8 Penyebab Karburator Banjir Yang Paling Sering Terjadi

  • Whatsapp
penyebab karburator banjir

Penyebab Karburator Banjir – Masalah yang paling banyak terjadi pada para pengendara yaitu karburator banjir. Mungkin, anda salah satu orang yang mengalami masalah ini ya? Karburator yang banjir membuat kendaraan menjadi sulit untuk dinyalakan. Kondisi ini mengakibatkan bensin masuk ke ruang bakar dalam jumlah yang berlebihan, bahkan dalam beberapa kasus bensin menggenang di intake manifold karena saking banyaknya.

Sebelum terjadi karburator banjir biasanya sudah ada indikasinya, indikasi yang bisa terlihat adalah menurunnya performa mesin, asap hitam dan berbau bensin serta pastinya boros bahan bakar.

Muat Lebih

Namun kebanyakan, karburator banjir terjadi karena salah dalam penyetelan pelampung, terdapat kotoran, sampaikeausan pada needle valve.

Sebelum anda melakukan penanganan, lebih baik memahami penyebab karburator banjir. Apa saja penyebabnya? Simak lebih jelasnya ada pada artikel ini.

Beberapa Penyebab Karburator Banjir

Karburator
Karburator

Cukup banyak penyebab dari terjadinya karburatot yang banjir ini. Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi:

1. Jarum Pelampung Aus

Penyebab pertama yang bisa saja terjadi yaitu jarum pelampung sudah aus. Jadi, jarum pelampung ini memiliki fungsi untuk menyumbat jalannya aliran bersin ke dalam ruang pelampung.

Ketika pelampung turun karena kuantitas bahan bakar berkurang, jarum pelampung atau needle valve ini akan turun dan membuka saluran. Dan ketika ruang pelampung terpenuhi, maka pelampung akan naik dan menutup saluran bahan bakarnya.

Apa jadinya jika needle valve ini aus? Tentu saja bahan bakar dapat mengalir setiap saat. Akibatnya, pasokan bahan bakar menjadi berlebihan yang kemudian menyebabkan karburator dalam kondisi seperti apa yang kita sebut sebagai karburator banjir.

Solusi dalam kasus ini adalah dengan mengganti jarum pelampung atau needle valve dengan yang baru.

2. Pelampung Bocor

Selanjutnya, penyebabnya bisa karena bagian dari pelampung bocor. Bagian pelampung memiliki fungsi untuk indikator serta penggerak jarum pelampung untuk bisa menutup saluran bensin. Sehingga ketika pelampung bocor maka akan membuat pelampung tidak ikut naik bersama naiknya bahan bakar, needle valve tidak mampu menutup saluran bahan bakar. Sehingga bahan bakarpun terus mengalir ke ruang pelampung.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggantinya pelampung baru, sehingga sistem pelampung dapat bekerja dengan normal.

3. Setelan Pelampung Terlalu Tinggi

Pelampung pada karburator harus dipasang dengan tepat dan benar. Fungsi dari ruang pelampung ini yaitu untuk menampung bensin serta tangki untuk bisa menjaga agar tekananan bensin tetap pada 1 atm. Cara kerjanya, dengan memanfaatkan needle vavle yang menutup atau membuka sesuai dengan posisi pelampung. Jadi, saat ruang pelampung ini bahan bakarnya masih sedikit. Menyebabkan needle valve membuka saluran dari tangki. Kemudian, membuat saluran pelampung ini terisi dengan bensin.

Sehingga, saat sistem pelampung ini tidak di setting dengan baik. Maka hanya akan membuat masalah seperti karburator menjadi banjir. Misal saja setelan pelampung terlalu tinggi, setelan seperti ini membuat needle valve akan menutup ketika pelampung sudah di level tinggi atau ketika jumlah bahan bakar melebihi batas normal. Akibatnya pun karburator menjadi banjir.

4. Spring Needle Valve Patah

Spring pada needle valve juga memiliki peranan yang sangat penting. Jika sampai hal ini patah, maka bisa menyebabkan karburator menjadi banjir. Sebenarnya, spring needle valve ini berpengaruh kepada bagian jarum pelampung. Ketika spring lemah, maka akan membuat needle valve tidak mampu menutup rapat saluran bahan bakarnya.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, maka harus dengan segera dilakukan pergantian. Pilihlah produk ang memang sesuai dengan kendaraan anda. Jangan gunakan produk yang tidak original, karena bisa membuat kualitas dari mesin ikut berpengaruh. Usahakan selalu berikan produk yang berkualitas!

5. Terdapat Kotoran pada Needle Valve

Sistem pelampung - needle valve
Needle valve pada sistem paelampung

Kotoran pada needle juga harus anda perhatikan dengan benar. Cek, apakah terdapat kotoran pada bagian needle valve? Penggunaan bensin yang tidak sesuai pada fungsinya bisa mengakibatkan terjadinya hal ini. Kotoran bisa saja masuk ke bagian jarum pelampung, dan membuat jarum kurang bekerja.

Hasilnya, akan membuat karburator menjadi kebanjiran bensin. Alangkah baiknya, anda cek terlebih dahulu apakah terdapat kotoran yang memang mudah untuk dibersihkan. Jika dirasa mudah untuk dibersihkan, maka disarankan untuk dapat membersihkannya terlebih dahulu.

Pahami lebih lanjut tentang kerja sistem pelampung.

6. Rusaknya Selang Pembuangan

Penyebab selanjutnya yang sangat perlu untuk anda perhatikan yaitu dari selang pembuangan. Selang pmebuangan memiliki peran yang sangat penting. Karena, jika selangnya rusak maka bensin tidak dapat keluar melalui selang pembuangannya. Kemudian, justru mengakibatkan naik dan keluar melalui lubang pembakaran.

Cara termudah untuk mengatasi hal ini, anda bisa melakukan pengecekan dengan benar. Pastikan, selang untuk bagian pembuangannya dalam keadaaan yang baik. Dengan begitu, dapat dipastikan bagian karburator tidak akan terjadi kebanjiran. Selalu pastikan kondisi ini dalam hal yang baik dan tepat.

7. Perakitan Karburator Tidak Benar

Jika anda mengalami masalah setelah melakukan pergantian karburator. Maka masalah yang satu ini sangat perlu untuk anda ketahui. Karena, penyebabnya bisa karena karburator yang tidak dipasang dengan tepat. Pemasangan karburator yang benar merupakan hal yang sangat utama.

Jangan sembarangan dalam melakukan pemasangan karburator. Karena, jika anda asal bisa mengakibatkan pelampung menjadi terjepit. Bahkan, banyak hal lain yang terjadi dan mengakibatkan karburator banjir. Untuk itu, selalu pastikan anda memasangnya dengan tepat. Jika anda belum paham mengenai pemasangan karburator, maka disarankan untuk bisa mengunjungi bengkel yang berkualitas.

8. Karburator Yang Rusak

Jika semua penyebab diatas tidak terjadi, terakhir mungkin anda perlu menganti karburator. Setiap komponen pada kendaraan tentu memiliki umurnya masing-masing. Terlebih, jika kendaraan anda terlalu sering digunakan maka hanya akan membuat karburator menjadi lebih mudah rusak. Cobalah terlebih dahulu melakukan pengecekan pada karburator motor anda.

Apakah sudah tidak terdapat masalah pada karburator motor anda? Jika sudah rusak, gantilah dengan yang baru. Yang berkualitas dan disarnakan sesuai dengan kesesuaikan dari kendaraan anda. Karena, dengan menyesuaikan kendaraan akan lebih nyaman dan aman saat digunakan. Serta, akan lebih tahan lama saat digunakan untuk berkendara.

Baca juga : Cara Memeriksa Pompa Akselerasi pada Karburator

Nah, itulah beberapa penyebab karburator banjir pada kendaraan anda. Bagaimana, sekarang anda sudah lebih paham bukan? Selalu pastikan, anda mengetahui penyebabnya sebelum melakukan penanganan. Karena, hal ini penting untuk memberikan penanganan masalah karburator banjir dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Pos terkait