7 Cara Alternatif Menghilangkan Baret di Motor

  • Whatsapp
cara menghilangkan baret motor

7 Cara Alternatif Menghilangkan Baret di Motor – Semua orang tentu menginginkan kondisi kendaraan motornya yang sempurna dan terbebas dari gesekan atau baret. Sedangkan untuk semua body kendaraan bermotor bisa saja mengalami baret dengan peluang yang lebih tinggi.

Mungkin apabila baret tersebut tidak terlalu besar bukan menjadi masalah. Namun jika baret besar tentu dapat merusak estetika dari kendaraan itu sendiri. Untuk itu Kamu harus mengetahui tata cara menghilangkan baret di motor.

Gesekan atau baret yang terjadi pada kendaraan bermotor disebabkan karena berbagai hal misalnya seperti gesekan antar kendaraan ketika berada di parkiran, terjatuh atau bahkan menabrak benda keras.

Baret pada motor memang tidak dapat dihindarkan karena mengingat banyaknya penyebab yang ditimbulkannya.

Cara Alternatif Menghilangkan Baret di Motor

Meskipun kendaraan bermotor tidak dapat terhindarkan dari yang namanya gesekan atau baret, namun bukan berarti Kamu tidak bisa melakukan cara untuk mengembalikan motor agar kembali mulus.

Untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika ingin menghilangkan baret pada motor, maka Kamu bisa mengikuti langkah sederhana berikut:

1. Membersihkan baret

Menghilangkan baret

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan yaitu dengan membersihkan baret terlebih dahulu. Terutama bagi kendaraan yang mengalami baret akibat terjatuh di jalan raya.

Dalam kondisi ini tentu motor akan dalam kondisi kotor dan membutuhkan perawatan untuk dibersihkan. Kamu hanya cukup mengguyur air pada bagian body motor yang mengalami goresan.

Kamu juga dapat menggunakan sampo atau sabun khusus untuk kendaraan bermotor. Setelah itu Kamu bisa menggunakan cairan tersebut secara merata dan membersihkannya pada bagian yang kotor. Sedikit demi sedikit baret akan tersamarkan, sehingga jika dilakukan secara berulang maka hasilnya akan lebih sempurna.

2. Melakukan pengamplasan

Proses pengamplasan dapat dilakukan pada kendaraan yang mengalami baret ringan saja. Cara ini akan lebih menyamarkan baret pada kendaraan. Namun sayangnya jenis gesekan atau baret pada body motor yang terlalu dalam akan sedikit diselesaikan menggunakan pengamplasan.

Untuk itu Kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahuluapakah baret pada body motor ringan atau berat.

Untuk amplas yang Kamu gunakan sebaiknya jenis amplas yang lembut. Ketika proses pengamplasan dimulai Kamu harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak mengenai bagian body motor yang lainnya, sehingga justru akan membuat tampilan bodi motor menjadi tidak sempurna. Perlu diketahui bahwa untuk proses pengamplasan ini tidak dapat dilakukan ketika kendaraan berada dalam kondisi kering.

Sebelum membersihkan body kendaraan menggunakan air, silahkan rendam amplas pada air. Jika sudah maka Kamu dapat mulai pengamplasan. Lakukan secara perlahan lalu bilas body motor menggunakan air bersih dan keringkan. Kamu bisa melihat perubahan sebelum melalui proses amplas dengan body motor yang sudah melalui proses amplas.

Baca juga : Mencuci Motor Dengan Sunlight, Aman atau Bahaya?

3. Lakukan compound

Melakukan compound juga bisa dilakukan jika sekiranya melalui proses pengamplasan dianggap kurang sempurna untuk menutupi baret pada bodi kendaraan motor.

Cara menghilangkan baret di motor melalui proses compound maka akan menjadikan tampilan bodi kendaraan terlihat indah karena untuk sisa baretan yang dapat hilang sehingga akan membuat kendaraan kembali kinclong lagi.

Untuk compound ini memiliki bentuk cairan atau seperti krim yang dapat digunakan untuk menghilangkan atau menyamarkan baret pada kendaraan.

Untuk penggunaannya Kamu harus mengamplas bagian body motor yang hendak di compound terlebih dahulu, setelah itu barulah Kamu dapat melakukan penggosokan menggunakan kain bersih hingga sisa baret hilang.

Jika Kamu menginginkan body motor benar-benar kinclong dan kembali seperti pada semula maka Kamu dapat melakukannya secara berulang-ulang. Lakukan gerakan searah agar untuk hasil yang didapatkan Lebih memuaskan.

4. Gunakan Scratch Remover

Penggunaan Scratch Remover memiliki tujuan untuk menyamarkan baret yang ada dibagiian bodi motor. Untuk menemukan cairan ini Kamu dapat membelinya di beberapa bengkel atau toko aksesoris kendaraan bermotor. Kamu bisa langsung menggunakan produk yang memilki bentuk seperti lem ini.

Untuk menggunakan cairan ini adalah jenis baret yang terlalu dangkal. Kamu bisa mengoleskan nya dengan bantuan kain yang berjenis microfiber agar ketika menggosok baret dapat hilang. Jika ingin hasil terlihat lebih indah maka lakukan cara ini berkali-kali. Untuk hasil yang didapatkan tergantungbagaimana diri Kamu mengaplikasikan cairan ini pada baret motor.

Baca juga : 8 Cara Mengkilapkan Body Motor, Mudah dan Praktis

5. Gunakan pasta gigi

Untuk menghilangkan atau menyamarkan baret motor Kamu dapat menggunakan pasta gigi. Krim berwarna putih ini memiliki kandungan partikel yang dapat berperan sebagai amplas. Tidak ada jenis pasta gigi khusus yang bisa digunakan karena hampir semua pasta gigi mempunyai partikel yang sama dalam membersihkan plak.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan odol di body motor yaitu dengan membersihkan bagian barat motor terlebih dahulu. Ca ra membersihkannya cukup dengan menggunakan air yang bersih saja. Jika sudah Kamu dapat mulai mengaplikasikan pasta gigi pada area body motor yang baret. Gosoklah secara perlahan dengan bantuan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Namun perlu Kamu ketahui bahwa untuk cara ini hanya berlaku pada baret yang ringan atau kecil. Sementar a untuk baret pada body motor yang terlalu besar cara ini tidak dapat menghilangkan baret tersebut. Untuk itu sebelum menggunakan cara ini Kamu harus mengenali apakah baret tersebut kecil atau besar.

6. Melakukan pengecatan ulang

Dicat ulang
Dicat ulang

Pengecatan ulang bisa dilakukan di bengkel motor khusus untuk cat ulang atau di bengkel ketok magic. Untuk pengecatan ulang memang akan sedikit mahal namun tergantung seberapa besar baret yang ada pada bodi kendaraan Kamu.

Jika sekiranya barat terlalu besar maka Kamu bisa langsung membawanya ke bengkel, namun jika masih tergolong kecil Kamu masih bisa mengikuti beberapa langkah di atas.

Meskipun Kamu harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya di bengkel dalam mengatasi baret body motor namun untuk hasil yang didapatkan akan sangat memuaskan.

Bahkan ketika Kamu sudah membawanya ke bengkel baret tersebut benar-benar hilang secara sempurna karena tertutup oleh cat dengan warna yang sama dengan body motor Kamu.

7. Tutupi dengan stiker

Tutupi dengan stiker
Tutupi dengan stiker

Ada cara lain yang jauh lebih unik untuk dilakukan jika memang Kamu tidak ingin mengeluarkan biaya untuk pergi ke bengkel, salah satunya yaitu dengan menutupi stiker pada bagian baret.

Untuk stiker motor bisa Kamu pilih sesuai dengan selera karena Kamu bisa menemukannya di berbagai tempat dengan bentuk dan motif yang sangat beragam.

Selain menutupinya dengan stiker Kamu pun juga dapat menutupinya menggunakan skorlet khusus kendaraan bermotor. Selain menghilangkan baret pada bodi kendaraan maka cara ini pun juga akan lebih memperindah tampilan kendaraan Kamu karena akan terlihat menarik dan mulus dari goresan.

Motor yang mengalami gesekan atau goresan memang seringkali mengurangi estetika dari keindahannya. Untuk itu wajar saja jika sebagian pemilik kendaraan bermotor melakukan berbagai cara menghilangkan baret di motor secara instan.

Bahkan ada beberapa pemilik kendaraan bermotor yang rela mengeluarkan banyak uangnya untuk mengembalikan motor agar terlihat mulus seperti sebelumnya.

Baca juga : 8 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor

Pos terkait