Rem Blong Jadi Penyebab Kecelakaan, Ini Tanda Tanda Akan Terjadi Rem Blong

Rem Blong menjadi momok tersendiri bagi para sopir, khususnya sopir kendaraan-kendaraan besar seperti truck dan bus. Apalagi kemarin baru terjadi musibah kecelakaan di tol Cipularang KM 91 yang melibatkan banyak kendaraan. Kecelakaan beruntun itu diduga kuat karena rem blong dan kelebihan muatan.

Kendaraan yang kelebihan muatan tentu akan memberatkan kinerja rem, semakin berat kendaraan maka kinerja rem akan semakin berat bahkan beresiko rem tidak mampu memperlambat kendaraan sebagai mana mestinya. Tentunya ini sangat berbahaya dan bisa berujung pada kecelakaan mengerikan.

Selain karena kelebihan muatan, bisa juga karena remnya yang tidak bekerja maksimal mungkin saja karena kampas remnya aus, adanya udara dalam system, atau master cylinder yang sudah aus. Beberapa masalah pada rem di atas, jika tidak segera diatasi bisa sangat-sangat berbahaya karena dapat menyebabkan rem blong. Baca lebih lanjut : 6 Penyebab utama rem mobil blong

Tidak berfungsinya rem atau rem blong sebenarnya bisa dicegah, bahkan tanda-tandanya bisa diketahui asalkan kita peduli dan rajin melakukan pemeriksaan rutin.

Beberapa tanda-tanda rem blong agar bisa dicegah adalah sebagai berikut : 
Rem Blong
Rem Blong

1. Kurang pakem dan bunyi
Jika biasanya rem itu pakem, terus tiba-tiba tidak pakem bisa jadi karena ada masalah pada sistem remnya. Kemungkinan besar karena kampas remnya habis, piston macet, adanya kebocoran atau master silinder yang bermasalah.

2. Rem Ngocok
Jika untuk mengerem harus beberapa kali injakan, itu berarti rem ngocok. Sebabnya karena kampas rem sudah menipis, sehingga perlu beberapa injakan untuk memajukan piston mendorong kampas rem. Selain itu masalah pada master cylinder juga bisa menjadi penyebabnya. Rem yang ngocok seringkali dianggap sepele, padahal rem ngocok jika terus dibiarkan bisa berkembang menjadi rem blong.

Untuk itulah jika terjadi ketidaknormalan pada sistem rem sebaiknya langsung diperiksa dan diperbaiki, akan lebih baik lagi jika dilakukan pemeriksaan dan perawatan rutin seperti pembersihan, pengecekan dan penggantian komponen jika diperlukan.

Belum ada Komentar untuk "Rem Blong Jadi Penyebab Kecelakaan, Ini Tanda Tanda Akan Terjadi Rem Blong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel