Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik (Jembreten)

  • Whatsapp
Hey guys selamat datang di bisaotomotif.com yang kali ini akan share mengenai tips dan trik seputar otomotif. Fokus kita kali ini adalah tentang cara mengatasi sakit mata yang diakibatkan oleh las listrik. Ini bisa saja terjadi karena cahaya yang dihasilkan oleh las listrik bukan sembarang cahaya biasa, cahaya yang dihasilkan yaitu cahaya yang mengandung sinar ultraviolet, sehingga memiliki tingkat radiasi yang sangat tinggi dan efeknya juga sangat berbahaya bagi mata. Bahkan bisa jadi menyebabkan kebutaan, jika berlangsung secara terus menerus.
Untuk itu diperlukan safety yang lebih pada saat melakukan las listrik. Kita bisa melihat secara langsung, orang yang sehari-hari bergelut dengan las listrik pasti mata nya agak merah. Itu adalah salah satu akibat karena terlalu seringnya melihat cahaya yang dihasilkan las listrik.
Nah, tidak jarang para pemula yang baru awal-awal menggunakan las listrik merasakan keluhan sakit mata, semacam ada pasir dimata. Buat melihat saki, dan dipejamkam juga sakit. Intinya semacam ada pasir di mata, dan mataya memerah mengeluarkan air. Orang sini menyebutnya dengan “jembreten”.
Sakit mata akibat las listrik
Sakit mata akibat las listrik

Didapat dari berbagai sumber dan berbagai pengalaman beberapa orang yang sempat saya temui, berikut ini adalah cara mengatasi sakit mata akibat las listrik. 
1. Kompres mata dengan air es
Katanya sih dapat meredakan sakit mata yang diakibatkan oleh las listrik, tapi setelah dikompres tetap harus ada penanganan selanjutnya.
2. Obat tidur dan penghilang nyeri
Karena belum ada penawarnya, seringkali dibiarkan saja mata yang sakit. Tapi memang benar, karena sakit mata ini paling tidak hanya bertahan sekitar 1 hari, bila lebih wajib ke dokter. Maka dari itu bisa mengatasinya dengan minum obat tidur dan penghilang nyeri, sehingga langsung tidur dan sembuh deh ketika bangun. Ini tips dari guru saya.
Biasanya sih kalau belum terlalu parah 1 hari sembuh, artinya buat tidur yang lama. Nanti juga sembuh sendiri.
3. Pengobatan herbal mengatasi sakit mata
Saya juga pernah mendengar, ada tumbuhan “rumput” yang bisa mengatasi sakit mata. Bunganya berwarna putih, sering ditemui di pinggir-pinggir sungai. Tapi lupa apa namanya, wkwk coba tanya sesepuh biasanya mereka tahu. Saya coba cari di google nemunya seperti ini. Coba deh cari di google tentang penggunaannnya. Cari tahu juga nanti efek sampingnya apa aja.
Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik (Jembreten)
Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik (Jembreten)
Dua cara diatas adalah cara yang paling irit dan tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Tapi bila kurang mantep ya harus dibawa ke dokter mata. Nanti juga akan dikasih obat anti nyeri + obat tetes mata. Atau coba tanya ke apotek, siapa tahu ada solusinya.
Termasuk bila sakit matanya lebih dari dua hari, atau malah sudah berhari-hari. Wajib diperiksakan ke dokter yaa. 
Itu sediit info saja yaa, semoga membantu. Tapi admin saranin tetep pergi ke dokter mata untuk lebih amannya dan mendapatkan pertolongan pertama. Thank you.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *