Biaya Ganti Oli Mobil Avanza dan Alasan Perlu Ganti Oli

  • Whatsapp
biaya ganti oli mesin avanza

Oli merupakan salah satu komponen penting bagi semua mesin kendaraan, termasuk mobil Avanza. Bagian ini akan menjadi penunjang kinerja mesin. Itulah mengapa kamu sebagai pemilik mobil Avanza perlu melakukan penggantian oli secara rutin. Biaya ganti oli mobil Avanza juga cukup terjangkau. Kamu juga bisa melakukannya sendiri ataupun datang langsung ke bengkel.

Biaya Ganti Oli Mobil Avanza.

Sebenarnya, untuk masalah biaya ganti oli mobil avanza ini tergantung pada jenis oli yang akan kamu gunakan. Untuk biaya jasanya sendiri biasanya kisaran hargaya adalah 50 sampai 100 ribu. Jika ditambah dengan biaya oli, maka pergantian oli mobil Avanza akan memakan biaya sekitar 400 ribuan.

Itu merupakan harga kisaran. Harganya mungkin akan lebih mahal atau lebih murah. Selain itu. Biasanya proses ganti oli ini juga akan berbarengan dengan beberapa pengecekan lainnya. Sehingga mungkin saja kamu akan mengeluarkan biaya lebih.

Baca Juga: Perkiraan Biaya Ganti Oli Mesin Mobil

Mengapa Perlu Ganti Oli?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika oli merupakan komponen penting dalam mesin kendaraan. Dalam aplikasinya sendiri, oli ini memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Pelumas Mesin

Salah satu fungsi oli adalah sebagai pelumas. Nantinya oli akan bekerja untuk meminimalisir gesekan yang terjadi antar bagian pada mesin. Nantinya dengan menggunakan oli maka gerakan pada mesin ini akan menjadi halus. Selain itu, oli juga akan berperan untuk mengurangi gesekan yang kasar antar komponen, yang mana hal tersebut bisa berpotensi merusak bagian mesin.

2. Pelindung Mesin

Fungsi oli lainnya juga sebagai pelindung mesin. Tidak hanya melindungi dari gesekan antar komponen, oli juga akan berperan untuk melindungi mesin dari kemungkinan korosi dan munculnya karat. Oli juga akan berfungsi untuk mencegah oksidasi pada komponen mesin dan juga akan menghilangkan reaksi kimia dari logam. Reaksi mungkin terjadi akibat proses pembakaran pada mesin.

3. Pembersih Mesin

Biaya ganti oli mobil Avanza mungkin tidak murah, namun hal tersebut akan sebanding dengan manfaatnya. Salah satunya adalah oli juga akan berperan dalam proses pembersihan kotoran yang ada pada mesin. Ketika mobil sering kamu gunakan maka sangat mungkin ada kotoran yang masuk.

Kotoran ini bisa masuk dari sela-sela ring atau bisa juga merupakan sisa pembakaran. Nantinya kotoran-kotoran ini akan larut dan bercampur dengan oli. Lalu nantinya kotoran ini akan ikut terbuang dengan oli pada saat proses ganti oli.

4. Pendingin Mesin

Oli juga akan berperan dalam proses pendinginan pada mesin. Panas akibat proses pembakaran di ruang bakar akan merambat pada ruang mesin. Selain itu, panas ini juga akan muncul akibat gesekan antar komponen yang juga akan membuat suhu pada ruang mesin semakin panas.

Nantinya oli akan mengalir pada permukaan komponen tersebut dan akan mendinginkanya. Setelah itu, panas tadi akan dibawa ke penampungan oli dan akan terbuang bersama udara yang mengalir pada tempat penampungan oli.

Oli sebagai pendingin ini juga yang akan berperan untuk menjaga komponen agar selalu stabil dan tetap pada performa terbaiknya. Selain itu, oli sebagai pendingin ini juga akan berperan dalam mencegah terjadinya overheat.

Itulah beberapa hal tentang biaya ganti oli mobil Avanza yang perlu kamu ketahui. Pergantian oli ini juga sangatlah penting terutama jika kamu melihat bagaimana fungsi oli pada kerja mesin. Terlalu lama tidak mengganti oli selain akan membuat oli habis juga akan mengakibatkan beberapa masalah.

Beberapa akibat ketika jarang mengganti oli adalah oli menjadi kotor sehingga fungsi dan kerjanya tidak maksimal. Tentu akan banyak masalah yang muncul ketika oli bekerja tidak maksimal.

Baca Juga:

Pos terkait