Cara Memeriksa, Membersihkan dan Menyetel Busi Dengan Benar

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com – Hey guys, kembali lagi bersama saya kang parjo yang masih setia update blog ini tercinta, oke nih. Ngomong-ngomong tentang tune up, salah satu bagian terpenting dari mesin yang diperiksa saat tune up adalah busi. Busi atau spark plug merupakan komponen dalam mesin yang berfungsi untuk memercikkan bunga api yang dibutuhkan dalam proses pembakaran.
Sudah tahu kan busi itu seperti apa? Yaa, seperti pada gambar dibawah ini. Pada prinsipnya busi motor dan busi mobil sama ya guys, hanya berbeda ukuran saja. Nah, untuk saat ini entah itu busi pada mobil maupun pada motor memiliki variasi yang lumayan banyak, busi motor ada yang biasa dan ada juga yang racing, dari segi harga ada yang biasa dan ada yang mahal.
Untuk mobil pun demikian, ada yang murah ada yang mahal. Ada yang jumlah elektroda 1 ada juga yang elektroda ada tiga. Tapi kalau pada mobil harus hati-hati ya dalam memilih busi, pastikan sesuai dengan seri atau kode pada businya, khususnya pada mobil yang sudah injeksi. Pasalnya saya pernah menemui, mobil mengalami brebet atau pincang dikarenakan salah dalam memasang busi. Bila bingung, lebih baik tanyakan pas membeli busi di toko sparepartnya.
Tidak meninggalkan masalah busi, lalu bagaimana sih cara memeriksa dan membersihkan busi dengan baik dan benar itu? Kurang lebih seperti ini guys, yang saya lihat di beberapa buku manual yang ada. Yang buat contoh kali ini, kendaraan toyota ya guys, yang kontruksinya paling mudah dan juga digunakan dalam dunia pendidikan otomotif. 
Memeriksa Busi
Memeriksa Busi

Cara Memeriksa Busi :
1. Lepas tegangan tinggi dari busi, kemudian lepas busi dari dudukannya.
2. Periksa busi dari kemungkinan terdapat retak, caat pada ulir atau isolator, elektroda aus, elektroda terbakar atau terdapat sisa-sisa karbon. 
Bila busi hanya kotor saja atau terdapat sisa-sisa karbon, maka solusinya dapat langsung dibersihkan . Bila kondisinya retak, cacat, elektroda aus atau patah maka busi perlu diganti. 
Kita juga dapat menganalisa kondisi mesin dari melihat businya, misal saja busi dalam kondisi basah, dan hitam pekat banyak sisa karbon (angus)nya maka menandakan pembakaran tidak sempurna, atau bisa juga disebabkan oleh campuran bahan bakar yang tidak sesuai. Lain kali mungkin perlu kita bahas secara khusus tentang analisa kondisi busi ini.
Cara Membersihkan Busi
Untuk membersihkan busi dapat menggunakan sikat kawat, atau dengan alat khusus pembersih busi. Bila tidak punya ya dengan alat seadanya, yang penting busi bersih. Tapi ingat, setelah itu harus disetel celahnya karena biasanya proses pembersihan busi akan menyebabkan perubahan celas busi jika dilakukan dengan cara yang tidak benar. 
Baca juga : Harga Oli Prima XP

Cara Menyetel Busi
Untuk menyetel busi dengan cara yang benar, maka ada alat khususnya untuk menyetel. Kemudian untuk mengetahui besar celahnya dapat menggunakan feeler gauge. Nah, karena biasanya tidak memiliki alat khusus untuk menyetel celah busi, maka biasanya langsung menggunakan obeng. Ini tidak dibenarkan, tapi ya mau gimana lagi jika tidak ada alat khususnya. Cara menyetel busi adalah dengan menekuk elektroda masa (bagian luarnya). Celah busi ini sangat penting sekali, sehingga jangan lupa untuk disetel. Apa sih pentingnya celah busi? Dapat dibaca dalam artikel : Mengapa celah busi perlu di setel?
Setelah semua selesai bisa langsung pasang busi ke tempatnya. Jangan sampai jatuh ya businya, kalau jatuh biasanya pecah. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *