Keuntungan dan Kerugian Kopling Tipe Coil Spring

Keuntungan dan kerugian kopling dengan clutch cover tipe coil spring dapat dilihat dari segi karakteristiknya dan kontruksinya yang kuat. Tutup kopling tipe coil spring memiliki plat penekanan yang lebih kuat, sehingga akan mengurangi risiko terjadinya selip. Maka dari itu jenis tutup kopling tipe ini lebih banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan besar.

Untuk memahami tentang keuntungan dan kerugian tutup kopling tipe coil spring ini, harus paham dulu tentang fungsi tutup kopling dan komponennya.

Tutup kopling (clutch cover) merupakan bagian yang dipasang pada fly wheel dan menutupi kopling, tutup kopling akan berputar bersamaan dengan fly wheel (dalam hal ini putaran mesin).

Tutup kopling tipe coil spring
Tutup kopling tipe coil spring

Di dalam kopling terdapat plat penekan yang berfungsi untuk menekan/menjepit plat kopling sehingga mesin, kopling dan transmisi dapat berputar bersama-sama, dengan kata lain terjadi perpindahan putara dari mesin ke transmisi

Plal penekan ini ada dua macam yang sering digunakan pada kopling, yaitu dengan pegas diafragma dan pegas coil spring. Kedua-duanya memiliki karakteristik masing-masing. Baca juga : Komponen-komponen utama kopling.

Pegas diafragma memiliki penekanan yang merata dan penekanan dengan pedal relatif lebih ringan sehingga banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan kecil/penumpang.

Sementara pada pegas coil memiliki penekanan yang sangat kuat, namun imbasnya tekanan pada pedal kopling lebih berat. Penekanan yang sangat kuat pada tutup kopling tipe coil spring ini dimanfaatkan dan dipakai pada kendaraan-kendaraan besar seperti truck. bus dan sejenisnya. 

Mengapa kendaraan-kendaraan besar menggunakan kopling tipe coil spring? Kendaraan-kendaraan besar tentu saja memiliki beban yang sangat berat, tentu saja kerja kopling dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi juga semakin berat untuk itulah diperlukan penekanan yang sangat kuat agar tidak mudah terjadi selip. 

Sekarang sudah sedikit ada gambaran kan tentang clutch cover tipe coil spring ini, nah sekarang saatnya menjawab pertanyaan yang sering diajukan ke saya yaitu : 
  1. Sebutkan keuntungan dan kerugian kopling tipe coil spring !
  2. Sebutkan keuntungan dan kelebihan clutch cover tipe coil sprin !
Tenang-tenang, bisaotomotif.com akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas yang pada intinya sama. 

Keuntungan dan Kelebihan Clutch Cover Tipe Coil Spring

  1. Penekanan oleh plat penekan lebih kuat, sehingga mengurangi risiko terjadinya selip.
  2. Cocok digunakan untuk kendaraan-kendaraan menengah dan berat yang mengutamakan kekuatan dan bekerja di kecepatan lambat..
  3. Kerjanya cepat/spontan

Kerugian dan Kelemahan Clutch Cover Tipe Coil Spring

  1. Penekanan kopling lebih berat (injakan di pedal kopling berat).
  2. Penekanan pada plat penekanan kurang merata.
  3. Terpengaruh oleh gaya sentrifugal pada kecepatan tinggi.
  4. Komponennya lebih banyak.
Karena kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kopling tipe coil spring ini, maka jenis ini sering dipakai pada kendaraan menengah, besar dan berat yang lebih mengutamakan kekuatan daripada kecepatan, mengingat kendaraan-kendaraan angkutan biasanya bekerja pada kecepatan lambat.

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian Kopling Tipe Coil Spring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel