Cara Melepas dan Memasang Ring Gear Pada Fly Wheel

  • Whatsapp
Cara Melepas dan Memasang Ring Gear Pada Fly Wheel – Tahu kan yang dinamakan ring gear yang mana? Iyaa, yang ada pada fly wheel atau roda gila. Ring gear memiliki arti roda gigi yang seperti cincin. Memang bentuknya seperti cincin, tapi cincinnya raksasa :v.
Ring gear merupakan komponen seperti cincin bergerigi yang melekat dengan sangat kuat pada fly wheel. Ring gear ini menjadi penerima momen putar dari motor starter saat menghidupkan mesin pertama kalinya. 
Kapan ring gear perlu dilepas?
Namanya kompenen yang berhubungan atau bergesekan, lama kelamaan akan mengalami keausan. Nah, ring gear ini juga bisa mengalami keausan seiring berjalannya waktu. Bila ring gear sudah aus biasanya motor starter akan selip, dan berbunyi “kreekkk”. Mobil pun akan lebih sulit hidup karena putaran mesin tidak mencukupi untuk melakukan siklus kerja. Lalu gimana nih mas cara melepasnya??
Yang perlu kamu ketahui, butuh tenaga yang ekstra untuk melepasnya dari fly wheel. Saya pernah melepas dan memasangnya sekitar dua kali. Tapi ya itu, dengan cara yang masih konvensional karena kami tidak memiliki special tools. 
Cara Melepas dan Memasang Ring Gear Pada Fly Wheel

Cara melepas ring gear pada fly wheel

Untuk melepas ring gear alat yang perlu kamu siapkan adalah, 

  1. Balok kayu berukuran sedang yang mampu menyangga bagian tengah dari fly wheel. Ingat, jangan sampai ukuran balok melebihi ukuran fly wheel.
  2. Besi panjang bulat, yang nyaman buat memukul ring gear
  3. Palu besi
Untuk melepas tingga letakkan balok di tengah-tengah fly wheel, kemudian pukul ring gear ke bawah. Jangan sampai kebalik yaa, perhatikan kontruksinya. Pukulnya juga bergantian, minimal 4 sisi. Atas bawah kanan dan kiri, secara bergantian sampai terlepas.

Cara memasang ring gear pada fly wheel 

Untuk memasang tidak dengan dipukuli seperti cara melepas, karena akan sangat susah untuk memasangnya. Maka kita memakai ilmu fisika, bahwa suatu benda khususnya besi bila dipanaskan maka akan memuai.
Jadi jawabannya adalah dipanaskan. Di bakar, pakai apapun yang penting dibakar. Tidak usah taku warnanya berubah, yang pentingkan kan fungsinya. Kalau dulu saya bakarnya bersama dengan sampah. Nah yang perlu diperhatikan, jangan bakar ring gear dngan yang berbahan plastik atau semacamnya karena nanti dapat menempel pada fly wheel. Bakar menggunakan kayu atau kardus. Biar mudah dalam pengambilannya, jangan langsung dimasukkan kedalam api. Bisa menggunakan tongkat, dan letakkan ring gear tepat di atas api.
Setelah dibakar kira-kira 20 menit dengan api yang besar, siapkan alat untuk mengambilnya. Gunakan tank atau sejenisnya. Sebelumnya siapkan fly wheelnya untuk pemasangan ring gear. Sehingga ketika ring gear di angkat dapat langsung dipasang pada fly wheel.
Perhatikan juga atas bawahnya, jangan sampai terbalik. Agar nantinya dapat bekerja dengan sempurna, kikis bagian ujung mata ring gear dengan gerinda. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *