Mengapa Mobil Bisa Terbakar Saat Kecelakaan?

Kecelakaan beberapa waktu yang lalu menyebabkan beberapa mobil hangus terbakar, hanya tersisa rangka-rangka kendaraan saja. Mobil yang terlibat kecelakaan dahsyat memang berisiko terjadi kebakaran, hal ini terutama disebabkan oleh sistem bahan bakar yang bocor.

Selain sistem bahan bakar yang bocor, adanya konsleting dalam kelistrikan juga menjadi penyebab utama terjadinya kebocoran. Konsleting bisa terjadi akibat arus positif bertemu langsung dengan arus negatif, sebagai contoh langsung pada baterai. 

Mobil terbakar karena kecelakaan
Mobil terbakar karena kecelakaan
Ketika terjadi kecelakaan, bisa jadi ada bagian body yang bersentuhan dengan terminal positif baterai, atau terminal yang terdapat pada motor starter. sistem pengisian atau komponen yang lain.

Konsleting yang terjadi akan menimbulkan percikan bunga api, bahkan jika fatal dan terjadi langsung pada baterai bisa menimbulkan ledakan. Percikan bunga api akan membesar bila terjadi kebocoran sistem bahan bakar, kebocoran yang terjadipun tidak melulu pada tangki saja, tetapi bisa di pipa penyalur bahan bakar.

Satu titik pipa yang bengkok atau patah saja bisa berisiko terjadinya kebakaran, apalagi jika kecelakaannya cukup parah yang menyebabkan kebocoran bahan bakar dalam jumlah banyak dan disertai dengan konsleting. Duarrrr..

Tanpa terjadi dua hal tersebut maka kemungkinan mobil terbakar kecil, pencegahan agar tidak terjadi kebakaran tentunya adalah dengan memberikan perlindungan pada terminal positif baterai. Jangan sampai kita menghilangkan pelindung pada terminal tersebut.

Serta yang paling utama adalah lebih berhati-hati ketika berkendara sehingga kita bersama penumpang dapat selamat santosa sampai di tujuan.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Mobil Bisa Terbakar Saat Kecelakaan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel