Biaya Tune Up Mobil dan Apa Saja Layanannya

  • Whatsapp
biaya tune up mobil

Biaya Tune Up Mobil – Untuk menjaga performa mobil tetap stabil maka salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan tune up. Setidaknya, kamu perlu melakukan tune up ini setiap 6 bulan.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Biaya tune up mobil juga tidak terlalu berat. Setiap bengkel memang memiliki standar harga nya sendiri, rata-rata untuk tune up ongkos yang kamu perlukan antara 300 ribu sampai 3 Juta rupiah.

Dilansir dari laman suzuki.co.id, untuk biaya tune up mobil rutin setiap 20.000 km di bengkel resmi adalah Rp 3.000.000,-.

Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya penggantian sparepart. Apabila ada penggantian sparepart seperti busi, filter udara, koil atau komponen lainnya tentu akan ada biaya tambahannya sesuai dengan harga sparepart.

Sedangkan untuk biaya tune up mobil di bengkel umum yaitu kisaran Rp 350.000 – Rp 600.000, dan belum termasuk biaya penggantian komponen bila ada.

Mengapa Biaya Tune Up di Bengkel Resmi lebih Mahal?

Biaya tune up di bengkel resmi lebih mahal dikarenakan banyak keuntungan yang bisa didapat seperti :

  • Ruang tunggu yang nyaman
  • Dikerjakan oleh montir profesional
  • Dikerjakan sesuai SOP dan standar
  • Tercatat dalam record kendaraan
  • Sparepart dijamin asli

Biasanya untuk mobil baru memang disarankan ke bengkel resmi karena terkait dengan garansi, misal saja perbaikan rutin di 25.000 km pertama. Apabila pemilik mobil tidak melakukan service di KM tersebut bisa saja garansinya hilang.

Termasuk apabila servis di bengkel umum. Namun apabila sudah tidak ada garansi maka sah-sah saja membawa mobil ke bengkel umum.

Apabila hanya ganti oli, tune up atau perbaikan ringan di bengkel umum mungkin lebih worth it. Apalagi jika mobil Anda bukan termasuk mobil keluaran terbaru, yang artinya bengkel umum relatif sudah pernah menangani mobil seperti milik Anda.

Apa Saja yang Diperiksa Saat Tune Up Mobil

Tune up sendiri bertujuan untuk membuat performa mobil tetap maksimal. Selain itu dengan melakukan tune up juga kamu bisa mencegah terjadinya banyak kerusakan dan juga melihat kondisi komponen dalam mobil apakah masih layak atau tidak.

Saat melakukan tune up juga ada beberapa komponen yang akan diperiksa. Beberapa komponen tersebut adalah:

1.Cek Filter Udara

Ini merupakan komponen pertama yang akan dicek ketika kamu melakukan tune up. Biasanya komponen ini akan dilihat apakah kondisinya kotor atau tidak. Jika tidak terlalu kotor, maka komponen ini hanya perlu untuk dibersihkan. Namun jika sudah sangat kotor maka komponen ini harus segera diganti.

2. Karburator atau Throttle Body

Jika mobil kamu merupakan mobil non injeksi, maka komponen yang juga akan diperiksa adalah bagian karburator. Sementara jika mobil yang kamu punya adalah mobil injeksi maka bagian yang akan diperiksa adalah bagian throttle body. Komponen ini akan dilihat apakah kondisinya masih bersih atau tidak. Biasanya tindakan umum yang akan dilakukan adalah melakukan pembersihan.

3. Cek Celah Busi Saat Tune Up Mobil

Salah satu hal yang juga akan dicek ketika tune up adalah bagian celah pada busi. Sebenarnya celah ini sudah memiliki settingan baku dari pabrik. Namun dalam penggunaannya, ketika terjadi interaksi busi dengan tekanan kompresi maka bisa membuat celah busi ini berubah. Cara untuk melakukan pengecekan pada bagian ini adalah dengan melihat api yang keluar.

4. Celah Katup

Khusus untuk mobil lama, maka bagian yang juga akan diperiksa ketika melakukan tune up adalah celah pada katup. Nantinya setiap celah katup ini akan kembali disetel pada posisi standarnya. Posisi celah katup yang berubah bisa menimbulkan bunyi berisik. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab tenaga mobil menjadi berkurang.

Pada beberapa mobil baru, maka celah katup ini tidak perlu disetel ulang. Hal ini karena pada mobil tipe baru terdapat fitur Hydraulic Lash Adjuster. Fitur ini akan membuat celah katup kembali ke posisi semula secara otomatis memanfaatkan tekanan oli mesin.

5. Aki

Bagian lain yang juga akan menjadi perhatian ketika proses tune up adalah aki. Bagian ini akan diperiksa apakah masih mengeluarkan tegangan yang sesuai atau tidak. Bagian ini juga akan dicek apakah kondisi elektrolit masih pas atau tidak.

6. Cairan Fluida

Hal penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan dalam proses tune up adalah melakukan pengecekan pada berbagai cairan fluida yang ada pada mobil. Dari mulai oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli gardan, sampai dengan oli untuk power steering.

Semua cairan ini akan dicek apakah masih bagus atau sudah perlu untuk diganti.Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang berapa biaya tune up mobil dan apa saja layanan yang akan kamu dapatkan. Melakukan tune up secara berkala merupakan hal yang penting untuk kamu lakukan. Langkah ini berguna untuk menjaga performa mobil kamu.

Baca juga artikel terkait “Biaya Tune Up” :

Pos terkait