Alasan dan Pentingnya Tahanan Balas di Pasang di Ignition Coil

  • Whatsapp
Bisaotomotif.com – Kembali lagi kita akan membahas mengenai ignition coil, yang kali ini adalah tentang ballast resistor atau tahanan balas. Sebenarnya apa sih kegunaan dari tahanan balas ini? mengapa haru ada, kok ngga ignition coil saja tok. Ignition coil tanpa tahanan balast juga masih hidup kok.
Nah sebelumnya saya malah sudah membuat artikel mengenai fungsi ballast resistor pada ignition coil, tapi tunggu dulu.. Jangan langsung dibaca artikel itu, lebih baik kamu baca artikel ini sampai akhir baru kemudian baca artikel tersebut. 
Seperti yang kita tahu, ignition coil yang jumlahnya ada satu untuk 4 silinder atau pada sistem pengapian konvensional memiliki tahanan ballast, yang bisa dibagi menjadi dua internal ballast resistor dan external ballas resistor yang tahanannya berada di luar (external).
Mulanya, arus pada sistem pengapian tidak boleh melebihi dari 4 ampere, ketika lebih dari 4 amper dampak menyebabkan beberapa kendala seperti :
1. Platina/kontak platina cepat aus
2. Koil cepat panas yang berakibat tidak efisien dalam membangkitkan tegangan tinggi, bila melebihi batas bahkan bisa meledak.
Ballast Resistor
Ballast Resistor
Dengan alasan tersebut, maka diusahakan agar arus yang melewati koil dan platina tidak melebihi dari 4 Ampere, angka ini tentunya didapat dari riset yang telah dilakukan.
Nah, untuk menjaga agar tidak melebihi 4 amper, ditambahlah resistor atau tahanan yang akan mengurangi arus berlebihan. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa dipasang ballast resistor pada ignition coil. Baca juga : Macam-macam Ballast Resistor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *