Fungsi Kunci Sock (Soket) Disertai Kelebihan dan Gambarnya

Selain kunci pas, kunci ring maupun kunci kombinasi, ada jenis kunci sock yang bila secara SOP menjadi pilihan pertama yang harus dipilih ketika mengendurkan/mengencangkan mur/baut, hal ini berlaku terutama ketika tersedia ruang yang luas.

Kunci sock atau soket memiliki bentuk silinder yang terbuat dari baja tensil tinggi dan dilapisi nikel. Kunci sock dapat diganti-ganti stang (batang) sock, selain itu juga bisa diperpanjang dengan menambah sambungan sock. 
Kunci Socket
Kunci Socket

Secara sekilas, kunci socket memiliki dua ujung. Satu ujung mempunyai dudukan segi empat dan sebagai tempat untuk stang sock atau sambungan sock. Sementara ujung lainnya memiliki dimensi hexagonal (seperti kunci ring yang berjumlah 12 sudut), ada juga yang segi 6.
Fungsi kunci sock adalah untuk melepas/memasang baut dan mur, dan merupakan pilihan pertama yang harus dipilih karena akan pas pada kepala baut/mur sehingga meminimalisir terjadinya kepala baut gundul atau tergelincir saat pelepasan/pengencangan. Kunci sock juga merupakan kunci yang sangat efektif, karena disertai dengan kelengkapan tambahan yang dapat disambungkan dengan ujung penggerak sehingga ketika melepas/mengencangkan baut/mur dapat dilakukan dalam waktu yang efisien.
Dalam satu set kunci sock terdiri dari berbagai macam ukuran, setang dansambungan. Ada setang sock yang mirip kunci T, ada juga setang sock yang bernama rachet untuk mempercepat proses pelepasan maupun pengencangan. Setang sock juga dapat disambung dengan pipa, untuk memperbesar momen.
Kelengkapan kunci sock
Kelengkapan kunci sock

Kelebihan Kunci Sock

  1. Kunci sock memiliki jumlah sisi yang sama dengan sisi pada kepala baut/mur, khususnya untuk kunci sock segi 6. Sehingga akan pas dan meminimalisir terjadi kerusakan pada kepala baut/mur dan tergelincir saat pelepasan maupun pengencangan.
  2. Kunci sock dapat lebih flexible dan memiliki gaya yang lebih besar, karena dengan kunci sock kita bisa memilih setang yang digunakan, sambungan dan ratchet yang mempercepat pelepasan/pengencangan.
  3. Untuk melepas baut/mur yang sulit dijangkau dengan kunci pas atau mur, seperti baut manifold, baut kepala silinder dan lain-lain.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kunci Sock (Soket) Disertai Kelebihan dan Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel