Berapa Harga Plat Nomor Cantik Satu, Dua, Tiga Angka?

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com – Baru-baru ini pemerintah memberlakukan plat nomor ganjil – genap sebagai salah satu upaya dalam mengatasi kemacetan di ibukota Jakarta, ada yang merespon baik ada juga yang tidak setuju karena dinilai tidak membebaskan warganya.
Walaupun demikian, pemerintah tetap saja memberlakukannya. Di hari pertam pemberlakuan ribuan kendaraan terjaring razia karena tertangkap basah melakukan pelanggaran plat nomor.
Beberapa hari setelah pemberlakuan itu, tersiar isu bahwa dealer menawarkan pilihan plat nomor dengan harga yang sama alias standar. Walaupun hanya isu belaka, pihak kepolisian tetap menegaskan bahwa dealer tidak boleh menawarkan hal itu kepada konsumen. Simak kelanjutannya di artikel ini : Diler Tawarkan Nomor Plat Pilihan, Polisi Ingatkan Larangan Secara Tegas
Sebenarnya custom plat nomor itu boleh-boleh saja, tapi tetap ada peraturan yang mendasarinya yang harus kita taati bersama. Seperti aturan plat nomor cantik, entah itu terdiri dari satu angka, dua angka, tiga angka dan empat angka. Seperti dibawah ini nih contohnya, hayoo ini nomor platnya siapa? Iyeess, Presiden.
Plat Nomor Cantik
Plat Nomor Cantik
Untuk custom plat nomor cantik satu angka, biaya yang harus dikeluarkan mencapai 20 juta, angka yang cukup besar hanya untuk plat nomor kendaraan. Mau kamu punya kendaraan dengan plat nomor satu angka? Kalau admin sih mau-mau aja ya kan, selagi uangnya ada. Wkwk
BTW, ketentuan terkait dengan custom plat nomor atau resminya disebut dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sudah diatur dalam undang-undang PP No. 60 Tahun 2016, aturan tersebut tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang sudah berlaku secara resmi pada tanggal 6 Januari 2017.
Berikut ini adalah besaran biaya yang dibebankan pada pengguna untuk NOmor Registrasi Kendaraan Bermotor yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) 60 Tahun 2016.
1. NRKB satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20.000.000. Ada huruf di belakang Rp 15.000.000. 
2. NRKB dua angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 15.000.000. Ada huruf di belakang Rp 10.000.000 
3. NRKB tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10.000.000. Ada huruf di belakang Rp 7.500.000. 
4. NRKB empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang Rp 5.000.000 
Dalam aturan tersebut juga dijelaskan bahwa masa belakunya hanya lima tahun. Jadi setiap lima tahun sekali, Anda perlu membayar sesuai dengan peraturan di atas.
Setelah mengetahui tarif ini, kira-kira masih pada mau ngga nih memiliki kendaraan dengan nomor cantik?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *