Begini Cara Starter Motor Yang Benar Di Pagi Hari

  • Whatsapp
Begini Cara Starter Motor Yang Benar Di Pagi Hari – Sebelum adanya elektric starter, untuk menghidupkan mesin motor masih menggunakan cara manual yaitu dengan tenaga manusia alias “diengkol”. Baru setelah elektric starter umum digunakan pada kendaraan bermotor, metode engkol mulai ditinggalkan.
Walaupun pada sepeda motor, metode engkol dengan “starter kick” ini masih ada. Tujuannya sih untuk berjaga-jaga ketika baterai atau aki kosong. Sehingga ketika elektric starter tidak kuat untuk menghidupkan motor, dapat menggunakan kick starter.
Tapi tahukah kalian jika menggunakan kick starter ini memiliki manfaat yang lebih. Terutama bagi kesehatan baterai atau aki. Mengapa?
Di pagi hari, mesin masih dalam kondisi dingin. Mesin yang masih dingin ini akan membuat mesin lebih susah untuk hidup, apalagi jika motor sudah disetting dalam campuran irit.
Begini Cara Starter Motor Yang Benar Di Pagi Hari
Begini Cara Starter Motor Yang Benar Di Pagi Hari
Sehingga untuk menghidupkan motor butuh waktu beberapa kali pencet starter, bisa dua kali, tiga kali bahkan lima kali baru hidup. Kondisi inilah yang akan membuat aki cepat rusak karena energinya berkurang banyak.
Aki akan melakukan pengisian ketika mesin itu hidup, maka ketika di pagi hari malamnya aki tidak dilakukan pengisian karena motor hidup. 
Maka dari itu, benar kata orang-orang yang mengatakan bahwa “kalau di pagi hari lebih baik motor di engkol manual”.
Dengan menggunakan kick starter di pagi hari, maka akan meringankan aki. Dan ketika mesin sudah dibuat jalan, maka sah-sah saja menggunakan elektrik startar karena aki sebelumnya sudah di isi oleh sistem pengisian pada motor.
Nah itu adalah sedikit informasi mengenai cara starter motor yang benar di pagi hari. Semoga dapat mempraktikkannya dan menularkannya ke teman atau saudara-saudara kalian yaa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *