Apa Akibat Jika Saat Pengapian Terlalu Maju atau Terlalu Mundur?

  • Whatsapp
Selamat datang guys di bisaotomotif.com tempat belajar otomotif terlengkap. Kali ini kita akan membahas mengenai analisa dalam sistem pengapian. Hubungannya dengan saat pengapian atau saat dimana busi memercikkan bunga api.
Saat pengapian harus tepat, misal saja pada saat idle yang umumnya saat pengapian berada di beberapa derajat sebelum TMA. Tujuannya adalah untuk mendapatkan usaha yang efektif dan torsi yang dihasilkan maksimal. Bagaimana bisa? Torsi yang dihasilkan dapat maksimal apabila tekanan puncak pembakaran berada sedikit sesudah TMA. Nah, syaratnya adalah saat pengapian harus diajukan dan berada di beberapa derajat sebelum TMA.
Saat Pengapian
Saat Pengapian

Keterangan :
1. (Za) – Pengapian pada saat yang tepat
2. (Zb) – Pengapian terlalu awal
3. (Zc) – Pengapian terlambat
Kamu bisa baca lebih lanjut dalam artikel ini : Analisa Saat Pengapian Terhadap Performa Mesin
Lalu apa akibatnya apabila saat pengapian terlalu maju atau terlalu mundur? Bingung yaa? Tenang, habis ini akan faham kok kalau kalian belajar otomotifnya ngga setengah-setengah. Pokoknya harus total guys..

Akibat Jika Saat Pengapian Terlalu Maju

Tadi udah disinggung diatas, bahwa untuk mendapatkan tekanan maksimum di beberapa derajat setelah TMA (tujuannya untuk mendapatkan hasil usaha yang efektif) maka saat pengapian harus tepat yaitu beberapa derajat sebelum TMA. Untuk itulah perlu komponen vacum advancer dan governor advancer yang berguna untuk memajukan saat pengapian.
Tapi apa jadinya apabila saat pengapian terlalu maju? Saat pengapian yang terlalu maju dapat berisiko tinggi, terutama apabila tekanan maksimumnya (ledakannya) terjadi sebelum TMA. Tentu saja akan menyebabkan detonasi/knocking yang berujung pada kerusakan komponen mesin seperti torak, connecting rod, bantalan poros engkol dll. Itu kalau sampai tiingkat parah dan fatal, bila terlalu maju sedikit tentu saja akan berpengaruh pada power mesin yang kurang oke.

Akibat Jika Saat Pengapian Terlalu Mundur

Sama saja apabila saat pengapian terlalu mundur, maka tekanan maksimum tidak akan terjadi di beberapa derajat setelah TMA yang berakibat tidak didapatkan usaha yang efektif. 
Saat pengapian yang terlalu mundur, akan membuat langkah usaha kurang maksimal, mesin tidak ada power atau tenaga, dan pastinya boros bahan bakar.
Nah itu adalah sedikit mengenai akibat jika saat pengapian terlalu maju atau terlalu mundur, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *