Biaya Ganti Plat Motor disertai Persyaratan dan Tata Caranya

  • Whatsapp
biaya ganti plat nomor

Biaya ganti plat motor merupakan suatu hal yang akan diperhatikan terutama ketika sadar jika masa berlaku plat motor kita akan segera habis. Jangka waktu nya yang hanya 5 tahun sekali terkadang membuat lupa untuk memperhatikan nya.

Mengganti plat motor sesuai dengan jangka waktu yang berlaku memang menjadi salah satu kewajiban dari pemilik kendaraan bermotor. Hal ini sama dengan membayar pajak kendaraan yang dimiliki.

Plat nomor merupakan identitas dari kendaraan yang Anda miliki. Setiap plat nomor motor memiliki masa berlaku sendiri. Setiap plat nomor kendaraan bermotor ini hanya berlaku 5 tahun.

Setiap 5 tahun tersebut para pemilik kendaraan bermotor wajib untuk melakukan perpanjangan. Proses penggantian plat motor ini dilakukan di kantor samsat. Anda bisa langsung datang ke kantor samsat terdekat dengan lokasi tinggal Anda untuk melakukan proses penggantian plat motor ini.

Semua proses penggantian ini akan dilakukan di kantor samsat. Anda bisa mendatangi kantor samsat terdekat dengan lokasi tinggal Anda. Jika mengikuti standar prosedur yang berlaku maka semua proses penggantian plat motor dan STNK ini hanya akan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam saja. Biaya yang diperlukan pun akan jauh lebih murah dibanding dengan menggunakan jasa calo.

Biaya ganti plat motor ini memiliki nilai yang berbeda di setiap daerah. Total biaya tergantung dari besaran pajak yang ditetapkan. Namun secara umum, total biaya yang harus dikeluarkan tidak akan jauh berbeda antara satu daerah dengan daerah lain nya.

Ketika mengganti plat nomor biasa nya juga sekaligus dengan melakukan perpanjangan STNK. STNK merupakan surat yang berisi informasi tentang kendaraan dan juga pemilik nya.

Selalu membawa STNK yang masih berlaku merupakan salah satu kewajiban setiap pengendara kendaraan bermotor. STNK juga menjadi salah satu bukti jika kendaraan bermotor tersebut merupakan hak milik kita.

Semua proses ini sebaiknya dilakukan sendiri. Itulah mengapa menjadi sangat penting untuk Anda mengetahui berbagai hal seperti syarat, tata cara, dan juga biaya ganti plat motor dengan prosedur resmi.

Berikut adalah penjelasang tentang apa saja syarat yang diperlukan, bagaimana tata cara nya, dan juga biaya ganti plat motor yang Anda perlu siapkan.

Syarat Ganti Plat Motor

Mengganti plat motor pun sebenarnya cukup mudah. Syarat dan tata cara nya bisa anda lakukan sendiri. Ada beberapa dokumen yang perlu Anda perhatikan dan siapkan ketika akan memperpanjang plat motor Anda.

Agar mudah, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu tentang syarat yang diperlukan untuk melakukan penggantian plat motor. Semua persyaratan ini sebaiknya sudah Anda siapkan sebelum nya.

Ada beberapa dokumen yang hanya diminta copy nya saja, namun tidak ada salah nya juga jika Anda membawa dokumen asli yang diperlukan. Adapun syarat untuk melakukan proses ganti plat motor adalah

1. BPKB

Siapkan dokumen asli dan fotocopy sebanyak 1 lembar. Jika BPKB asli tidak ada karena masih berada di pihak leasing, maka Anda bisa membawa surat keterangan dari pihak leasing yang menjelaskan kondisi tersebut. BPKB ini akan menjadi bukti jika Anda adalah pemilik kendaraan yang sah.

2. KTP

Pastikan Anda membawa KTP yang sesuai dengan STNK. Siapkan KTP asli dan juga fotocopy sebanyak 1 lembar

3. STNK

Siapkan dokumen asli dan juga fotocopy sebanyak 1 lembar

4. Sepeda Motor

Bawa kendaraan bermotor yang akan diganti plat nomor nya. Proses pergantian plat motor ini juga memerlukan cek fisik. Pastikan kondisi kendaraan bermotor Anda sesuai dengan aturan berlalu lintas yang berlaku.

5.  Surat Kuasa Jika diperlukan

Jika Anda sibuk dan meminta bantuan orang lain seperti keluarga ataupun kerabat, maka pastikan jika ada surat kuasa yang diberikan ke orang tersebut.

Itu semua merupakan dokumen yang menjadi syarat untuk Anda melakukan pergantian plat motor. Untuk kenyamanan Anda, bawalah semua dokumen yang diperlukan tadi baik dalam bentuk asli maupun foto copy nya.

Sebagai saran, jika Anda tidak ingin menunggu lama maka sebaiknya bawalah alat tulis semisal pulpen sendiri. Ini akan berguna ketika Anda harus mengisi formulir nanti nya.

Baca juga : Penyebab Rem motor bunyi cit cit setelah berkendara saat hujan

Tata Cara Pergantian Plat Motor

Setelah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, maka hal berikut nya yang perlu dipahami adalah bagaimana tata cara untuk melakukan proses penggantian plat nomor kendaraan bermotor ini.

Jika Anda mengikuti proses nya dengan benar dan semua dokumen sudah disiapkan maka proses penggantian plat motor ini tidak akan memakan waktu yang lama.

Proses dan biaya ganti plat motor ini akan lebih mudah dan murah jika Anda mengikuti prosedur resmi yang berlaku. Jika Anda menggunakan jasa calo maka proses nya akan jauh lebih lama dan biaya yang harus Anda keluarkan pun akan jauh lebih banyak.

Adapun tata cara untuk melakukan proses penggantian plat motor adalah seperti berikut

1. Datang ke Kantor Samsat Terdekat

Semua proses ini akan dilakukan di kantor samsat. Maka setelah Anda menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, Anda bisa langsung datang ke kantor samsat.

Pastikan Anda membawa kendaraan bermotor yang akan diganti plat nomor nya, hal ini karena akan dilakukan cek fisik pada kendaraan tersebut.

Untuk menghindari antrian yang terlalu panjang, maka sebaik nya Anda datang lebih awal ketika kantor samsat baru mulai beroperasi dan belum banyak orang yang akan melakukan pembayaran pajak.

2. Lakukan Pendaftaran

Langkah selanjut nya adalah melakukan proses pendaftaran. Pendaftaran ini bisa dilakukan di loket cek fisik motor.

Pada proses pendaftaran ini juga biasa nya Anda akan diminta untuk menyerahkan dokumen – dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti BPKB, STNK, dan KTP.

Jika pendaftaran sudah selesai dilakukan maka langkah selanjut nya tinggal menunggu sampai nomor antrian milik Anda dipanggil.

Pada tahap ini juga biasa nya Anda akan mendapatkan kertas gesek untuk keperluan cek fisik kendaraan.

3. Cek Fisik Motor

Setelah nomor antrian Anda dipanggil maka bawalah kendaraan tersebut ke lokasi pengecekan fisik kendaraan bermotor. Pastikan kondisi kendaraan bermotor Anda sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku.

Secara mudah, pastikan motor Anda dalam kondisi standar sesuai dengan keluaran pabrik atau tanpa modifikasi yang aneh – aneh.

Pada tahap cek fisik ini biasa nya Anda akan diminta bantuan oleh petugas untuk mengecek nomor rangka dan juga nomor mesin pada motor.

Anda hanya akan diminta untuk membantu cek saja, sementara proses penggesekan akan dilakukan oleh petugas sendiri dengan menggunakan kertas gesek yang didapat pada saat proses pendaftaran

Proses cek fisik ini akan memakan waktu setidak nya 30 menit. Tergantung dari banyaknya kendaraan yang melakukan cek fisik dan juga banyak nya antrian. Pada proses ini Anda juga tidak akan dipungut biaya apapun

4. Legalisir dan Isi Formulir

Jika proses cek fisik kendaraan bermotor Anda sudah selesai maka tahap selanjut nya adalah menyerahkan dokumen hasil cek fisik tadi ke bagian legalisir. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh petugas.

Isi formulir tersebut dengan benar dan pastikan semua data yang diisi sudah sesuai. Hal ini untuk meminimalisiri kemungkinan terjadi nya ketidak cocokan pada saat proses verifikasi data.

5. Pembayaran

Setelah semua dokumen sebelum nya selesai diisi maka Anda bisa membawa nya ke loket pembayaran. Anda harus mengambil nomor antrian lagi di sini. Siapkan uang pas sesuai dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Di beberapa tempat, nomor antrian anda akan dipanggil namun ada beberapa kantor samsat yang menggunakan nama yang tertulis di STNK untuk memanggil.

Maka tetaplah perhatikan semua panggilan dan jangan sampai terlewat. Jika Anda sudah dipanggil, maka lakukanlah pembayaran sesuai dengan nilai yang tercetak pada lembar pajak.

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan dua lembar dokumen, lembar berwarna putih dan juga biru.  Dokumen tersebut merupakan bukti jika pembayaran sudah selesai dilakukan. Dokumen ini nanti nya akan digunakan untuk mengambil plat nomot motor yang baru dan juga STNK yang baru.

Baca juga : Cara Memilih Oli Motor Matic Yang Berkualitas

6. Pengambilan Plat Nomor dan STNK

Setelah pembayaran dilakukan, dan setelah mendapatkan dua lembar bukti bayar tadi maka Anda bisa langsung untuk mengambil plat motor dan juga STNK yang baru.

Pastikan plat nomor yang Anda dapat sesuai dengan yang tertulis di STNK. Jika semua nya sudah sesuai maka proses penggantian plat motor pun sudah selesai.

Jika dihitung dari proses awal sampai dengan mendapatkan plat motor dan STNK baru, maka waktu yang dibutuhkan kurang lebih adalah 2 jam. Cuman terkadang di beberapa lokasi, plat motor tidak bisa langsung jadi harus menunggu beberapa hari terlebih dahulu.

Waktu ini tergantung dengan kepadatan dan antrian yang ada pada kantor samsat tempat Anda melakukan semua proses ini. Jika Anda ingin waktu proses nya menjadi lebih singkat, maka Anda bisa datang lebih pagi guna menghindari kepadatan dan antrian.

Biaya Ganti Plat Motor

Biaya ganti plat motor ini sebenar nya berbeda tiap daerah. Hal ini karena tergantung pada besaran pajak yang ditetapkan oleh tiap daerah. Namun secara garis besar perkiraan biaya ganti plat motor adalah sebagai berikut.

  • Besar pajak kendaraan setiap 5 tahun (Rp 200.000 / tergantung tipe kendaraan).
  • Biaya ganti plat motor sebesar Rp 60 ribu
  • Biaya pengesahan STNK sebesar Rp 25 ribu

Secara perkiraan umum maka biaya yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp 185 ribu. Biaya di atas belum termasuk iuran asuransi kecelakaan jasa raharja. Iuran ini pun berbeda – beda.

Hal yang harus diperhatikan adalah semua biaya ini hanya dibayarkan di satu loket saja yaitu loket pembayaran. Semua proses lain yang ada sama sekali tidak memerlukan biaya apapun.

Inilah penting nya Anda mengikuti prosedur pembayaran dengan benar. Biaya yang diperlukan akan jauh lebih murah daripada Anda menggunakan jasa calo. Dengan mengikuti prosedur resmi maka selain biaya yang lebih murah, proses nya juga akan lebih cepat.

Ganti Plat Motor Dari Luar Kota

Lalu bagaimana cara nya jika sedang merantau ke luar kota. Bisakah kita melakukan pergantian plat motor yang beda kota. Maka jawaban nya adalah bisa.

Cara nya pun tidak jauh berbeda. Anda hanya perlu pergi ke kantor samsat yang terdekat dengan domisili tinggal Anda.

Bawa serta semua dokumen yang diperlukan seperti STNK, KTP yang sesuai dengan STNK, dan BPKB. Untuk kenyamanan setidak  nya bawa dokumen asli dan juga 1 lembar foto copy untuk masing – masing dokumen.

Selanjut nya Anda hanya perlu mendaftar dan melakukan cek fisik seperti biasa nya. setelah cek fisik selesai dilakukan maka Anda tidak perlu melakukan pembayaran di loket kantor samsat tersebut. Inilah yang menjadi pembeda nya jika Anda melakukan ganti plat motor di luar kota.

Setelah mendapatkan bukti cek fisik tadi maka selanjut nya yang perlu Anda lakukan adalah mengirim dokumen tersebut ke alamat asli Anda dan lakukan pembayaran di kantor samsat tempat Anda berasal.

Proses pembayaran di sini bisa diwakilkan oleh keluarga atau kerabat. Mereka hanya tinggal pergi ke kantor samsat dan memberikan dokumen bukti cek fisik yang telah dilakukan lalu melakukan pembayaran di loket.

Setelah semua proses selesai dan plat motor serta STNK baru sudah didapat maka tinggal dikirim balik ke alamat luar kota tempat Anda berdomisili.

Baca juga : Hanya Dua Yang Perlu Disiapkan Saat Bayar Pajak Tahunan Motor

Kesimpulan

Itulah proses penggantian plat motor jika Anda sedang berada di luar kota. Semua biaya mengikuti aturan kantor samsat daerah tempat Anda berasal. Anda tidak perlu membayar apapun ketika sedang melakukan pengecekan di kantor samsat luar daerah tadi.

Jika semua proses penggantian plat motor tadi dilakukan dengan sesuai prosedur biasa nya hanya akan memakan waktu kurang lebih 2 jam saja.

Dari segi biaya pun Anda hanya tinggal mengeluarkan biaya untuk pembayaran pajak saja.

Tidak perlu ada biaya tambahan apapun dalam proses penggantian plat motor ini. Sehingga biaya ganti plat motor ini akan jauh lebih murah dibanding jika Anda menggunakan jasa calo.

Satu hal yang juga menjadi pertanyaan akhir – akhir ini adalah apakah semua proses ini bisa dilakukan secara online?. Maka jawaban nya, khusus untuk proses penggantian plat motor tidak bisa dilakukan secara online.

Jika hanya sekedar membayar pajak tahunan maka masyarakat bisa melakukan nya dengan online. Masyarakat hanya perlu mengakses portal virtual yang sudah ada seperti e – samsat. Nanti nya pembayaran pajak nya pun bisa dilakukan melalui fasilitas transfer bank.

Namun untuk proses penggantian plat motor dan perpanjang STNK Anda harus tetap datang ke kantor samsat terdekat dan melakukan proses seperti yang sudah dijelaskan sebelum nya.

Proses ini tidak bisa dilakukan secara online karena salah satu tahap untuk penggantian plat motor ini adalah dilakukan nya cek fisik dan pengecekan nomor rangka dan mesin dari kendaraan bermotor tersebut.

Itulah beberapa hal tentang syarat, tata cara, dan biaya ganti plat motor yang perlu Anda ketahui. Satu hal yang harus dipahami juga adalah dengan membayar pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban yang harus Anda patuhi.

Semua prosedur dan besaran biaya ini diatur melalui peraturan pemerintah no 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak. Menggunakan plat motor yang sudah lewat masa berlaku nya maka sama saja dengan Anda tidak membayar pajak dan sama dengan melanggar peraturan.

Pos terkait