Komponen-Komponen Rem Tromol dan Fungsinya, Lengkap !

Rem tromol merupakan salah satu jenis rem yang paling banyak digunakan pada kendaraan, terutama untuk roda belakang pada kendaraan penumpang. Mobil-mobil seperti avanza, xenia, ertiga dan mobil jenis MPV lainnya rata-rata memiliki roda belakang dengan sistem rem tromol. Sementara roda bagian depannya biasanya sudah menggunakan rem cakram.

Baik rem tromol maupun rem cakram masing-masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri, kedua-duanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memperlambat dan mengurangi kecepatan kendaraan. Sementara itu pada rem belakang yang menggunakan rem tromol, umumnya dilengkapi juga dengan rem tangan / rem parkir yang menjadi satu konstruksi.

Pada rem tromol, gaya pengereman diperoleh dari sepatu rem (brake shoes) yang menekan/bergesekan dengan permukaan tromol bagian dalam yang berputar bersama-sama dengan roda.

Dengan adanya gesekan/tekanan itu, maka tromol yang juga berputar bersama roda akan berkurang kecepatannya. Gaya pengereman pada rem tromol dikenal ada istilah "self energizing action".

Self Energizing Action yang besar terjadi pada leading shoe (primer) yang menekan kearah yang sesuai dengan putaran mesin, sepatu rem akan cenderung melengket pada tromol. 

Self energizing action pada rem tromol
Self energizing action pada rem tromol
Sebaliknya, ketika roda berputar mundur maka sepatu rem yang satunya yang memiliki self -energizing action. Ini tentunya terjadi pada rem tromol dengan wheel cylinder yang menjadi satu di sisi atas seperti pada gambar.

Dibeberapa kontruksi, ada wheell cylinder yang terpisah di sisi kanan dan kiri. Sehingga menghasilkan self energizing action yang besar di kedua sepatu rem.

Komponen-Komponen Rem Tromol

Komponen-komponen Rem Tromol
Komponen-komponen Rem Tromol
Selain sepatu rem (brake shoe) dan tromol itu sendiri, masih terdapat beberapa komponen utama rem tromol yaitu sebagai berikut : 

1. Backing Plate
Backing plate pada rem tromol
Backing plate pada rem tromol
Backing plate merupakan plat yang menjadi dudukan untuk komponen-komponen rem tromol seperti brake shoe, wheel cylinder dan pegas-pegas. Backing plate ini dibaut pada axle housing / axle carrier bagian belakang.

2. Silinder Roda (Wheel Cylinder)
Silinder roda berfungsi untuk menekan sepatu rem setelah menerima tekanan hidraulis dari master silinder. Dalam silinder roda terdapat piston, piston inilah yang akan menerima tekanan hidraulis kemudian menekan sepatu rem. Berikut adalah komponen-komponen wheel cylinder pada rem tromol : 
silinder-roda
2. Silinder Roda (Wheel Cylinder)
Jumlah silinder roda setiap roda ada yang satu dan ada yang dua, tergantung dari tipe rem tromol yang digunakan. Ada yang satu silinder roda terdapat dua piston untuk menggerakkan kedua sepatu rem, ada juga satu silinder roda terdapat satu piston untuk menggerakkan satu sepatu rem.

Ketika tekanan hidraulis dari master silinder sampai ke wheel cylinder maka akan menekan piston cup, piston akan menekan kearah sepatu rem sehingga terjadi pengeram. Ketika tidak terjadi pengereman, piston akan kembali ke posisi semula akibat adanya kekuatan pegas pembali sepatu rem dan pegas kompresi yang mengkerut.

Di dalam silinder juga terdapat bleeder plug yang berfungsi untuk membuang udara dari minya rem (bleeding).
 
Penyetel sepatu rem
Penyetel sepatu rem
Di beberapa tipe, wheel cylinder juga dilengkapi dengan penyetel tinggi sepatu rem atau penyetel jarak antara kampas rem dengan tromol rem bagian dalam. Lihat gambar di atas !!

3. Sepatu Rem (Brake Shoe) dan Kanvas Rem

3. Sepatu rem (brake shoe)
3. Sepatu rem (brake shoe)
Sepatu rem berfungsi untuk menerima tekanan dari piston silinder roda, dan menggesekkan kampas rem ke tromol bagian dalam agar diperoleh gaya pengereman (memperlambat putara roda).

Sepatu rem ini berbentuk setengah linkaran, dengan jumlah dua buah setiap rodanya. Umumnya terbuat dari pelat baja yang kuat, dibagian atas/terluarnya dipasangi kampas rem dengan cara dikeling atau dilem.

Kampas rem dibuat dari bahan khusus yang mampu tahan terhadap aus dan memiliki koefisien gesek yang tinggi sehingga efektif untuk menghasilkan gaya pengereman yang baik. Kampas rem memiliki ketebalan tertentu, yang lama kelamaan akan mengalami keuasan seiring lamanya penggunaan. Untuk itulah setiap servis rem, komponen ini wajib untuk di cek/diperiksa. Baca juga : Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Aus

4. Tromol Rem (Bake Drum)
Tromol rem
Tromol rem
Tromol rem merupakan bagian yang berputar bersama-sama dengan roda, bagian dalamnya akan bergesekan dengan kampas rem ketika dilakukan pengereman. 

Tromol rem terbuat dari bahan besi tuang (gray cast iron), bahannya yang keras membuatnya tahan terhadap gesekan dengan kampas rem, sehingga yang lebih cepat aus adalah kampas remnya bukan tromol remnya.

Ketika bekerja, panas pada tromol rem ini dapat mencapai 200 - 300 derajat celcius.  

Komponen-komponen Rem Tromol Secara Detail

Ke-empat komponen di atas adalah komponen rem tromol secara garis besar, selain ke-empat komponen di atas terdapat komponen rem tromol secara lebih mendetail yaitu sebagai berikut : 
Komponen rem tromol secara detail
Komponen rem tromol secara detail


5. Pegas Pengembali (Shoe Return Spring)
Berfungsi untuk mengembalikan kampas rem ke posisi semula setelah dilakukan pengereman. Dalam satu sistem rem tromol terdapat 2 - 3 pegas pengembali, posisinya pun beragam tergantung dari tipe dari rem tromol tersebut.

6. Brake Shoe Holder
Berfungsi untuk menahan sepatu rem agar menempel pada backing plate, brake shoe holder ini terdiri dari pin, holdownd spring and retainers dan plate lingkaran kecil..

7. Adjuster Screw Assembly
Berfungsi untuk menyetel tinggi sepatu rem / mengatur jarak sepatu rem dengan tromol rem.

8. Park Brake Lever
Tuas rem parkir untuk menekan sepatu rem ketika rem parkir diaktifkan.

9. Kabel Rem Parkir
Fungsi utama kabel rem parkir adalah untuk menghubungkan gerakan tuas rem parkir dengan parking brake lever yang ada pada rem.

Itu adalah beberapa komponen utama rem tromol yang disertai dengan fungsinya, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.

Sumber referensi : New Step 1 Toyota

Belum ada Komentar untuk "Komponen-Komponen Rem Tromol dan Fungsinya, Lengkap !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel