Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor dan Perawatannya

  • Whatsapp
mengatasi rantai keteng kendor
Sumber : blog.jepistons.com

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor – Bagi Kamu yang sering kali mengeluhkan kamprat atau rantai keteng yang kendor, maka Kamu tidak perlu mengeluhkan akan hal ini karena Kamu tidak harus mengeluarkan banyak uang dalam mengatasi hal ini. Ternyata ada banyak cara mengatasi rantai keteng kendor dengan cara yang sederhana, sehingga Kamu tidak perlu untuk membeli yang baru.

Masih ada cara lain untuk mengakali agar Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ketika ingin memperbaiki nya. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa untuk rantai kamprat atau keteng yang sudah mulai kendor akan  menimbulkan rasa yang tidak nyaman akibat suara yang ditimbulkan. Sementara bunyi tersebut menjadi salah satu tanda paling umum bahwa keteng mengalami kendur.

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor dan Perawatannya

Perlu Kamu sadari bahwa apabila rantai keteng yang kendur dan dibiarkan berlama-lama maka hal ini akan berakibat fatal. Dampak buruk yang diberikan tidak hanya suara mesin yang berisik saja, namun juga akan berdampak buruk pada rantai keteng yang dapat menggeser pinggir bagian blok boring. Dengan hal ini tentu akan menjadikan oli tercampur dengan gram besi.

Bahkan yang lebih parahnya lagi kondisi tentang yang santainya kendor bisa menimbulkan rantai lepas. Oleh karena itu apabila sekiranya rantai keteng mulai kendor jangan menunda lagi untuk mengatasi hal ini. Silahkan ikuti langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Gantilah dengan baut

Bagian yang perlu diganti dengan baut yaitu bagian penonjok tensioner. Kamu dapat memanfaatkan serat yang terdapat pada tonjokan keteng sebagai penutup setelan pada tempat baut dan sebagai penunjuk langsung pada batang tensioner. Ketika Kamu ingin melakukan pemasangannya sebaiknya Kamu harus melepas penekan otomatisnya pada batang penekan.

Apabila penonjok tensioner yang ditekan tidak mundur maka hal ini berarti masih tetap dapat diakali. Cara yang dilakukannya yaitu dengan melakukan modifikasi. Untuk caranya bisa menambahkan mur maupun bawah kemudian menempelkannya. Untuk penggunaan mur baut pun juga tidak boleh asal karena baut yang digunakan jangan terlalu panjang.

Hal ini pun sifatnya hanya sementara atau ketika pada kondisi yang darurat saja, sehingga tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan begitu Kamu bisa mencoba melakukan cara ini ketika sedang mengalami permasalahan selama berada di jalan.

2. Gunakan baut untuk menyambung

Cara mengatasi rantai keteng kendor yang kedua ini memang akan sedikit merepotkan bagi Kamu yang ingin menggunakan baut sebagai penyambung. Namun cara ini akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan cara yang lainnya. Apabila Kamu ingin menggunakan penunjuk keteng otomatis atau penekannya maka Kamu dapat menggunakan cara ini yaitu cukup tinggal mencari baut untuk dilas pada ujung batang penekan untuk setelan keteng.

Cara ini memiliki tujuan supaya batang dari penekan dapat menekan tensionernya lagi. Dengan begitu Kamu bisa melakukan cara ini dalam mengatasi rantai keteng yang kendor. Namun sayangnya tidak semua orang bisa memahami hal ini sehingga jika Kamu ingin melakukan cara ini Kamu harus mengetahui langkah-langkahnya terlebih dahulu.

Baca : Cara mengatasi rantai motor kendor

3. Modifikasi tensioner lemah

Ketegangan dari rantai Kenteng akan sangat mempengaruhi bagian ketetapan buka tutup pada klep sehingga diberikan tensioner supaya memiliki tegangan yang stabil. Apabila tensioner mengalami aus atau lemah maka dapat menimbulkan suara yang berisik pada mesin ketika mesin panas. Hal ini juga berlaku ketika rantai keteng mengalami kendor.

Hal ini disebabkan karena kelemahan dari tensioner yang tidak dapat menekan bagian rantai keteng sehingga kemunculan suara tersebut bisa didengar oleh telinga.

4. Tonjokan pada rantai keteng

Cara ini dapat Kamu lakukan dengan cara yang sangat aman. Namun jika sekiranya rantai keteng perlu diganti maka sebaiknya Kamu menggantinya. Jika Kamu tidak memiliki dana untuk memperbaikinya maka Kamu bisa melakukan cara ini. Untuk cara ini pun bisa dilakukan dirumah tanpa harus pergi ke bengkel otomotif. Cara ini akan jauh banyak menghemat biaya pengeluaran pengeluaran bukan?

Memang untuk rantai keteng yang kendur tidak akan berpengaruh pada bagian performa mesin kendaraan bermotor. Akan tetapi jika hal ini tidak mendapatkan perhatian khusus tentunya akan sangat berdampak buruk. Bahkan hingga menyebabkan kondisi yang fatal karena dapat menjadikan mesin kendaraan menjadi rusak. Jika memperbaikinya ketika sudah dalam kondisi yang buruk tentu banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Lanjutkan ke perawatan rutin ..

5. Lakukan pemeriksaan secara rutin

Kamu harus melakukan pemeriksaan bagian keteng ini secara rutin, paling tidak minimal setahun sekali. Kamu pun juga disarankan untuk mengganti oli tepat waktu atau secara rutin. Dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin inilah yang akan lebih mendeteksi sejak dini apabila terjadi kerusakan ataupun permasalahan pada kendaraan bermotor.

Apabila kondisi rantai keteng yang berisik namun tetap dibiarkan maka hal ini akan menimbulkan hal ekstrem seperti rantai akan rontok atau bahkan putus. Jika hal ini terjadi di tengah perjalanan Kamu tentu akan sangat merepotkan bukan? Jika demikian Kamu harus lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang Kamu tunggangi setiap harinya supaya keamanan tetap terjaga dengan sebaik mungkin.

6. Lakukan pendeteksi masalah

Untuk melakukan pendeteksi masalah ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan memanasi kendaraan bermotor setiap paginya dan Kamu bisa mendengarkan apakah terdapat suara yang berisik misalnya seperti tek tek tek. Apabila bunyi tersebut selama 15 menit hilang maka hal ini tandanya bukan rantai keteng yang mengalami masalah.

Namun hal ini menunjukkan bahwa pada bagian proses pengemasan mengalami permasalahannya. Hal ini bisa dikarenakan kualitas oli yang digunakan sudah jelek sehingga wajib diganti dengan oli yang baru. Rantai kentang yang kendor bisa ditandai apabila bunyi yang ditimbulkan tersebut lebih dari 15 menit.

7. Rajin mengganti oli

Ternyata rajin ganti oli mesin juga bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan agar rantai keteng tidak lagi kendor. Hal ini seringkali terjadi akibat beban berat yang telah melebihi kapasitas dari toleransi pabrik kendaraan. Selain itu para pengendara kendaraan bermotor juga diharuskan untuk mengendarai motor dengan benar dan baik, terutama ketika melibas pada jalanan yang menanjak.

Saat berada pada jalan yang menanjak Kamu bisa menggunakan tingkat sudut kemiringan yang jauh lebih besar. Perlu untuk diingat apabila Kamu harus mengganti seluruhnya maka Kamu harus melakukannya pada suku cadang yang asli, tujuannya supaya kualitas dari keteng rantai lebih lebih terjamin kan.

Untuk rantai Keteng merupakan rantai yang akan menerima putaran yang berasal dari crankshaft yang berguna untuk menggerakkannya di kepala silinder. Sementara untuk Camshaft ini adalah sebagai peranti yang memiliki fungsi dalam mengatur klep di bagian mesin. Untuk kleb tersebut terdiri gas yang masuk ataupun yang keluar pada ruang bakar mesin.

Baca juga : Cara memotong rantai motor dengan benar

Rantai mesin atau rantai keteng menjadi rantai yang akan menghubungkan antara penggerak rocker arm atau roda gigi poros. Pada saat rantai mengalami kendur maka ada banyak masalah yang ditimbulkannya, termasuk adanya gesekan antara komponen terdekat yang lainnya. Dalam kondisi ini wajar saja apabila mulai muncul suara suara berisik yang menimbulkan ketidaknyamanan.

Pos terkait