Fungsi Kunci Ring dan Kontruksinya

Kunci ring merupakan salah alat-alat otomotif yang umum digunakan dibengkel-bengkel sebagai alat bantu ketika memperbaiki atau melakukan perawatan pada kendaraan bermotor. Kunci ring ini memiliki 12 sisi, digunakan ketika tidak dapat dilepas dengan kunci shock.

Kunci ring memiliki diding yang tipis sehingga memungkinkan digunakan pada ruang yang terbatas, kunci ring di desain agar mudah digunakan. DI bagian ujungnya dibuat melengkung, agar semakin mudah. Tangkainya juga lebih panjang bila dibandingkan dengan kunci pas, tujuannya agar diperoleh momen yang lebih besar.

Kunci Ring
Kunci Ring

Fungsi Kunci Ring

Fungsi kunci ring adalah untuk melepas, mengendurkan, dan mengencangkan mur/baut yang memiliki ruang terbatas dan tidak dapat dilepas menggunakan kunci shock.

Desain Kontruksi Kunci Ring

Kunci ring terbuat dari bahan baja tensil tinggi sehingga memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan ringan. Kunci ring memiliki cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lobang diameter dalamnya. Memiliki 12 sisi/sudut, sehingga memberikan cengkraman yang kuat pada kepala baut atau mur. 

Secara SOP, penggunaan kunci Ring adalah apabila menggunakan kunci shock tidak memungkinkan. Dengan kata lain, ketika menggunakan kunci shock segi 6 tidak bisa karena keterbatasan ruang, maka bisa menggunakan kunci ring ini. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada sisi kepala baut atau mur.

Spesifikasi Ukuran Kunci Ring
Satu buah kunci ring memiliki 2 ukuran yang berbeda, biasanya terpaut 1 - 3 ukuran. Misalnya ukuran 8 dan 9, 10 dan 11, 14 dan 17, 17 dan 19 dll. 

Demikian artikel tentang fungsi kunci ring dan kontruksi kunci ring, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kunci Ring dan Kontruksinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel