertamax plus dengan nilai octan 95. 
Dengan menggunakan bahan bakan yang berkualitas atau yang mempunyai nilai oktan lebih tinggi  maka pembakaran akan lebih sempurna, gas buang yang dihasilkan juga akan lebih baik. Performa? Sudah tidak ditanyakan lagi, pasti akan lebih baik.

3. Tune up rutin – Cara Menjaga Performa Mesin Tetap Prima

Tune up merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin. Karena pada saat tune up, mesin mobil anda akan diperiksa dan dirawat khusus pada bagian mesin saja. Dalam tune up rutin biasanya komponen mesin yang diperiksa antara lain busi, kabel busi, filter udara, fuel filter, dan lain sebagainya. Bila komponen tersebut sudah tidak sesuai spesufujasu, maka akan diganti atau dilakukan penyetelan. Karena kondisi kompenen penting tersebut baik, maka performa mesin mobil anda juga akan baik.
Sebagai contoh adalah busi, apabila busi kotor atau celahnya tidak sesuai maka percikan yang dihasilkan tidak  mampu membakar campuran udara dan bahan bakar. Akibatnya performa tidak sempurna, bensin lebih boros dan emisi gas buang yang tidak sesuai.
Kemudian jika filter udara sudah rusak atau sangat kotor, tentu akan menghambar udara yang akan masuk ke silinder. Sehingga membuat pembakaran tidak sempurna (umumnya gas CO akan meningkat dalam gas buang) dan performa tidak seperti yang diharapkan.
Nah, lebih baik anda melakuan tune up rutin agar performa mesin anda lebih sempurna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *