Cara Memotong Rantai Motor Dengan Benar

Rantai memiliki fungsi untuk meneruskan putaran pada mesin ke roda belakang. Rantai terbuat dari bahan logam sehingga bisa mengalami pemuaian karena panas. Hal ini bisa terjadi karena gesekan dari rantai dengan gear atau biasa disebut dengan sprocket. Lalu jika terjadi gesekan terus menerus maka rantai akan menjadi melar. Jika sudah seperti itu, maka dilakukan penyetelan. Namun jika sudah tidak bisa, maka rantai dapat diganti atau dipotong. Lalu bagaimana cara memotong rantai motor?

Selain melakukan pemotongan rantai, Anda juga bisa membeli rantai baru. Namun, jika kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan. Maka, langkah pemotongan rantai motor menjadi alternatif terbaik. Dalam pemotongan rantai, tidaklah semudah seperti yang diperkirakan. Namun Anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan memberikan tips dan cara memotong rantai motor dengan mudah.

Cara Memotong Rantai Motor Dengan Mudah Dan Cepat

Pemotongan rantai tidak selalu harus dilakukan oleh mekanik, Anda sendiri pun bisa melakukannya. Selan tidak perlu biaya yang mahal untuk membeli satu set rantai dan gear, cara ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Di bawah ini akan dijelaskan cara memotong rantai motor dengan benar:

Secara Manual
Cara memotong rantai motor yang pertama yaitu dilakukan secara manual. Sebelum itu, Anda perlu menyiapkan peralatan seperti gerinda, paku atau batang besi ukuran kecil, palu, dan tang. Jika sudah, maka ikuti langkah-langkah memotong rantai motor secara manual berikut ini:

1. Siapkan gerinda dengan mata yang tajam untuk memotong pin dari mata rantai. Penggerindaan pin mata rantai bertujuan supaya mata rantai bisa dilepas dengan mudah.

2. Jika pin tersebut sudah terpotong, selanjutnya tahan bagian bawah pin rantai motor dengan mur berukuran 14 atau 17.

3. Apabila sudah tertata dengan pas, lalu di bagian atas gunakan besi yang sudah disiapkan tadi untuk melepas pin rantai. Caranya dengan dipukul menggunakan palu hingga pin dapat terlepas.

4. Jika sudah terlepas, maka Anda bisa ukur untuk menemukan kekencangan dari rantai motor yang pas. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui berapa mata rantai yang harus dilepas.

5. Jika sudah dilakukan langkah-langkah tersebut, lalu pasang kembali rantai ke motor Anda. Cara memotong rantai sendiri ini memang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, ada banyak resiko yang mungkin akan ditanggung sendiri seperti tangan terpukul palu atau hal lainnya. Maka dari itu, untuk lebih amannya Anda bisa lebih berhati-hati dalam melakukan pemotongan rantai sendiri.


Menggunakan Alat Khusus
Selain dengan manual seperti pada cara sebelumnya, pemotongan rantai motor juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Alat khusus untuk memotong rantai motor dapat ditemukan di beberapa toko sparepart motor. Biasanya alat pemotong rantai disebut dengan chain breaker yang bisa memudahkan Anda dalam melepas dan memasang pin rantai motor. Hal ini digunakan agar pemotongan lebih mudah karena tidak memerlukan palu dan sejenisnya. Berikut cara-caranya:
Cara memotong rantai
Cara memotong rantai
1. Lepas rantai motor terlebih dahulu untuk mempermudah proses pengerjaan
2. Tentukan berapa mata rantai yang akan dipotong
3. Lalu gunakan chain breaker untuk melepas pin dengan cara meletakkan alat ke bagian pin rantai motor
4. Putar ujung lain dari alat ini dengan tangan hingga pin rantai tertekan oleh sisi lain dari alat 5. Jika pin sudah lepas, maka buang beberapa mata rantai yang tidak terpakai dan sambung kembali rantai motor tersebut.


Demikian pembahasan mengenai cara memotong rantai motor. Anda bisa melakukan pemotongan rantai motor manual atau dengan alat khusus. Perlu diperhatikan sebelum melakukan proses pengerjaan, Anda perlu berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memotong Rantai Motor Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel