Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dan Tahan Lama

Lampu merupakan komponen elektronika yang dapat mengubah listrik menjadi cahaya. Dengan teori tersebut, maka bukan tidak mungkin bahwa lampu motor dapat ditingkatkan intensitas cahayanya. Semakin besar kapasitas listrik yang masuk, akan semakin terang cahaya dihasilkan. Untuk lampu motor sendiri telah disuplai maksimal 12 Volt. Lalu apakah bisa ditambah intensitas cahayanya? Temukan cara membuat lampu motor lebih terang di sini.

Pada dasarnya, cahaya yang dihasilkan lampu motor sudah disetel untuk menerangi kegelapan yang pas. Maka dari itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai pencahayaan lampu motor. Hanya saja, beberapa lampu bisa redup hingga mati dan tentu sangat mengganggu. Untuk membuat lampu menjadi terang, maka Anda perlu mengikuti tips dan cara membuat lampu motor lebih terang berikut.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dari Biasanya

Cara membuat lampu motor lebih terang
Cara membuat lampu motor lebih terang
Cara buat lampu motor terang tidaklah sembarangan, perlu suatu perhitungan yang baik. Hal ini dikarenakan jika ada salah sedikit, maka akan menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan pada motor tersebut. Selain keberadaan lampu sebagai pencahayaan ketika berkendara di malam hari. Lampu juga digunakan untuk menandakan keberadaan motor kita di jalan agar tidak bertabrakan. Maka dari itu, ketahui cara membuat lampu motor lebih terang berikut ini:

Pasang Relay
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat lampu motor menjadi terang dengan relay. Fungsi relay adalah untuk menjembatani arus baterai dengan beban kelistrikan secara langsung. Untuk memaksimalkan cahaya lampu dengan relay, maka Anda perlu mengurangi nilai hambatan rangkaian lampu. Cara yang digunakan yaitu dengan meminimalkan penggunaan dari konektor atau sambungan kabel. Lampu motor terang dengan relay sudah terbukti ampuh dan banyak digunakan.

Memasang Lampu LED
Cara membuat lampu motor lebih terang dengan LED cukup mudah. Anda hanya perlu mengganti bohlam dari lampu motor bawaan dengan bohlam LED. Lampu LED sendiri berbeda dengan lampu biasa. Lampu LED menggunakan rangkaian diode pada filament lampu tanpa gas seperti halogen. Penggunaan lampu LED terbukti dapat menghemat pemakaian daya dari listrik.

Sebelum memilih lampu LED sebagai lampu utama motor, Anda perlu memastikan range intensitas cahaya yang diperbolehkan. Jangan gunakan lampu yang terlalu terang karena akan mengganggu pengendara lain. Selain itu, bukan tidak mungkin jika Anda bertemu operasi tilang oleh polisi, motor Anda akan ditilang. Baca juga : Kelebihan Lampu LED daripada Bohlamp Biasa

Mengganti Kiprok Standar
Jika Anda merasa tegangan pengisian sudah berlangsung dengan rendah dari biasanya, maka bisa dilakukan penggantian kiprok. Hal ini yang menyebabkan aki tekor dan mengganggu seluruh sistem kelistrikan pada motor. Dengan mengganti kiprok ini, kelistrikan motor akan kembali menjadi normal dan lampu motor sudah kembali terang.

Begitulah cara membuat lampu motor lebih terang. Tips lampu motor lebih terang dapat dilakukan dengan mengetahui sistem kelistrikan pada motor. Anda bisa menurunkan spesifikasi lampu bohlam pada lampu ganda motor. Untuk motor dengan arus bolak balik (AC) pada sistem kelistrikan, maka dapat dikerjakan dengan menurunkan watt dari bohlam. Sedangkan untuk motor dengan arah arus searah (DC) pada sistem kelistrikannya. Maka bisa memakai lampu dengan watt yang lebih besar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel