Sejarah Singkat Mesin Pembakaran Dalam + Sejarah Mesin 4 Langkah

Sejarah Singkat Mesin Pembakaran Dalam + Sejarah Mesin 4 Langkah - Mesin mobil yang sering kita temui atau lihat di mobil-mobil itu dulunya tidak sekompak itu, awal mula berkembangnya mesin adalah ditemukannya mesin pembakaran dalam (internal combustion chamber). Mesin ini menggunakan bahan bakar sebagai sumber penghasil tenaga untuk menggerakkan piston di dalam mobil.

Berbagai bahan seperti hidrogen dan oksigen pernah dicoba untuk menciptakan tenaga didalam ruang bakar, bahkan seorang ilmuwan dari Belanda pernah merancang mesin dengan berbahan bakar bubuk mesiu, sebuah bubuk yang digunakan sebagai bahan peledak.
 
Beberapa sejarawan menganggap, cikal bakal mesin berbakar bensin ditemukan oleh seorang insinyur amerika Siegfried Marcus yang membangun mesin satu silinder dengan karburator. Walaupun demikian di beberapa buku-buku sejarah juga disebutkan bahwa yang menemukan mesin berbahan bensin pertama adalah Gottlieb Daimler, ada juga yang mengatakan Karl Benz lah yang pertama kalinya.

Karlz Benz dikenal sebagai pencipta mesin berbahan bakan bensin. Sementara Gottlie Daimler (1885) juga dikenal sebagai seorang ilmuwan yang merancang mesin berbahan bakar bensin dan disuplay melalui karburator. Kedua tokoh ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan mesin pembakaran dalam. Jadi siapa nih yang menemukan mesin berbahan bakar bensin pertama kali??

Sejarah Singkat Mesin Pembakaran Dalam dan Mesin 4 Silinder 4 Tak


Berikut adalah sejarah singkat mesin otomotif dari tahun 1680 sampai ditemukannya mesin 4 silinder 4 tak. Sejarah mesin otomotif ini dikhususkan pada internal combustion chamber (mesin pembakaran dalam).

 Sejarah Mesin 4 Langkah
 Sejarah Mesin 4 Langkah

1680 - Christian Huygens seorang Fisikawan Belanda merancang (tetapi tidak pernah membangun) mesin pembakaran internal yang akan diisi dengan bubuk mesiu.

1807 - Francois Isaac de Rivaz dari Swiss menemukan mesin pembakaran internal yang menggunakan campuran hidrogen dan oksigen untuk bahan bakar. Rivaz merancang mobil untuk mesinnya - mobil bertenaga pembakaran internal pertama. Namun, desainnya sangat gagal.

1824 - Insinyur Inggris, Samuel Brown mengadaptasi mesin uap Newcomen lama untuk membakar gas, dan ia menggunakannya untuk menyalakan kendaraan di Bukit Shooter's di London, mesin berhasil hidup namun sebentar..

1858 - Jean JosephÉtienne Lenoir menemukan dan mematenkan (1860) sebuah mesin pembakaran internal beraksi percikan api bertenaga ganda yang didorong oleh gas batubara. Pada tahun 1863, Lenoir memasang mesin yang ditingkatkan (menggunakan minyak bumi dan karburator primitif) ke gerobak roda tiga yang berhasil menyelesaikan perjalanan bersejarah sejauh lima puluh mil.

1862 - Alphonse Beau de Rochas, seorang insinyur sipil Prancis, mematenkan tetapi tidak membangun mesin empat langkah (paten Prancis # 52.593, 16 Januari 1862).

1864 - Insinyur Austria, Siegfried Marcus, membangun mesin satu silinder dengan karburator mentah, dan menempelkan mesinnya ke gerobak untuk penggerak 500 kaki berbatu. Beberapa tahun kemudian, Marcus mendesain sebuah kendaraan yang mampu melaju dengan kecepatan 10 mph yang oleh beberapa sejarawan dianggap sebagai cikal bakal mobil modern dengan menjadi kendaraan bertenaga bensin pertama di dunia.

1873 - George Brayton, seorang insinyur Amerika, mengembangkan mesin minyak tanah dua langkah yang tidak berhasil (mesin yang dibangun oleh George menggunakan dua silinder pompa eksternal). Namun, itu dianggap sebagai mesin oli pertama yang aman dan praktis.

1866 - Insinyur Jerman, Eugen Langen dan Nikolaus August Otto memperbaiki desain Lenoir dan de Rochas dan menciptakan mesin gas yang lebih efisien. 

1876 - Nikolaus August Otto menemukan dan kemudian mematenkan mesin empat langkah yang sukses, yang dikenal sebagai "Otto cycle". Inilah sosok seorang ilmuwan yang mesin hasil desainnya digunakan pada kendaraan-kendaraan sekarang (mesin 4 langkah). Bahkan namanya sering dikaitkan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mesin-mesin kendaraan yaitu Otomotif.

1876 ​​- Mesin dua-tak pertama yang berhasil ditemukan oleh Sir Dougald Clerk. Engineer.

1883 - Edouard Delamare-Debouteville seorang Insinyur dari prancis membangun mesin yang tenaganya diperoleh dari gas kompor. Tidak pasti apakah ia benar-benar membangun mobil, namun, desain Delamare-Debouteville sangat maju untuk saat itu - di depan Daimler dan Benz dalam beberapa hal setidaknya di atas kertas.

1885 - Gottlieb Daimler menemukan apa yang sering dikenal sebagai prototipe mesin gas modern - dengan silinder vertikal, dan dengan bensin yang disuntikkan melalui karburator (dipatenkan pada tahun 1887). Daimler pertama kali membangun kendaraan roda dua "Reitwagen" (Riding Carriage) dengan mesin ini dan setahun kemudian membangun kendaraan bermotor roda empat pertama di dunia.

1886 - Karl Benz menerima paten pertama pada 29 Januari (DRP No. 37435) untuk mobil berbahan bakar gas.

1889 - Daimler membangun mesin empat langkah yang disempurnakan dengan katup berbentuk jamur dan dua silinder miring V.

1890 - Wilhelm Maybach membangun mesin empat-silinder pertama dengan siklus 4 langkah.
 

Sejarah Penting dari Nicolaus Otto Penemu "Otto Cycle Engine"

Nicolaus Otto
Nicolaus Otto
Salah satu peristiwa penting dalam sejarah perkembangan mesin pembakaran dalam adalah mesin yang ditemukan oleh Nicolaus Otto pada tahun 1876, mesin tersebut kemudian ia beri nama "Otto Cycle Engine" yang segera setelah itu ia membuatnya menjadi sebuah sepeda yang bertenaga motor/mesin.

Dalam segi history of engine, otto sangat signifikan dalam memberikan kontribusinya menciptakan mesin, konsepnya tentang mesin empat langkah diadopsi secara universal untuk mesin-mesin setelahnya yang kemudian juga dikembangkan dan disempurnakan oleh ilmuwan setelahnya.

Nicolaus Otto merupakan seorang ilmuwan Jerman yang lahir pada 14 Juni 1832 di Holzhausen, Jerman. Awalnya ia adalah seorang penjual keliling yang menjual teh, kopi dan gula.

Ia kemudian berminat untuk mengembangkan teknologi baru dengan mengembangkan mesin empat langkah karena terinspirasi dari mesin 2 tak yang dikembangkan oleh Lenoir. Ia kemudian bersama dengan Eugen Langen memulai membangun perusahaan manufaktur mesin pertama di Dunia.

Singkat cerita, pada Mei 1876, Nicolaus Otto membangun mesin pembakaran dalam dengan siklus 4 langkah yang kemudian terus ia kembangkan hingga pada tahun 1884 ia menemukan sistem pengapian magneto pertama untuk pengapian bertegangan rendah.

Paten Otto dibatalkan pada tahun 1886 demi paten yang diberikan kepada Alphonse Beau de Roaches untuk mesin empat langkahnya. Namun, Otto membangun mesin yang berfungsi sementara desain Roaches tetap di atas kertas. Pada 23 Oktober 1877, paten lain untuk mesin motor gas dikeluarkan untuk Nicolaus Otto, dan Francis dan William Crossle


Sumber : Terjemahan dari dokumen yang di download di : http://academica-e.unavarra.es/bitstream/handle/2454/3885/577521.pdf?sequence=4.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat Mesin Pembakaran Dalam + Sejarah Mesin 4 Langkah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel