Fungsi Stabilizer Bar dan Cara Kerjanya pada Sistem Suspensi Mobil

Di beberapa kendaraan penumpang sering kita temui seperti pipa memanjang dari sisi kanan sampai sisi kiri bagian depan di bawah kendaraan. Komponen yang saya maksud adalah stabilizer bar, fungsinya adalah untuk menjaga kestabilan kendaraan ketika membelok yaitu dengan cara mengurangi kemiringan kendaraan yang diakibatkan oleh gaya sentrifugal.

Selain menjaga kestabilan ketika berbelok, stabilizer bar juga meningkatkan traksi ban terhadap jalan. Stabilizer bar akan menjaga agar ban mencangkeram jalan dengan kuat (tidak mudah mengambang).

Bayangkan ketika mobil berbelok, pasti ada kemungkinan kendaraan itu akan miring. Terutama apabila beban tidak seimbang, atau kecepatan kendaraan yang terlalu tinggi. Stabilizer bar menjaga agar kendaraan tidak miring berlebihan ketika berbelok, semisal ketika belok kiri makan kendaraan juga akan cenderung miring ke kiri. Dengan adanya stabilizer bar maka sisi kanan akan dijaga agar tidak terangkat yang membuat kendaraan miring, dengan kata lain traksi ban sisi dijaga (tidak terangkat). 


2 Fungsi Stabilizer Bar
Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa ada dua fungsi stabilizer bar yaitu : 
  1. Menjaga stabilitas kendaraan ketika berbelok dengan cara mengurangi kemiringan kendaraan yang diakibatkan oleh gaya sentrifugal yang dihasilkan ketika berbelok.
  2. Meningkatkan traksi ban terhadap jalan.
Posisi Stabilizer Bar
Posisi stabilizer bar
Posisi stabilizer bar
Stabilizer bar biasanya dipasang pada kedua lower arm melalui bantalan karet dan linkage, di bagian tengah di ikat ke body pada dua tempat melalui bushing (karet).

Cara Kerja Stabilizer Bar

Ketika roda kanan dan kiri bergerak ke atas dan ke bawah secara bersama-sama dengan arah dan jarak yang sama, stabilizer bar harus bebas dari puntiran.

Namun lain halnya ketika berbelok, pada posisi belok pegas roda bagian luar (outer spring) tertekan dan pegas roda bagian dalam (inner) mengembang. Sehingga stabilizer bar akan terpuntir karena salah satu ujungnya tertekan ke atas dan ujung lainnya bergerak ke bawah.
Cara kerja stabilizer bar
Cara kerja stabilizer bar
Batang stabilizer cenderung menahan terhadap puntiran. Tahanan terhadap puntiran ini bertujuan untuk mengurangi body roll dan memelihara body kendaraan dalam batas kemiringan yang aman.

Demikian artikel tentang fungsi stabilizer bar dan cara kerja stabilizer bar pada sistem suspensi mobil. Jangan lupa follow instagram kami di @bisaotomotif.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Stabilizer Bar dan Cara Kerjanya pada Sistem Suspensi Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel