Biaya Salon Mobil dan Berbagai Jenis Perawatannya

  • Whatsapp
biaya salon mobil

Biaya Salon Mobil dan Berbagai Jenis Perawatannya – Selain masalah performa, hal penting lain yang juga perlu kamu perhatikan sebagai pemilik mobil adalah masalah penampilan.

Menjaga penampilan mobil ini salah satunya dengan pergi ke salon mobil. Saat ini, biaya salon mobil juga cukup terjangkau. Kamu juga bisa mendapatkan banyak jenis perawatan untuk mobil kamu.

Kisaran Biaya Salon Mobil

Untuk masalah biaya salon mobil yang kamu perlukan, maka semua itu akan tergantung dengan jenis perawatan yang kamu pilih dan juga jenis mobil milik kamu. Berikut adalah perkiraan biaya salon mobil untuk beberapa jenis perawatan:

1. Biaya Salon Mobil untuk Cleaning

Gambar Biaya Salon Mobil
Gambar Biaya Salon Mobil

Kisaran Biaya :

Rp 50.000,- (Cuci Mobil)
Rp 100.000 – Rp 150.000 (Cuci Mobil + Engine Celaning)

Ini adalah layanan paling utama dan paling sering kamu lakukan. Sehingga tidak heran jika hampir semua salon mobil memiliki layanan ini. Layanan cleaning ini sendiri merupakan bentuk layanan dengan tujuan untuk membersihkan bagian eksterior, interior, dan juga bagian bawah mobil.

Biasanya setiap salon mobil memiliki metode pembersihan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan metode dry wash, snow wash, dan lain-lain. Harga untuk layanan ini sekitar 50 ribuan.

Selain itu, beberapa salon mobil juga menyediakan jasa engine cleaning. Layanan ini memang cukup perlu untuk kamu lakukan. Namun sebaiknya kamu berhati-hati ketika akan menggunakan layanan ini. hal tersebut karena bagian engine merupakan bagian yang sensitif. Ada beberapa bagian yang tidak boleh terkena sama sekali.

Maka pastikan jika kamu akan melakukan engine cleaning, maka lakukanlah di tempat yang sudah terpercaya dan berpengalaman dalam melakukan layanan  tersebut. Biasanya biaya salon mobil untuk layanan ini sekitar 100 ribuan

2. Biaya Salon Mobil untuk Detailing

Kisaran Biaya : Rp 1 – 2 Juta Rupiah

Layanan lainnya yang juga biasanya ada di tempat salon mobil adalah detailing. Layanan ini bertujuan untuk menghilangkan kusam pada bagian body mobil. Selain itu, dengan menggunakan layanan ini juga bisa melindungi cat pada body mobil kamu dari jamur, water spot, baret, dan juga noda. Layanan detailing ini juga bisa membuat body mobil menjadi cerah dan berkilau.

Metode yang biasa digunakan untuk layanan ini adalah menggunakan wax dan juga poles. Layanan ini memang cukup berguna. Namun sebaiknya tidak melakukan layanan detailing ini terlalu sering, karena bisa mengakibatkan lapisan cat terkikis sehingga menjadi tipis.

Dengan waxing akan memberikan perlindungan pada cat bodi kendaraan Anda sehingga terlindungi dari beragam masalah seperti jamur, water spot, goresan kecil ataupun noda kotor.

Biaya untuk sekali melakukan layanan ini berkisar antara ratusan ribu sampai 1 atau 2 juta. Semua biaya salon mobil untuk layanan ini tergantung tujuan dan juga jenis mobil milik kamu.

3. Biaya Salon Mobil untuk Coating

Kisaran Biaya : Rp 3 – 8 Juta Rupiah

Ini merupakan layanan yang mirip dengan detailing. Bedanya layanan ini memberikan perlindungan lebih bagi cat dan body mobil kamu. Selain melindungi dari noda, water spot, ataupun jamur. Layanan coating ini juga bisa memberikan perlindungan dari bahan kimia dan juga proses oksidasi.

Metode yang biasa digunakan pada layanan ini adalah nano coating dan ceramic. Nano coating merupakan cairan yang akan melindungi body mobil. Sementara ceramic selain untuk melindungi juga bisa memberikan efek kilau pada mobil. Biaya untuk melakukan layanan ini sekitar 3 sampai 8 juta tergantung dari jenis mobil.

4. Biaya Fogging dan Fumigator

Gambar Biaya Salon Mobil
Gambar Biaya Salon Mobil

Kisaran Biaya : Rp 500.000,-

Ini merupakan layanan untuk bagian dalam mobil. Layanan ini bertujuan untuk membuat bagian interior menjadi lebih wangi dan juga bebas bakteri dan jamur. Harga untuk melakukan layanan ini sekitar 500 ribu. Tergantung dari jenis dan luas bagian yang akan dibersihkan.

Itulah beberapa informasi tentang biaya salon mobil yang bisa kamu ketahui. Perbedaan harga mungkin saja terjadi pada setiap salon mobil. Perbedaan tersebut mungkin karena metode yang digunakan berbeda, bahan yang digunakan berbeda, atau faktor lainnya.

Baca juga artikel terkait “Biaya Salon Mobil” :

Pos terkait