8 Cara Mengkilapkan Body Motor, Mudah dan Praktis

  • Whatsapp
cara mengkilapkan bodi motor

Cara Mengkilapkan Body Motor – Memiliki kendaraan bermotor yang bersih dan terawat tentu hal ini mencerminkan pada kepribadian dari sang pemiliknya. Apabila motor yang selalu terlihat kinclong dan bersih maka dapat dikatakan bahwa pemiliknya juga rajin dalam melakukan perawatan. Sementara cara mengkilapkan body motor bisa dilakukan tanpa harus membawanya ke tempat cuci motor.

Untuk itu jika Kamu ingin kendaraan bermotor terlihat selalu bersih dan kinclong Kamu dapat mulai melakukan perawatan nya di rumah. Untuk langkah-langkah yang bisa dilakukan sangatlah mudah dan praktis. Meskipun sebagian orang cuek terhadap kendaraan bermotor nya, namun sangat disayangkan jika kendaraan bermotor yang setiap harinya Kamu tunggangi tidak dirawat dengan baik.

Cara Mengkilapkan Body Motor

cara mengkilapkan bodi motor
mengkilapkan bodi motor

Ada banyak langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti untuk bisa menyulap kendaraan bermotor Kamu supaya terlihat lebih menawan dengan perawatan yang selalu terjaga dengan baik. Untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan maka Kamu bisa mengetahuinya dan mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

1. Mencuci motor secara teratur

Untuk mencuci kendaraan bermotor tidak harus menunggu motor terlihat kotor dulu, namun Kamu bisa menjadwalkan waktu untuk mencuci kendaraan bermotor. Misalnya Kamu hanya memiliki waktu luang pada hari Minggu, maka Kamu bisa melakukannya di hari minggu. Namun perlu diperhatikan apabila Kamu mencuci motor sendiri maka Kamu tidak boleh sembarang dalam menggunakan produk pembersih.

Hindari penggunaan produk pembersih yang tidak digunakan khusus pada kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan penggunaan produk yang tidak pada tempatnya misalnya seperti menggunakan deterjen maka akan merusak body motor. Selain itu Kamu juga harus mencuci kendaraan ketika knalpot dalam kondisi yang dingin. Untuk penggunaan air bisa menggunakan air biasa saja tidak perlu menggunakan air hangat.

Baca juga : Mencuci motor dengan sunlight, bahaya atau tidak?

2. Gunakan poles body khusus motor

Untuk langkah selanjutnya yang bisa Kamu lakukan untuk mengkilapkan body motor yaitu dengan menggunakan poles body khusus kendaraan bermotor. Untuk menggunakannya Kamu bisa melakukannya di rumah sehingga Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa perawatan motor. Namun sebelum menggunakan poles body ini Kamu harus memastikan bahwa kendaraan bermotor telah dicuci hingga bersih.

Kamu dapat menemukan berbagai produk khusus untuk poles body kendaraan bermotor. Namun sangat disarankan bagi Kamu untuk menggunakan produk yang memiliki sifat non abrasif. Hal ini memiliki tujuan supaya hasil yang Kamu dapatkan lebih maksimal. Untuk tata cara dalam pemakaiannya silahkan membaca pada kemasan produknya, karena untuk setiap produk memiliki pemakaian yang tidak sama.

3. Perhatikan komponen metal motor

Untuk komponen metal pada kendaraan motor misalnya seperti mesin, velg maupun yang lainnya juga tidak luput dari perhatian Kamu jika ingin kendaraan terlihat kinclong. Dengan menjaga kebersihan pada komponen metal ini ada maka akan menjadikan body kendaraan semakin terlihat kinclong. Pada bagian ini dapat dibersihkan ketika Kamu berada dalam tahap pencucian.

Cara mengkilapkan body motor dengan cara ini sebaiknya Kamu menghindari menggunakan sikat kawat karena hal ini justru akan melukai bagian permukaan komponen metal tersebut. Supaya hasil yang didapat maksimal dan terlihat kinclongnya maka Kamu bisa menggunakan produk polish maupun wax. Kamu harus memperhatikan langkah-langkah dalam menggunakan produk tersebut agar tidak salah dalam penggunaannya.

4. Jangan biarkan kendaraan terpapar sinar matahari secara langsung

Apabila kendaraan bermotor terlalu sering terpapar dengan sinar matahari secara langsung maka hal ini dapat memberikan dampak yang buruk pada kendaraan motor, terutama pada bagian body nya. Mengingat bahwa untuk bagian body inilah yang paling utama dalam menunjukkan kesan yang kinclong ataupun tidak.

Dalam mengatasi hal ini maka sebaiknya Kamu memarkirkan kendaraan motor di tempat yang teduh atau terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Lapisan cat kendaraan bermotor akan lebih mudah rusak apabila sinar matahari terlalu sering menyinari kendaraan motor Kamu terutama pada matahari yang memiliki kandungan ultraviolet

5. Gunakan compound

Ternyata untuk membuat body motor terlihat lebih kinclong dan menawan tidak hanya menggunakan poles saja, namun Kamu juga dapat menggunakan compund. Melalui compound inilah maka dapat menghilangkan beberapa goresan pada kendaraan baik itu goresan halus maupun kasar. Untuk bentuk komponen itu sendiri seperti gel dan mudah ditemukan di beberapa swalayan.

Cara menggunakannya yaitu Kamu dapat menggosok bagian body motor dengan compound menggunakan kain lembut. Setelah itu Kamu dapat menggosoknya dengan arah memutar maka goresan pada body motor akan hilang seketika. Agar cat motor tidak mengelupas maka perlu diperhatikan dalam penggunaan compound yaitu gunakan compound secukupnya dan tidak terlalu berlebihan.

6. Gunakan beeswax

Sebagian orang mengenali beeswax sebagai salah satu produk kecantikan saja. Akan tetapi ternyata produk ini juga dapat difungsikan untuk mengkinclongkan atau mengkilapkan body kendaraan bermotor. Sementara untuk hasil yang didapatkan dijamin sangat maksimal sehingga Kamu tidak akan merasa kecewa. Untuk penggunaan beeswax ini pun juga mampu memberikan banyak keuntungan.

Salah satunya yaitu menjadikan kendaraan bermotor terasa lebih lembut dan tidak akan mengelupas selama menggunakan produk ini. Dengan begitu jika Kamu ingin menjaga warna asli kendaraan bermotor kesayangan, Kamu bisa menggunakan beberapa produk khusus untuk perawatan body motor yang memiliki kandungan beeswax.

Baca juga : Cara menghilangkan karat pada motor

7. Gunakan minyak goreng

Ternyata bahan dapur yang satu ini tidak hanya digunakan untuk bahan dalam memasak saja. Namn ternyata juga dapat difungsikan sebagai cara untuk mengkilapkan body motor. Untuk hasil yang didapatkan juga tidak kalah jauh dengan jenis produk perawatan kendaraan yang dijual di pasaran. Kamu dapat mencoba minyak goreng untuk membuat kendaraan motor Kamu kinclong

Jika dilihat dari segi hasilnya tidak kalah saing pada kendaraan yang telah dibawa ke salon motor. Jika hasil yang didapatkan sempurna dan maksimal maka Kamu tidak perlu membawa kendaraan kesayangan ke salon motor karena cukup dengan menggunakan bahan yang satu ini Kamu akan jauh lebih menghemat biaya pengeluaran.

8. Menggunakan skotlet

Menggunakan skotlet ternyata tidak hanya membuat tampilan bodi kendaraan terlihat lebih menarik saja, namun skorlet juga berperan sebagai pelindung bagian body motor supaya terhindar dari terik matahari secara langsung maupun goresan. Dengan penggunaan alat ini maka kendaraan akan lebih sedap dipandang mata.

Supaya hasil yang didapatkan lebih rapi dan menarik maka sebaiknya Kamu tidak memasang skorlet sendiri karena Kamu bisa menggunakan jasa skotlet yang ada di lingkungan sekitar Kamu. Untuk jenis dan motif skorlet bisa disesuaikan dengan selera Kamu.

Pada dasarnya cara mengkilapkan body motor akan membuat tampilan kendaraan bermotor terlihat lebih enak dipandang tidak serta merta membawanya ke salon motor. Cukup dengan menggunakan bahan yang sederhana pun Kamu bisa melakukannya sendiri. Selain dapat memberikan hasil yang tidak kalah dengan salon motor Kamu pun juga dapat lebih menghemat biaya karena beberapa bahan di atas sangat mudah dijumpai dengan harga yang terjangkau.

Pos terkait