4 Kelemahan Motor Matic Dilihat dari Segi Performa dan Konsumsi BBM

  • Whatsapp
motor matic
Gambar ilustrasi motor matic

Kelemahan Motor Matic – Kebutuhan berkendara saat ini sudah sangatlah tinggi. Hampir setiap keluarga membutuhkan sepeda motor. Harga dari motor juga cukup murah, terutama untuk motor matic. Motor matic memang menawarkan kemudahan dalam penggunaanya.

Namun, di balik itu semua terdapat juga kelemahannya. Untuk itu, anda perlu memahami dengan lengkap kelemahan motor matic.   Kendaraan motor matic bisa menjadi salah satu yang memang cocok untuk anda.

Muat Lebih

Bahkan, menjadi saingan yang cukup berarti bagi motor bebek maupun sport. Produsen sepeda motor juga gencar untuk melakukan ekspansi pasar motor matic besar-besar.

Tidak heran, jika banyak yang tertarik dengan motor matic. Sebelum membeli motor matic, anda harus tahu kelemahannya. Tertarik ingin mengetahui kelemahan motor matic? Yuk, baca lebih lengkapnya pada artikel ini.  

Beberapa Kelemahan Motor Matic

Mungkin, banyak yang beranggapan bahwa motor matic lebih baik. Mungkin, hanya belum tahu kelemahannya saja. Ini dia beberapa kelemahan dari motor matic:

Diameter Roda Kecil

Salah satu kelemahan dari motor matic yaitu memiliki diameter roda yang kecil. Ya! Kebanyakan motor matic memang di desain dengan cukup mungil. Sayangnya, hal ini justru menjadi kurang baik saat di gunakan dalam berkendara.

Bahkan, bisa sangat merugikan!   Karena, penggunaan ban kecil tidak cocok untuk kondisi jalanan yang rusak. Terlebih, jika melewati polisi tidur maka banyak dari motor matic yang tergores. Hal ini tentu menjadi bahaya motor matic jika di gunakan secara berkepanjangan.

Tetapi, saat ini sudah banyak juga produk motor matic yang memiliki desain roda cukup besar. Baca juga : Daftar Harga Oli Motor Matic dan Tips Memilihnya

Penggunaan BBM Lebih Menguras

Apakah benar BBM pada motor matic lebih menguras? Ya, terlebih jika posisi dari motor belum memiliki teknologi injection. Banyak dari motor matic lama yang masih belum menggunakan teknologi tersebut. Hasilnya, penggunaan BBM akan sangat boros.  

Hal ini sangat terasa apabila motor digunakan secara sering. Karena, motor matic dahulu belum di desain khusus untuk hal tersebut. Mungkin, untuk sekarang sudah cukup banyak motor matic yang menggunakan teknologi fuel inejction. Meskipun begitu, dirasa masih belum cukup kuat untuk menyaingi penggunaan yang lebih irit dari motor bebek.  

Suspensi Belakang Rentan Rusak

Mengapa hal ini dapat terjadi? Tentu bisa saja terjadi secara rutin. Karena, memang banyak dari motor matic yang hanya menggunakan 1 suspensi belakang saja. Jadi, sangat tidak cocok untuk penggunaan yang berat-berat.

Berbeda dengan motor bebek yang menggunakan dua suspensi belakang.   Sangat rentan rusak suspensi belakang ini. Terlebih, jika di gunakan untuk berpergian jauh dengan medan yang buruk.

Maka, sangat perlu untuk waspada dalam setiap jalan yang di lalui. Jangan sampai, medan rusak membuat motor anda terkendala di jalanan. Tentu, sangat menyedihkan bukan?  

Perawatan Rutin Dan Mahal

Perawatan dari motor matic memang tidaklah murah. Justru, cukup mahal dan harus di lakukan secara rutin. Seperti untuk pergantian dari oli dan CVT serta roller. Karena, untuk pengecekannya memang rumit maka di butuhkan biaya yang besar.

Baca juga : Mengapa motor matic tidak perlu memasukkan gigi presneling?

Karena itu, untuk motor matic juga harus di lakukan secara rutin. Tentunya, anda tidak bisa melihat scara langsung di bagian dalam. Jika anda membongkarnya sendiri, mungkin saja bisa. Namun, akan sulit untuk memasangnya.

Untuk itu, serahkan kepada bengkel yang memang sudah anda percaya. Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai kelemahan motor matic. Jadi, apakah anda tetap ingin membelinya? Semuanya tergantung keputusan anda. Terpenting, artikel ini bisa di jadikan sebagai bahan referensi. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *