9 Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet dan Tidak Mudah Soak

Tips Merawat Aki Mobil - Aki merupakan salah satu bagian dalam kendaraan yang penting motor maupun mobil. Fungsi aki sendiri untuk menyalurkan daya listrik ke bagian yang lain seperti starter, lampu, dan bagian lain. Hanya saja, sebagian orang hampir tidak pernah mengecek aki kendaraannya. Tips merawat aki mobil sangat diperlukan agar awet dan bisa bertahan lama walaupun jarang dipakai. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja cara merawat aki mobil yang jarang dipakai.

Fungsi lain dari aki adalah sebagai sumber listrik untuk sistem kelistrikan yang ada pada mobil ketika mesin sedang mati. Jika mesin akan dihidupkan kembali, maka aki sepenuhnya sudah di gantungan dengan charging system yang ada pada mobil. Bagi Anda yang kurang merawat aki mobil, maka bisa berdampak pada usia aki. Cara merawat aki mobil tidak jauh berbeda dengan cara merawat aki motor.

Pada kendaraan baik itu mobil atau motor, umumnya menggunakan aki sebagai sumber energi untuk melakukan starter pada saat ingin menghidupkan mesin. Selain sebagai sumber energi ketika menghidupkan mesin pertama kali, aki juga berfungsi sebagai sumber listrik bagi sistem kelistrikan pada mobil ketika mesin mobil mati. Karena apabila mesin sudah hidup, peran aki sepenuhnya sudah digantikan oleh charging system.

Mengingat fungsi aki yang sangat penting bagi kendaraan, maka perlu dilakukan perawatan. Kurangnya perawatan pada aki mobil, akan berdampak pada usia pakai aki tersebut. Semakin dirawat maka semakin awet aki tersebut.

Salah satu gejala aki mobil sudah perlu ganti adalah sering tekor, dan sulit untuk menghidupkan mesin. Pada motor pun demikian, jika motor sudah sulit starter mungkin itu gejala aki perlu diganti atau dirawat.

Terkadang kurang perawatan pada aki juga membuat mobil dan motor kurang starter, seperti elektrolit aki habis, terminal kendor, kotor, berjamur dll. Nah kalau sudah dirawat, biasanya aki akan di charge sebelum digunakan. Dan aki akan kembali normal. Ini bisa dilakukan apabila aki mobil/motor masih dalam  kondisi yang baik, bila karena faktor usia mungkin sangat sulit untuk mendapatkan kinerja aki yang baik.

Tips Merawat Aki Mobil Agar Tahan Lama

tips merawat aki mobil
tips merawat aki mobil
Aki mobil merupakan salah satu komponen paling penting dalam mobil. Fungsi utamanya yaitu untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Ketika aki tidak berfungsi dengan baik, maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil menjadi terganggu. Maka dari itu jangan biarkan perlu diketahui cara merawat aki mobil agar kondisi tetap prima dan tidak cepat tekor. Berikut tips yang bisa digunakan:

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin
Hal ini merupakan langkah yang harus selalu dilakukan secara rutin, yaitu memeriksa apakah ada keretakan pada bagian bodi aki, karat di terminal, dan pastikan tidak ada kabel mengelupas. Jika ditemukan, maka segera bersihkan karat, dan tutup bagian kabel yang mengelupas tersebut. Karat pada terminal bisa mengakibatkan beban tahanan menjadi lebih besar. Hasilnya, tegangan aki akan menjadi berkurang. Oleh sebab itu, lindungi terminal aki dengan penutup dari karet.

Aki Mobil
Aki Mobil
Apabila aki jarang diganti, maka bisa mengalami soak dan mesin mobil tidak bisa menyala. Anda bisa mengetahui kondisi aki dengan alat khusus bernama battery load tester. Indikator alat tersebut akan menunjukkan besaran daya yang masih dimiliki aki. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan cek cairan elektrolit di dalamnya. Namun, cara ini hanya berlaku apabila masih menggunakan jenis aki basah untuk mobil. Lalu, jika cairan sudah berada di bawah batas normal, isilah ulang aki. Baca juga : Cara Mengukur Berat Jenis Elektrolit Aki

2. Pastikan Air Aki Sesuai Dengan Ukuran

Air aki atau accu zuur?
Air aki atau accu zuur?
Cairan elektrolit aki menjadi bagian penting dalam aki. Cairan tersebut yang bertujuan untuk menghantarkan arus listrik. Berkurangnya cairan bisa disebabkan oleh penguapan karena hawa panas dari mesin. Air aki mobil juga bisa berkurang karena adanya kerusakkan. Maka dari itu, lakukan pengisian ulang air aki jika sudah muncul tanda-tanda tersebut. Ingat jangan salah mengisi dengan accu zuur ya !!. Baca juga : Perbedaan Air Aki dan Accu Zuur

3. Periksalah Terminal Aki
Pastikan terminal aki tidak berkarat, tidak berjamur, dan longgar. Apabila aki mobil sudah mengalami jamuran dan berkarat, maka bersihkan dengan air panas. Jamur akan lebih mudah hilang jika disiram dengan air panas. Apabila terminal aki mengalami kelonggaran, maka kencangkan terminal aki terlebih dahulu.  Jika sudah tidak memungkinkan untuk dikencangkan, maka Anda bisa menggantinya dengan terminal aki yang baru.

4. Panaskan Mobil Secara Teratur
Apabila Anda jarang menggunakan mobil untuk bepergian, maka Anda tetap harus memanaskan mobil setiap hari untuk merawat aki mobil. Aki mobil akan mengalami self discharge karena kapasitas aki akan berkurang walau mobil tidak digunakan. Hal ini yang menjadi alasan mengapa kendaraan yang didiamkan lama, aki bisa mengalami kerusakan dan tidak kuat untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Ketika memanaskan kendaraan, lakukan selama 15 menit hingga 20 menit setiap hari. Akan tetapi, jika mobil digunakan setiap hari maka proses memanaskannya tidak perlu sampai 20 menit sebelum digunakan. Maksud dari memanaskan mobil ini untuk menjaga arus listrik pada aki agar terus terisi oleh alternator. Dengan itu, maka kondisi aki menjadi tetap stabil. Hasilnya yaitu aki akan awet dan performanya tetap bagus.

5. Matikan Semua Elektronik Sebelum Mematikan Mobil
Nah, hal ini menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya Anda mematikan semua perangkat pada mobil yang menggunakan arus listrik. Maksudnya yaitu agar ketika kembali mobil dihidupkan, maka arus listrik dari aki terfokus pada starter mesin saja. Langkah ini bisa membuat aki menjadi lebih awet dan performanya terjaga.

6. Pastikan Ketersediaan Listrik Dalam Aki
Menjaga suplai listrik pada aki merupakan salah satu cara terbaik merawat aki mobil. Ketika Anda sudah merasa mobil mulai sulit dinyalakan, maka bisa jadi cadangan listrik dalam aki mobil sudah mulai menipis. Jika menemukan hal tersebut, maka cara terbaik adalah dengan mengisi ulang cadangan listrik mobil.

7. Lepaslah Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan
Ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama, maka sebaiknya Anda melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Tujuan dari dilakukannya pelepasan kabel aki mobil adalah untuk menghindari aliran listrik yang mengalir secara terus-menerus. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka aki mobil bisa tekor atau soak.

8. Pilih Aki Kering Berkualitas
Aki kering berkualitas
Aki kering berkualitas
Pilihlah aki kering untuk digunakan pada mobil kesayangan Anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan mengemudi. Ketika Anda salah dalam memilih model aki, maka akan merusak komponen mobil yang lainnya. Mengapa demikian? Alasannya yaitu karena aki mobil memiliki hubungan yang erat dengan kelistrikan mobil. Apabila suplai listrik ke komponen-komponen lain terganggu, maka komponen tersebut akan cepat rusak dan bermasalah. Baca juga : Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah.

9. Cek dan Amati Sistem Pengisian
Energi yang ada pada aki mobil akan terisi secara otomatis ketika mobil dinyalakan. Apabila Anda sering menggunakan mobil dan tiba-tiba energi yang ada pada aki cepat habis, bisa jadi disebabkan oleh sistem pengisiannya yang bermasalah. Penyebab umum yang sering terjadi karena penambahan aksesoris mobil yang mengakibatkan penggunaan energi lebih besar dari energi yang di support oleh aki. Maka dari itu, cek sistem pengisian aki mobil setiap Anda akan berkendara.

Cara mudah mengecek pengisian aki mobil adalah dengan melihat indikator baterai yang terdapat pada dashboard mobil. Apabila mesin mobil hidup dan lampu indikator baterai ikut menyala, maka pengisiannya tidak berjalan dengan baik. Terdapat cara lain untuk mengecek arus pengisian pada aki mobil, yaitu dengan melepaskan terminal kutub negatif aki saat kondisi mesin hidup. Jika mesin tiba-tiba mati, berarti ada masalah pada sistem pengisian.


Tips merawat aki mobil di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah, pesan dari kami adalah jika Anda adalah orang yang cerdas pasti akan tergerak untuk merawat aki. Anda juga harus mengetahui usia aki mobil untuk mengetahui kapan waktunya ganti aki. Tiap aki mobil bisa bertahan selama 3 hingga 5 tahun pemakaian. Pada aki bawaan mobil, biasanya dealer resmi akan memberikan garansi 2 tahun atau 50.000 km. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet dan Tidak Mudah Soak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel