Fungsi Kunci Pas : Spesifikasi Ukuran Kunci Pas dan Gambarnya

Kunci pas merupakan salah satu macam alat bantu tangan yang fungsinya untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya atau kepala baut/mur yang telah dilonggarkan dengan kunci ring, atau baut/mur yang sulit dijangkau jika menggunakan kunci ring.

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan berbagai pekerjaan di bengkel otomotif terutapa pada perbaikan kendaraan bermotor pasti dibutuhkan alat-alat bantu kerja, umumnya alat bantu kerja ini terbagi menjadi dua yaitu alat bantu tangan dan alat mesin. 

Alat bantu tangan berarti pengoperasiannya menggunakan tenaga tangan (manual), sementara alat bantu mesin berarti sumber tenaganya menggunakan mesin seperti gerinda, bur, impac wrench, hidrolic dll.

Alat bantu tangan dalam alat-alat bengkel jumlahnya sangat banyak, beberapa yang paling familier mungkin seperti kunci ring, kunci shock, kunci pas, kunci T dan lain-lain.

Sesuai dengan judul artikel ini, kunci yang akan kita bahas adalah "kunci pas", yaitu terkait dengan fungsi kunci pas, spesifikasi ukuran kunci pas dn gambar kunci pas. 

Fungsi Kunci Pas
Fungsi utama kunci pas adalah untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya, atau sudah dilonggarkan dengan kunci shock/kunci ring sebelumnya. Kunci pas juga berfungsi untuk mengencangkan dan melepas baut/mur yang tidak terjangkau atau posisinya susah bila menggunakan kunci ring maupun kunci shock.

Penggunaan Kunci Pas
Penggunaan Kunci Pas
Mengapa kunci pas digunakan pada mur/baut yang sudah longgar? Kunci pas hanya menyentuh sebagian sisi dari kepala baut/mur, sehingga jika digunakan untuk melepas/mengencangkan mur/baut yang belum longgar akan berpotensi merusak kepala baut atau murnya. 

Kontruksi Kunci Pas
Kunci pas dibuat dari bahan baja tensil tinggi sehingga memiliki ketahanan dan kekuatan menerima beban (tidak mudah penyok). Kunci ini memiliki tanka (shank) dengan kepala yang masing-masing membentuk sudut 15 derajat terhadap tangkainya.

Kunci Pas
Kunci Pas
Kunci pas umumnya memiliki dua kepala (dua ujung) yang memiliki ukuran yang berbeda, seperti 6 mm dan 7 mm, 8 mm dan 9 mm dan seterusnya. Ukuran kunci biasanya menunjukkan lebar dari mulut kunci yang dibuat sama dengan ukuran kepala baut/mur. 

Spesifikasi Ukuran Kunci Pas
Satuan ukuran kunci pas terdiri dari mm (metric) dan inch. Untuk ukuran mm tersedia ukuran 4 mm hingga 80 mm. Ukuran metric ini yang paling sering dan umum digunakan di bengkel-bengkel otomotif.

Walaupun yang terkecil adalah 4 mm, namun biasanya di bengkel hanya disediakan ukuran 6 mm atau 7 mm. Karena pada bengkel mobil, mur/baut ukuran kecil seperti 4 mm jarang ditemui.
Ukuran kunci pas
Ukuran kunci pas
Di bengkel biasanya tersedia kunci pas dari ukuran 6 mm sampai 36 mm, kecuali ukuran 31, 33 dan 35 tidak tersedia.


Demikian artikel mengenai fungsi kunci pas, spesifikasi ukuran kunci pas dan gambar kunci pas. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kunci Pas : Spesifikasi Ukuran Kunci Pas dan Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel