8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

  • Whatsapp
menghilangkan karat pada bodi motor

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor – Motor yang dikendarai setiap harinya tidak akan terlepas dari yang namanya permasalahan, misalnya seperti karat. Kendaraan bermotor yang mengalami karat disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya perawatan dari sang pemilik. Dalam mengatasi hal ini maka Kamu harus mengetahui tata cara menghilangkan karat pada besi motor.

Sebagai pemilik kendaraan yang tidak maka harus melakukan perawatan secara rutin pada sepeda motor. Untuk itu sangat disarankan bagi Kamu untuk melakukan pengecekan sepeda motor secara rutin, paling tidak minimal 1 bulan sekali. Pengecekan tersebut bisa dilakukan di bengkel resmi supaya Kamu bisa mendapatkan pelayanan yang tepat.

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Cara menghilangkan karat pada motor
Cara menghilangkan karat pada motor

Meskipun karat pada besi motor dianggap sebagai permasalahan yang ringan dan seringkali dialami hampir semua pemilik kendaraan. Namun ternyata hal ini tidak hanya membuat tampilan kendaraan bermotor menjadi tidak sedap dipandang mata, namun jika dibiarkan juga dapat berdampak buruk pada komponen motor yang lainnya karena dapat menimbulkan keropos.

Apabila keropos tersebut diabaikan tentu Kamu sudah mengetahui dampak buruk yang terjadi yaitu adanya kerusakan atau lubang pada komponen besi, misalnya seperti bagian knalpot. Jika berlubang tentu akan mengalami kebocoran dan jika knalpot mengalami kebocoran tentu suara yang dihasilkannya juga akan berubah. Untuk aliran gas pembuangannya pun juga akan semakin terhambat sehingga menjadikan motor kurang bertenaga.

Cara menghilangkan karat pada besi motor Kamu bisa mengikuti langkah sederhana yang ada di bawah ini dan Kamu bisa langsung mempraktekkan sekarang juga di antaranya:

1. Cairan Pembersih Karat

Cairan pembersih karat

Cara pertama menghilangkat karat pada motor adalah dengan menggunakan cairan pembersih karat. Cairan kimia ini akan membantu melunturkan dan memisahkan karat yang menempel pada besi, umumnya metodenya adalah dengan direndam.

Setelah direndam dan ditunggu beberapa menit, karat akan terlarut dan besipun bersih dari karat.

Cairan pembersih karat ini sudah tersedia banyak di Indonesia, merek-merek terkenal seperti rush combat, WD-40, Car Plan Rust In Peace, Rexco 50.

Untuk menggunakan cara ini, kalian harus keluar biaya. Harga cairan karat di toko online juga cukup terjangkau, beli saja yang dibawah 100 ribu. Coba deh cek di tokped atau shopee, sepertinya ada.

2. Gunakan stempet / Gemuk

Ternyata stempet juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada besi motor termasuk knalpot. Untuk stempet ini memang sudah banyak digunakan oleh sebagian orang sebagai pelumas bagian motor supaya terhindar dari karat. Cara yang bisa dilakukan dalam menggunakan stempet untuk mengatasi karat yaitu cukup dengan mengoleskan pada bagian knalpot atau bagian lain yang terkena karat.

Cara ini akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan Kamu harus melakukan cara lain dalam melunturkan karat pada knalpot. Hal ini dikarenakan gemuk lebih kental, sehingga mampu mengangkat karat pada besi motor.

3. Gunakan Pertamax Plus

Pertamax Plus juga dapat membantu para pemilik motor dalam menghilangkan karat yang menempel pada besi motor. Cara yang dapat dilakukan yaitu tinggal mencampurkan minyak solar dengan Pertamax Plus pada perbandingan 2:1. ika sudah kedua bahan tersebut sudah tercampur maka langkah selanjutnya Kamu dapat mengoleskan bahan campuran itu pada bagian motor yang mengalami karat.

Untuk lebih memudahkan diri Kamu silahkan gunakan sikat gigi. Kamu dapat mengikat pada bagian motor yang telah diolesi kedua bahan campuran tersebut. Kamu tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menjadikan karat pada motor rontok. Karena hanya sekali gosok saja karat pada motor akan rontok dengan mudah.

4. Gunakan pembersih keramik

Apapun jenis dan merk pembersih keramik yang Kamu gunakan ternyata ampuh digunakan dalam membersihkan karat di bagian besi motor. Cara yang bisa dilakukan sangatlah mudah dan praktis, yaitu dengan menuangkan pembersih keramik pada wadah khususkemudian mengoleskannya pada bagian besi motor yang berkarat.

Agar lebih memudahkan Kamu dalam menggosok para tersebut Kamu dapat menghilangkannya beberapa menit saja. Setelah itu Kamu mulai menggosok menggunakan bantuan sikat gigi dalam menghilangkan kerak pada besi motor. Ketika menggunakan cairan pembersih ini sangat disarankan untuk lebih berhati-hati agar tidak mengenai bagian mesin blok motor agar tidak terjadi korosi.

Baca juga : Penyebab motor ngebul keluar asap putih

5. Menggunakan pasta gigi

Siapa sangka bahwa pasta gigi yang digunakan untuk menggosok gigi setiap harinya ternyata juga ampuh menghilangkan karat pada besi motor. Ternyata cara ini juga ampuh dalam menghilangkan karat dalam waktu yang lebih singkat, sehingga Kamu wajib untuk mencoba langkah yang satu ini. Cara yang bisa dilakukan yaitu cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada area yang berkarat.

Kamu dapat mendiamkannya sejenak lalu menggosok area yang berkarat menggunakan kain lap yang bersih. Kamu bisa melakukan cara ini sampai karat pada besi motor hilang. Supaya hasil lebih maksimal, Kamu bisa melakukan gosokan berulang kali pada dua arah kekanan dan ke kiri atau bisa juga dengan satu arah.

6. Menggunakan amplas

Amplas besi
Amplas besi. Sumber gambar : amazon.com

Bahan yang satu ini memang seringkali digunakan untuk finishing supaya permukaan suatu benda menjadi lebih halus dan rata. Namun ternyata tidak hanya berperan pada satu hal saja karena amplas juga memiliki kegunaan dalam membantu pemilik motor supaya dapat mengatasi besi karat pada kendaraan.

Cara yang bisa dilakukan juga seperti pada penggunaan amplas umumnya yaitu dengan cara menggosokkan amplas pada bagian benda yang berkarat. Namun perlu diperhatikan bahwa saat menghilangkan karat menggunakan amplas Kamu harus berhati-hati untuk tidak menekannya terlalu keras supaya tidak menimbulkan baret atau goresan.

7. Gunakan solar

Solar tidak hanya berperan sebagai bahan bakar saja, karena solar juga dapat berperan sebagai penghilang karat di beberapa benda yang terbuat dari bahan besi termasuk pada knalpot kendaraan bermotor atau bagian motor yang lain. Untuk penggunaannya Kamu hanya cukup merendam benda yang berkarat menggunakan solar.

Setelah itu Kamu bisa mendiamkannya semalaman agar lebih memudahkan Kamu dalam membersihkan keesokan harinya.

8. Manfaatkan oli bekas

Untuk oli bekas sebaiknya tidak Kamu buang begitu saja karena Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan karat pada bagian besi motor. Untuk penggunaannya Kamu hanya cukup mengoleskan oli bekas secara merata pada bagian besi motor yang mengalami karat. Bagian motor yang seringkali terserang karat yaitu bagian bagian leher knalpot maupun bagian pipa.

Jika Kamu melakukan langkah ini pada bagian knalpot Kamu dapat menyalakan kendaraan bermotor beberapa menit saja ketika Kamu sudah mengoleksinya. Tunggulah sampai knalpot panas tujuannya yaitu supaya oli dapat berinteraksi pada karat sehingga knalpot panas dapat melunturkan karat yang menempel. Dengan begitu Kamu tidak perlu menggosok karat tersebut.

Kegunaan dari oli bekas tidak hanya sebagai pembersih knalpot yang terkena karat saja namun juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam knalpot.

Cara yang bisa dilakukan yaitu cukup dengan memasukkan oli ke bagian dalam lubang knalpot dengan jumlah secukupnya. Apabila knalpot berada pada suhu yang panas maka akan mengeluarkan asap dan hal ini menjadi hal yang wajar karena hanya terjadi pada beberapa waktu saja.

Baca juga : Cara membuat bodi motor mengkilap

Tips Mencegah Karat Pada Bodi Motor

Cara mecegah karat pada bodi motor
Cara mecegah karat pada bodi motor

Ketika bodi motor sudah bersih dari karat, tugas kita selanjutnya adalah menjaga agar karat tidak kembali lagi. Satu-satunya cara adalah dengan merawatnya sebaik mungkin, motor yang terawat pasti akan beda dengan motor yang tidak pernah diperhatikan. Dibawah ini adalah beberapa tips mencegah karat pada bodi motor :

1. Cuci Secara Rutin

Karat timbul karena motor jarang dicuci atau dibersihkan dari kotoran-kotoran, apalagi pada saat musim penghujan. Motor yang basah terkena air hujan kemudian kita biarkan saja tanpa penanganan apapun, bisa menyebabkan timbulnya karat. Apalagi jika berada di lingkungan pabrik, biasanya air hujannya mengandung sedikit asam.

Untuk itu, sehabis kena hujan lebih baik di cuci dengan sabun pencuci motor sampai bersih.

Baca juga : Mencuci Motor dengan Sunlight, Aman atau Bahaya?

2. Lap dan Keringkan Setelah Cuci

Penting juga untuk dilakukan, karat timbul sebagai akibat oksidasi logam. Karat akan timbul akibat reaksi kimia pada besi dengan oksigen yang terlarut dalam air.

Maka, menjaga agar motor/kendaraan dalam kondisi kering setelah di cuci menjadi salah satu antisipasi mencegah karat pada bodi motor. Untuk mengeringkan motor bisa dengan di lap, atau di semprot dengan tekanan angin.

3. Gunakan Cairan Pencegah Karat

Saat ini sudah banyak beredah pencegah karat pada motor, cairan ini akan melindungi besih sehingga karat tidak mudah muncul pada besi.

Kesimpulan – Cara Menghilangkan Karat

Banyak orang yang tidak mengetahui cara menghilangkan karat pada besi motor dengan bahan yang sederhana dan mudah dijumpai pun dapat mengatasi permasalahan karat pada besi motor.

Sementara kebanyakan orang lebih cenderung tidak memperdulikan karat pada besi motor karena ketidaktahuannya dalam mengatasinya. Padahal cara yang bisa dilakukan sangatlah mudah dan praktis sehingga Kamu dapat mencobanya pada kendaraan bermotor.

Pos terkait