Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

  • Whatsapp
biaya perbaikan oli rembes

Berapa biaya perbaikan oli mesin mobil rembes? – Salah satu masalah yang sering kali terjadi pada mobil adalah oli mesin yang rembes. Ini merupakan masalah yang perlu mendapat penanganan dengan cepat. Biaya perbaikan oli mesin mobil rembes memang tidan murah, namun semakin cepat melakukan perbaikan maka semakin baik. Setidaknya, masalah ini tidak menimbulkan masalah di tempat lain.

Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Rembes 

Besaran biaya perbaikan oli mesin rembes ini sebenarnya beragam. Tergantung jenis kerusakan dan juga tingkat kesulitan ketika melakukan perbaikan tersebut. Misalnya, jika bagian yang rusak adalah packing cover head maka besaran biaya yang perlu kamu keluarkan antara 150 sampai 350 ribu.

Contoh lainnya, jika bagian yang rusak karter oli di bawah, maka biasanya biaya yang kamu perlukan antara 200 sampai 500 ribu. Tingkat kesulitan juga akan mempengaruhi biaya perbaikan oli mesin mobil rembes. Hal ini karena ada bagian yang bisa langsung dibuka dengan mudah, namun ada juga bagian pada beberapa jenis mobil yang cara bongkarnya cukup rumit.

Penyebab Oli Mesin Mobil Rembes

Setelah mengetahui besaran biaya perbaikan oli mesin mobil rembes, hal lain yang juga perlu kamu ketahui adalah apa saja penyebab dari bocornya dari oli mesin itu sendiri. beberapa penyebab tersebut antara lain:

`1. Kerusakan Pada Seal Gearbox

Penyebab pertama dari rembesnya oli mesin adalah karena kerusakan pada seal gearbox. Biasanya kerusakan ini berupa sobekan yang muncul. Bila ada sobekan pada bagian ini maka oli mesin akan menetes di sekitar radiator. Rembesan tersebut bisa menjadi penyebab timbulnya karat bila tidak segera diperbaiki.

2. Kerusakan Pada Seal Kompresor

Jika kamu melihat oli mesin menetes pada bagian kolong mobil maka kerusakan tersebut terjadi karena seal kompresor yang rusak. Penyebab kerusakan ini bisa terjadi karena gesekan antar komponen atau juga bisa terjadi karena usia pakai seal yang sudah terlalu lama.

3. Baut Penutup Rusak

Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab oli mobil rembes adalah karena baut penutup yang rusak. Kerusakan ini bisa terjadi karena pada proses penutupan sebelumnya baut terpasang kurang rapat atau bisa juga karena terlalu rapat sehingga ulir pada baut menjadi terkelupas.

4. Bak Oli Bocor

Bak oli atau packing carter yang bocor juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya kebocoran pada oli mesin. Hal ini bisa terjadi karena karet pada bagian dasar yang sudah terlalu lama pemakaiannya dan membuat oli mesin menjadi tercecer.

5. Seal Filter Rusak

Seal pada filter oli juga bisa menjadi salah satu penyebab dari terjadinya kebocoran pada oli mesin, Seal yang mulai rusak akan membuat oli menjadi mudah rembes.

Akibat Oli Mesin Mobil Rembes

Salah satu masalah yang akan muncul jika oli mesin rembes adalah performa mobil yang akan menurun. Terutama jika kerusakan tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membuat kerusakan melebar ke komponen lain.

Selain itu, akibat dari oli mesin yang rembes ini juga membuat volume oli akan berkurang dengan cepat. Volume oli yang jauh lebih sedikit daripada kebutuhan standar juga akan membuat pelumasan menjadi tidak optimal. Nantinya hal ini akan membuat banyak komponen menjadi lebih cepat aus.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang biaya perbaikan oli mesin mobil rembes. Karena pentingnya fungsi oli mesin ini, maka sebaiknya kamu melakukan perawatan berkala pada komponen yang terkait dengan oli mesin ini. Hal ini juga berguna untuk menjaga agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar karena oli mesin yang rembes ini.

Baca Juga:

Pos terkait