Benarkah Mobil Jaman Sekarang Bodi Lebih Tipis dan Mudah Penyok ?

  • Whatsapp
Yogyakarta, Bisaotomotif.com – Perkembangan kendaraan roda empat begitu pesat, kalau dulu menggunakan karburator sebagai pencampur udara dan bahan bakar kini ada sistem FI (Fuel Injection) yang campuran dan timingnya diatur secara elektronik oleh ECU (Electronic Control Unit).
Begitu juga pada bodi mobil yang mengalami perkembangan. Jika dulu bumper pada bodi mobil terkesan tebal, berat dan terbuat dari baja keras. Kini bumper lebih tips, ringan dan mudah penyok. Jadi benarkan bodi mobil sekarang lebih tipis dan mudah penyok? Jawabannya, iyaa benar.
Tapi itu ada alasan yang mendasarinya, kita coba bahas sedikit disini. Baca juga : Tips membersihkan mesin mobil sendiri
Alasan pertama : Ongkos produksi
Bahan yang tipis dan terbuat dari alumunium tentu akan ringan di ongkos produksi, apalagi masyarakat kita suka dengan yang murah-murah jadi sudah pas aja. Berbeda dengan mobil-mobil eropa yang rata-rata memiliki bumper yang tebal, tapi semua itu sudah diperhitungkan. Mobil pabrikan jepang yang relatif lebih tipi bumpernya umumnya mobil-mobil ber cc rendah, sementara mobil eropa yang ber cc besar pasti memiliki bodi yang lebih oke dengan bahan serat karbon.
Bila di adu antara mobil zaman dulu dengan mobil MPV zaman sekarang, tentu mobil low MPV jaman now bakal kalah, bakal remuk dan bakalan penyok.
Alasan kedua : Teknologi tepat guna dan aman
Selain ongkos produksi yang lebih murah, juga karena terobosan teknologi terbaru. Walaupun memiliki bodi yang tipis, tapi tetap saja semua itu sudah diperhitungkan dengan keamanan pengemudi saat berkendara. 
Bodi Lebih Tipis dan Mudah Penyok
Bodi Lebih Tipis dan Mudah Penyok

Mobil dengan bodi tipis justru di klaim dapat melindungi penumpang didalam mobil dan pejalan kaki. Bila dulu pejalan kaki diserempet sedikit saja sudah pataah tulang, kini mungkin beda certia.

Belum lagi kalau dulu kap mobil yang super tebal menabrak sesuatu, bisa jadi mobil akan mental dan sangat membahayakan penumpang didalamnya atau malah kap mobil terlepas dan masuk ke kabin penumpang.
Berbeda jika bodinya tipis, bila tipis maka mobil yang mengalami tabrakan gayanya akan diserap dan bodi bagian depan cenderung ringsek dan tidak mental. Kap mobil pun di desain agar melengkung, supaya tidak masuk ke kabin
Sebagai tambahan, untuk melengkapi agar semakin aman. Mobil-mobil sekarang menggunakan engine mounting yang didesain sedemikian rupa, agar pada saat terjadi tabrakan mesin mobil mudah jatuh. Dan jatuhnya ke depan tidak ke belakang mengarah ke kabin mobil.
Dari segi keamanan lagi, mobil sekarang juga sudah dilengkapi air bag kan. Yang sewaktu terjadi kecelakaan bisa mengembang dan melindungi pengemudi dari benturan hebat.
Nah sudah tahu kan mengapa mobil jaman sekarang bodi lebih tipis dan mudah penyok? Di duduki saja sudah penyok. Baca juga : E100, Mobil Listrik dari China

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *