5 Cara Menjaga Mobil di Rumah Yang Jarang Dipakai

  • Whatsapp
cara menjaga mobil di rumah yang jarang di pakai

5 Cara Menjaga Mobil di Rumah Yang Jarang Dipakaimerintah untuk tetap di rumah saja tentu membuat kendaraan kita jadi jarang diajak keluar, paling-paling hanya dipakai untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari.

Apalagi jika di kampung tersebut sudah di lock down, sudah pasti tidak bisa kemana-kemana dong. Nah mobil yang diparkir terlalu tanpa perawatan bisa-bisa berdampak buruk lho, salah satunya warnanya pudar jika diparkir di outdoor, atau ban rusak karena tekanan anginnya terlalu rendah sehingga di bagian bawah ban menerima beban berlebih.

Untuk itulah penting bagi kita untuk melakukan perawatan dengan perlakuan khusus pada mobil yang diparkir dalam waktu yang lama. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini :

5 Cara Menjaga Mobil di Rumah Yang Jarang Dipakai

1. Lokasi Parkir Usahakan Tertutup

Yang pertama yang perlu diperhatikan dalam menjaga mobil saat diparkir lama adalah lokasi parkirnya. Pastikan kendaraanmu aman terhadap hujan dan sinar matahari langsung.

Membiarkan kendaraan hujan-hujanan terus terkena sinar matahari akan menimbulkan karat pada besi. Begitu juga panas terik matahari juga bisa memudarkan cat bodi kendaraan. Jadi, pastikan kendaraanmu aman dari dua hal itu yaa !

2. Gunakan Mantol Khusus

Mantol tidak hanya diperuntukkan untuk manusia saja, mantol khusus mobil juga ada. Mantol mobil ini sangat berguna bagi Anda yang tidak memiliki garasi, sehingga bisa melindungi dari hujan dan terik matahari.

Walaupun, mobil yang digarasi kalau bisa juga dipakaikan mantol sehingga debu-debu tidak menempel pada kendaraan. Pas mau dipakai, tinggal lepas dan tancap gas deh.

3. Jangan Biarkan Tekanan Angin Ban Kurang

Untuk menjaga kondisi mobil yang diparkir di rumah dalam waktu yang lama adalah tekanan angin ban. Jangan biarkan tekanan angin berkurang atau bahkan kempes, karena bisa membuat beberapa bagian ban tertekuk/sobek.

Anda bisa memeriksanya seminggu sekali, jika kelihatan kempes sebaiknya langsung dipompa saja.

4. Sebaiknya Tidak Menggunakan Rem Tangan

Rem adalah bagian yang sering mengalami macet jika lama tidak di pakai. Begitu juga dengan rem tangan, membiarkan hand rem aktif dalam waktu yang lama berisiko membuat rem macet atau timbul karat.

Sebaiknya untuk mobil bertransmisi manual bisa memasukkan gigi transmisi sekaligus mengganjal roda sebagai pengaman tambahan. Untuk mobil matic bisa mengganjal roda di bagian depan maupun belakang.

5. Hidupkan Mobil Secara Rutin

Mesin mobil juga perlu untuk digerakkan, jika tidak bergerak dalam waktu lama juga tidak baik. Maka mesin harus dipanaskan minimal satu kali dalam seminggu.

Akan lebih baik jika mobil di ajak jalan, sehingga yang bergerak tidak hanya mesinnya tapi juga transmisi, suspensi dan kaki-kakinya.

Nah kurang lebih itu ada 5 cara menjaga mobil di rumah yang jarang di pakai. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Pos terkait