Pengertian Engine Overhaul (OH) Dalam Dunia Bengkel dan Penyebab Mesin di Overhaul

Kalau kalian anak mesin atau teknik kendaraan ringan pasti udah familier nih dengan yang namanya Engine Overhaul, sebuah istilah terkait dengan pembongkaran sebuah mesin. Emm mungkin lebih tepatnya turun mesin, jadi mobil yang mesin diturunkan untuk dibongkar dan diperbaiki maka dapat disebut juga OH mesin.

Seringkali kali kita itu tahu maksud dari sebuah istilah, namun kita tidak mampu untuk menjelaskannya. Yaa seperti Overhaul ini, kita tahu bahwa maksudnya adalah turun mesin, tapi secara istilah yang lebih rinci kita kurang mengetahui, ya kan?

Apa itu Engine Overhaul?

Overhaul merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris, memiliki arti pemeriksaan yang sangat teliti. Sedangkan jika didefinisikan secara istilah engine over haul adalah kegiatan pembongkaran komponen mesin, yang kemudian diperiksa dengan sangat teliti agar diperolah data-data yang valid, sehingga langkah perbaikan selanjutnya dapat tepat dan masalah teratasi.

Selain engine overhaul, istilah overhaul juga digunakan pada pembongkaran lainnya seperti OH Rem, OH Kopling, OH Transmisi dan lain sebagainya.

Engine overhaul memang sering disebut sebagai turun mesin, biasanya mesin di OH karena terjadi masalah yang serius pada komponen penting di dalam mesin. Seperti masalah pada kepala silinder, pada piston, pada poros engkol, bantalan poros engkol maupun karena dinding silinder yang aus.
 
Overhaul mesin
Overhaul mesin

Sebelumnya bisaotomotif.com juga sudah share mengenai 4 penyebab utama mobil turun mesin, berikut adalah sebagian isinya.

Penyebab Utama Mobil di Overhaul

1. Overheating
Pernahkah mobil anda mogok? Jika iya apa penyebabnya? bensin habis? busi mati? atau yang lain?. Salah satu penyebab mobil mogok adalah over heating, dan akan menimbulkan beberapa kerusakan seperti kepala silinder melengkung yang akan membuat oli dapat bercampur dengan air sehingga perlu dilakukan perbaikan. Perbaikannya meliputi pelepasan kepala silinder dan diratakan, jadi tidak total semua dibongkar, melainkan setengahnya saja. Pekerjaan ini sering disebut dengan semi overhaul.

2. Pelumasan buruk, oli kurang/habis
Penyebab yang kedua mobil turun mesin adalah sistem pelumasan yang buruk, bisa juga oli mesin yang habis. Sistem pelumasan pada mobil memiliki fungsi yang sangat-sangat penting, yaitu untuk melumasi secara kontinyu komponen-komponen mesin yang bergerak dan bergesekan, tentu apabila tidak ada pelumasan akan membuat komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan.

Pernah terjadi kasus, oli mesin tinggal satu liter dan sudah berlangsung selama 1 bulan. Hasilnya terjadi kerusakan pada bantalan poros engkol, yang mengharuskan untuk diganti. Gejala yang timbul adalah suara yang abnormal.

3. Timing belt putus
Dalam mekanisme katup, terdapat timing belt yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari poros engkol ke poros nok. Bila timing belt ini putus, bisa membuat piston dan katup-katupnya saling bertubrukan. Sehingga akan terjadi kerusakan pada katup dan pistonnya. Sehingga memaksa mobil anda harus turun mesin untuk diperbaiki. Tetapi tidak semua mobil yang timing belt putus menyebabkan kerusakan pada katup dan pistonnya, ada juga yang aman-aman dan tidak menyebabkan kerusakan. Semuanya tergantung dari kontruksinya. 

Yang pasti akan membuat mobil anda mogok dan tidak bisa dihidupkan. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa yang terbaik adalah pecegahan, yaitu dengan mengganti timing belt secara rutin. Biasanya sekita 65.000 - 80.000 km, timing belt sudah diganti.

4. Mobil kemasukan air (water hammer)
Mobil ternyata juga bisa kemasukan air, umumnya air ini dapat masuk melalui saluran hisap ketika mobil berada di jalan yang tergenang air, atau pada saat banjir terjadi. Air yang masuk ini akan ikut berada di ruang bakar, yang mana kita tahu bahwa air bukan merupakan zat yang bisa dikompresi seperti udara. Sehingga bila ditekan oleh piston maka dapat menyebabkan piston menjadi berlubang/ pecah, connecting rod patah, katup bengkok, poros engkol rusak dan juga mobil mogok.

Demikian artikel tentang pengertian engine overhaul dan penyebab mesin di overhaul, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Engine Overhaul (OH) Dalam Dunia Bengkel dan Penyebab Mesin di Overhaul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel