Cara Bengkel Memperbaiki Motor yang Kehabisan Oli

  • Whatsapp
cara memperbaiki motor kehabisan oli

Cara bengkel memperbaiki motor yang kehabisan oli – Bagi kalian pengguna kendaraan tentu tau pentingnya oli untuk kendaraan kalian. Oli merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan bermotor.

Oli pada kendaraan bermotor cukup memegang peranan penting. Namun, terkadang kalian lupa melakukan penggantian atau lupa mengecek keadaan oli. Untuk mengetahui bagaimana cara bengkel memperbaiki motor bebek ataupun matic yang kehabisan oli, simak ulasan berikut ini.

Muat Lebih

Cara Bengkel Memperbaiki Motor Matic yang Kehabisan Oli

Bagi kalian yang memiliki motor matic terutama motor keluaran baru, pasti akan lebih sering mengalami oli mesin yang cepat surut yang mengakibatkan mesin motor menjadi rembet bahkan macet. Tugas dari oli sendiri adalah sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin. Selain itu, oli juga bertugas untuk mencegah peningkatan suhu pada mesin.

Cara bengkel memperbaiki motor yang kehabisan oli adalah dengan melakukan pengecekan oli secara berkala. Langkah ini bertujuan untuk memastikan jika stang seher macet karena kehabisan oli bukan disebabkan oleh hal lainnya. Lakukan dengan tenang agar kalian bisa berpikir dengan jernih.

Usahakan untuk tidak panik meskipun kalian sedang dalam perjalanan jarak jauh dan mengalami kehabisan oli di tengah perjalanan. Pada motor matic, kalian dapat mengatasinya dengan mudah tanpa harus melakukan bongkar mesin. Penanganan awal yang dapat kalian lakukan adalah dengan menyalakan mesin motor menggunakan engkol atau kick starter.

Apabila mesin motor tidak bisa menyala, maka kemungkinan motor kehabisan oli.  Namun, kalian tetap harus mengecek seberapa parah kerusakan. Jika sudah parah, cobalah untuk mencari bantuan kepada penduduk sekitar. Carilah informasi keberadaan bengkel terdekat untuk mengisi ulang oli dan melakukan perbaikan komponen yang rusak. Berikut adalah cara bengkel dalam memperbaiki motor yang kehabisan oli.

1. Pengecekan Seal Klep

Salah satu penyebab oli cepat habis adalah adanya kerusakan pada seal klep. Kalian perlu memerhatikan apakah seal klep robek bahkan rusak. Seal klep terletak di antara sambungan mesin motor. Untuk menghindari kerusakan atau seal klep robek adalah dengan mengemudikan motor dengan hati-hati.

Robeknya seal klep dapat menyebabkan kebocoran oli pada mesin motor kalian. Seiring berjalannya waktu, jika ini terus dibiarkan maka pemakaian oli menjadi sangat boros. Cara mengantisipasinya adalah dengan melakukan pengecekan pada sambungan mesin motor yang seal klepnya sudah mulai terlihat.

Periksalah apakah terdapat rembesan, jika bagian tersebut terlihat basah maka bisa dipastikan jika seal klep bocor. Solusinya jika seal klep mengalami kebocoran adalah segera lakukan penggantian seal yang baru.

2. Cek Tutup Lubang Pengisian

cara memeriksa jumlah oli motor vario
Gambar ilustrasi cara memeriksa jumlah oli motor vario sesuai panduan di buku manual

Cara mengatasi motor yang kehabisan oli selanjutnya adalah dengan memeriksa tutup lubang pengisian oli. Terkadang oli bisa bocor melalui tutup lubang pengisian oli, penyebabnya biasanya adalah seal yang sudah mengeras atau bahkan sudah putus. Kalian bisa memeriksa bagian ini apakah ada rembesan oli atau tidak, jika iyaa maka seal harus diganti. Harganya cukup murah kok, mungkin 10 ribuan saja.

3. Cek Baut Tap Oli

baut penguras oli mesin motor vario
Baut penguras oli

Kebocoran oli akan membuat oli motor matic kehabisan oli, salah satu pintu keluarnya oli adalah melalui baut tap-tapan. Baut ini berfungsi untuk menutup saluran pembuangan. Jika baut ini dol, rusak atau kendor maka bisa terjadi kebocoran.

Salah satu tanda adanya kebocoran pada bagian ini adalah dibawah motor ada tetesan atau cairan oli mesin. Jika kalian menemukan ada oli dibawah motor, bisa jadi terjadi kebocoran pada bagian ini.

Untuk memperbaiki kebocoran pada baut ini adalah dengan mengganti bautnya, membuat ulir baru atau mengencangkannya jika hanya kendor.

4. Ring Piston Aus

ring piston
Ring piston aus

Penyebab oli motor matic habis yang selanjutnya adalah keausan pada ring piston. Kondisi ring piston yang sudah rusak atau aus dapat menyebabkan pelumas oli pada bagian silinder tidak tersapu dengan maksimal. Akibatnya, oli pada mesin motor matic menjadi cepat habis dan terjadi kerusakan pada bagian komponen lainnya. Cara memperbaiki motor yang kehabisan oli karena ring pistonnya aus adalah mengganti ring piston yang rusak atau aus dengan ring piston yang baru.

Kesalahan pemasangan ring piston juga dapat menyebabkan oli pada mesin akan berkurang dan lama-kelamaan akan habis dengan sendirinya. Pemasangan yang kurang cepat juga akan membuat proses pencampuran oli menjadi kurang sempurna.

Apa tandanya Ring Piston Aus?

Ring piston yang aus akan membuat oli ikut terbakar bersama bahan bakar. Sehingga kita bisa melihat dari hasil pembakarannya melalui asap knalpot, jika asap knalpot berwarna putih dan berbau oli terbakar maka bisa jadi karena ring pistonnya aus.

Tanda selanjutnya adalah menurunnya peforma mesin, jika kalian merasa motor matic tidak bertenaga ring piston aus bisa jadi penyebabnya. Untuk cara memperbaiki ring piston yang aus sedikit merepotkan, karena harus membongkar mesin sampai ke piston-pistonnya.

Baca juga : 6 Penyebab Motor Ngebul Asap Putih

Tanda-Tanda Motor Matic Kehabisan Oli

Sebelum benar-benar motor matic milik kalian kehabisan oli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan bisa dijadikan pertanda. Berikut adalah tanda-tanda motor kehabisan oli.

Pertama, tanda-tanda motor kehabisan oli dapat diidentifikasi dari suara yang terdengar dari mesin. Saat mesin kehabisan oli, suara yang ditimbulkan akan menjadi kasar dan berbeda dari biasanya. Hal ini dikarenakan adanya gesekan pada bagian piston atau seher dengan boring atau silinder akibat tidak adanya pelumas.

Kedua, tanda bahwa oli pada motor matic kalian sudah akan habis maka akan timbul kepulan asap putih yang menyembul dari knalpot. Munculnya kepulan asap putih karena adanya gesekan pada piston dengan silinder yang sudah parah dan akibat masuknya oli ke ruang pembakaran atau pengapian.

Oli tersebut akan ikut tercampur dan terbakar bersama bensin. Inilah yang menyebabkan terciptanya menciptakan kepulan asap berwarna putih yang keluar dari knalpot sepeda motor.

Ketiga, tanda yang ditunjukkan apabila motor sudah kehabisan oli adalah kinerja mesin menjadi berkurang. Dengan munculnya kepulan asap putih dari knalpot akan berpengaruh pada kinerja mesin karena tenaga yang dihasilkan berkurang. Hal ini disebabkan karena kompresi menjadi tidak sepadat saat awal penggunaan.

Jika Sudah Terlanjur Kehabisan Oli Bagaimana?

Jika memang sudah terlanjur motor matic kehabisan oli maka langkah antisipasinya tergantung dari seberapa parah kerusakan yang telah terjadi. Oli yang habis bisa berdampak pada keausan mesin motor, paling parah menyebabkan keuasan pada ring piston dan dinding silindernya.

Tinggal ada dua pilihan, yaitu perbaiki segera atau dengan rutin ganti oli mesin. Dengan catatan, oli yang habis bukan karena kebocoran di luar mesin. Jika karena kebocoran maka tinggal memperbaikinya saja.

Tips : Ganti Oli Secar Rutin dan Pilih Oli Yang Sesuai

Hal penting yang perlu kalian setelah memperbaiki motor matic yang kehabisan oli adalah melakukan penggantian oli secara rutin. Banyak di antara kalian yang menganggap sepele dan jarang melakukan penggantian oli atau melakukan penggantian oli namun tidak sesuai dengan aturan. Padahal jika hal ini terus dibiarkan dalam jangka waktu lama, akan berdampak buruk pada kerusakan komponen-komponen lainnya pada motor kalian.

Kapan idealnya kalian harus melakukan ganti pada motor? Bagi kalian yang ingin mendapatkan hail yang maksimal pada beberapa bagian komponen mesin, kalian bisa melakukan penggantian oli setiap penggunaan sekitar 2.500 km sampai 3.000 km. Hal ini bisa disesuaikan pada pemakaian dengan jarak tempuh pada motor kalian.

Selain itu, pemilihan oli yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan mesin akan menjadi salah satu penyebab oli menjadi cepat habis. Oli yang sesuai adalah oli yang tidak terlalu encer, namun tidak terlalu kental. Jika oli terlalu encer, maka yang terjadi adalah oli merembes keluar dari knalpot.

Usahakan untuk memilih oli yang sesuai standar pabrik dan sesuai dengan mesin motor kalian. Saat kalian ingin melakukan ganti oli,bacalah terlebih dahulu buku pedoman yang kalian dapatkan dari pabrik motor. Pada buku pedoman biasanya dijelaskan jenis oli yang sesuai dengan mesin motor kalian.

Berkurangnya kinerja mesin dapat kalian jadikan sebagai tanda bahwa sudah waktunya untuk mengganti atau mengisi ulang oli pada mesin motor kalian. Usahakan untuk tidak membiarkan mesin benar-benar kehabisan oli karena bisa membahayakan komponen mesin lainnya.

Baca juga : Jangka waktu ganti oli motor yang tepat

Sekarang kalian sudah tahu bagaimana cara bengkel mengatasi dan memperbaiki motor matic yang kehabisan oli. Cara paling penting untuk menghindari oli cepat habis adalah dengan mengendarai motor secara hati-hati, tidak kasar, dan hindari sikap ugal-ugalan. Karena penggunaan yang kasar akan membuat mesin motor cepat panas dan penguapan oli menjadi tinggi, akibatnya oli pada mesin motor menjadi boros.

Pos terkait