Bagian-bagian Utama Plat Kopling (Clutch Disc) dan Fungsinya

  • Whatsapp
plat kopling clutch disc

BisaOtomotif.COM, bagian utama plat kopling (clutch disc) dan fungsinya berikut ini akan menambah wawasanmu seputar sistem kopling yang terdapat dalam kendaraan.

Salah satu Komponen utama kopling adalah plat kopling, plat kopling atau clutch disc ini sering disebut juga dengan kampas kopling.

Kampas kopling adalah komponen yang paling sering dilakukan penggantian, hal ini dikarenakan kampas kopling dapat aus dan apabila sudah aus maka dapat menyebabkan kopling selip.  

Kopling selip ini tentunya sangat merugikan bagi pengemudi, pasalnya akan membuat kendaraan tidak bertenaga selain itu juga bahan bakar lebih boros dari biasanya. plat kopling berguna untuk meneruskan tenaga mesin dari fly wheel dan plat penekan ke input shaft transmisi. Plat kopling ini biasanya terbuat dari paduan bahan asbes dan juga logam.

Baca juga : Bahaya, Ini Akibat Kampas Kopling Mobil Habis !!

Oke, sekarang kita kembali ke pembahasan utama kita yaitu tentang bagian bagian utama kopling beserta dengan fungsinya.

Bagian-bagian plat kopling

Bagian plat kopling

1. Clutch hub

Bagian plat kopling yang pertama adalah clutch hub yang memiliki fungsi sebagai tempat perkaitan unit clutch disc dengan input shaft pada transmisi. Sehingga dapat memungkinkan unit plat kopling dapat bergerak maju mundur.   

2. Disc plate

Bagian plate kopling yang kedua adalah disc plate, fungsinya adalah sebagai rangka utama dari unit clutch disc yang digunakan untuk menahan beban kerja.  

3. Torsion Dumper

Bagian plat kopling yang selanjutnya adalah torsion dumper. Torsion dumper berfungsi untuk meredam hentakan/puntiran pada saat kopling mulai menghubungkan ataupun meneruskan putaran. Torsion dumper ini juga bekerja pada saat akselerasi maupun deselerasi.  

4. Facing

Facing adalah bagian yang berfungsi untuk memperbesar gesekan, sehingga pemindahan daya mesin dapat optimal.  

5. Cushion Plate

Sekarang kita lanjut ke komponen plat kopling yang kelima adalah cushion plate. Komponen ini berguna sebagai dudukan facing dan juga memperhalus kerja kopling.  

6) Paku Keling/ Rivet

Bagian ini mempunyai fungsi untuk menyatukan kampas kopling dan cushion plate serta menyatukan cushion plate dan disc plate.

Baca juga : √ Keuntungan dan Kerugian Kopling Tipe Coil Spring

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *