Mengenal Istilah Dieseling dan Bagaimana Bisa Terjadi pada Mesin Bensin?

Dieseling merupakan suatu keadaan dimana mesin masih hidup ketika kunci kontak sudah dimatikan, dinamakan dieseling karena keadaan ini umum terjadi pada mesin diesel. Bahkan, ada sebagian orang yang justru menyengaja agar mobil dieselnya tetap hidup beberapa detik setelah kunci kontak dimatikan.

Perlu diketahui bahwa dieseling hanya terjadi pada mesin yang masih menggunakan karburator, pada mesin EFI sangat jarang terjadi karena supplay bensin sudah di atur secara elektronik.

Namun pada mesin bensin, keadaan tersebut tidak umum dan dianggap sebagai kerja yang abnormal. Dieseling pada mesin bensin umumnya disebabkan karena panas yang berlebihan di ruang bakar, sehingga membuat panas busi maupun karbon yang membara dapat membakar campuran udara dan bahan bakar. 
Solenoid valve
Solenoid valve
Terjadinya dieseling pada mesin berkarburator ini juga bukan tanpa solusi, pada karburator dilengkapi dengan Katup Solenoid, fungsi dari katup Solenoid ini adalah untuk memutus jalur bensin ketika kunci kontak Off, sehingga mesin tidak mendapat pasokan bahan bakar lagi (mesin mati).

Untuk mengetahui cara kerja katup solenoid dalam mencegah terjadinya dieseling, dapat dibaca di artikel : Fungsi dan Cara Kerja Katup Solenoid pada Karburator.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah Dieseling dan Bagaimana Bisa Terjadi pada Mesin Bensin?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel