Wiring Diagram Power Window dan Cara Kerjanya

  • Whatsapp
cara kerja power window buka otomatis

Wiring Diagram Power Window dan Cara Kerjanya – Kemarin kita sudah membahas mengenai fungsi dari power window, yaitu untuk menaikkan dan menurunkan jendela secara elektrik, artinya kita hanya dengan menarik atau menekan saklar makan jendela pada mobil akan turun atau naik.

Berbeda dengan mobil yang belum terdapat power windownya, maka untuk menurunkan atau menaikkan jendela harus dengan memutar tuas pembuka jendela.   Kita tahu power window ini mekanismenya terdapat dua jenis, yaitu dengan regulator dan dengan mekanisme kabel.

Pada prinsipnya keduanya sama-sama menggunakan motor power window, dan yang kita bahas kali ini adalah prinsip kerjanya. Jadi yang dibahas kali ini adalah rangkaian kelistrikannya atau yang lazim disebut dengan wiring diagram.  

Nah, sebenarnya cara kerja power window terdapat dua jenis, yaitu manual dan otomatis. Yang otomatis maka prinsip kerjanya adalah ketika ditekan satu kali maka jendela akan turun sendirinya sampai ke bawah. Begitu juga ketika saklar ditarik maka jendela akan naik dengan sendirinya.  

Berbeda dengan yang manual, pada tipe manual menggunakan motor listrik yang dikendalikan oleh saklar dengan cara ditekan atau ditarik sesuai dengan kebutuhan. Artinya kita bisa memilih mau dibuka seberapa lebar, ketika ditekan maka jendela akan turun ketika dilepas maka jendela akan berhenti turun.  

Nah, wiring diagram ini yang dibahas adalah tipe konvensional terlebih dahulu atau prinsip kerja ketika power window naik dan turun.   Secara prinsip atau sederhana maka komponen power window adalah motor listrik, mekanisme pengangkat dan saklar power window.  

Wiring diagram saat menutup secara manual

cara kerja saat menutup
Wiring diagram power window saat menutup

Pada saat kunci kontak dalam posisi ON dan saklar power window pada sisi pengemudi ditarik (up) setengah, arus dari baterai mengalir ke kunci kontak ke kumparan relai utama power window kemudian akan mengalir ke massa. Relai utama bekerja dan mengaktifkan IC pada saklar utama power window.

Selanjutnya arus mengalir ke saklar naik sisi pengemudi dan menuju ke IC pada saklar utama power window. IC akan mengaktifkan transistor-transistor untuk mengalirkan arus dan membentuk rangkaian massa pada kumparan relai naik sehingga relai naik bekerja. Kemudian arus dari baterai akan mengalir menuju ke relai naik, ke motor power window, relai turun dan menuju ke massa.

Motor power window akan berputar dan menggerakkan jendela ke arah menutup. Jika saklar naik berhenti ditarik maka transistor menjadi tidak aktif sehingga relai naik tidak bekerja dan motor behenti berputar.

Wiring diagram saat membuka secara manual 

wiring diagram saat membuka
wiring diagram saat membuka

Ketika kunci kontak dalam posisi ON dan saklar power window pada sisipengemudi ditekan (down) setengah, arus dari baterai mengalir ke kunci kontak ke kumparan relai utama power window dan menuju massa. Relai utama bekerja dan mengaktifkan IC pada saklar utama power window.  

Kemudian arus akan mengalir ke saklar turun sisi pengemudi dan menuju ke IC pada saklar utama power window. IC akan mengaktifkan transistor-transistor untuk mengalirkan arus dan membentuk rangkaian massa pada kumparan relai turun sehingga relai turun bekerja.  

Kemudian arus akan mengalir dari baterai menuju relai turun, ke motor power window, relai naik dan menuju ke massa. Motor power window akan berputar dan menggerakkan jendela ke arah membuka. Jika saklar turun berhenti ditekan maka transistor menjadi tidak aktif sehingga relai turun tidak bekerja dan motor behenti berputar.  

Artikel yang lebih lengkap sudah tersedia di : Fungsi Power Window: Komponen, Cara Kerja dan Jenisnya  

Gimana? Apakah paham dengan cara kerja power window ketika membuka dan menutup secara manual di atas? Jika anda belum memahaminya bisa langsung ditanyakan melalui komentar di bawah ini. Cukkup sekian dant terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *