Bisakah Velg Mobil Yang Retak/Penyok di Perbaiki?

  • Whatsapp
Yogyakarta, Bisaotomotif.com – Velg mobil adalah bagian penting dalam kaitannya dengan roda, velg menjadi tempat melekatnya ban yang nantinya akan berputar bersama dengan ban saat mobil berjalan. Dalam perjalanannya, velg tentu saja memiliki usia pakai yang umumnya sih 20 tahun lebih, tentu saja tergantung dari pemakaian dan riwayat yang dialami si velg.
Velg bisa saja peyok atau retak ketika terjadi benturan atau kecelakaan, misal saja nih benturan dengan batu, balok, dan benda lainnya. Bisa juga terjadi pada saar kecelakaan dan menabrak trotoar, atau benda-benda yang lain.
Ketika ban kempes, velg akan lebih rawan untuk peyok dan retak. Bila berbenturan dengan batu atau ketemu dengan sebuah lubang, bisa jadi saat itu velg anda sudah peyok atau oleng.
Nah, pertanyaan yang bagus sekali. Apakah velg mobil yang retak/peyok bisa diperbaiki? Tentu saja untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu bertanya pada ahlinya velg, ya kan? Saya sempat melihat vlog nya Gofar Hilman pada videonya di Youtube yang berjudul “#SEKUTOMOTIF Ngobrolin Repair Velg bersama @eurovolution”.
Bisakah Velg Mobil Yang Retak/Penyok di Perbaiki?
Bisakah Velg Mobil Yang Retak/Penyok di Perbaiki?
Disitu dikatakan bahwa velg mobil yang retak masih diperbaiki dengan cara di las, tapi tetep masalah kekuatan dan kualitas tetap berkurang karena sudah dilas. Kalau lebih baiknya sih ganti dengan yang baru, terutama apabila retaknya sudah parah dan udah berkali-kali di las.
Kemudian bila penyok juga masih bisa diperbaiki, asal peyangnya tidak terjadi di bagian tengah. Kalau penyok, cara memperbaiknya dengan dipanaskan terlebih dahulu baru dibentuk seperti kondisi semula.
Setiap velg yang masuk dan keluar pasti akan diperiksa putarannya, apakah sudah sip balancenya atau masih oleng. Ketika oleng tentu saja akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendaraa.
Dalam video tersebut juga disinggung masalah velg jepang dan velg jerman, velg jepang lebih elastis dan aman dipakai di Indonesia. Sementara velg jerman cenderung kuat namun kurang elastis.
Baca juga : Harga Oli Prima XP
Masalah rekomendasi, pastinya usahakan menggunakan velg yang asli. Baru bila pengen velg variasi yang lebih murah bisa milih velg taiwan, karena velg taiwan itu replika. Tapi kalau pengen kualitas untuk velg variasi ya bagusnya velg Jepang. Katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *