Cara Kerja Pompa Bensin Elektrik Tipe Diafragma

Pompa bensin merupakan komponen yang berfungsi memompa bahan bakar dari tangki yang kemudian disalurkan ke komponen lain hingga siap untuk dibakar di ruang bakar. Pompa bensin atau pompa bahan bakar yang sering digunakan pada mesin bensin terdapat dua jenis, yaitu tipe mekanik dan tipe listrik.

Pompa bensin tipe mekanik digerakkan secara mekanik oleh tenaga mesin melalui poros nok (cam shaft), sementara untuk pompa bensin elektrik digerakkan dengan memanfaatkan arus listrik yang bersumber dari baterai atau sistem pengisian.

Salah satu kelebihan dari pompa bensin elektrik ini adalah bisa ditempatkan di mana saja, kecuali pada model tertentu yang sudah dibuat secara khusus diletakkan di dalam tangki bensin.

Baca juga : Komponen-komponen Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional

Pompa bensin elektrik ini akan mulai bekerja ketika kunci kontak di ON-kan. Perlu diketahui bahwa pompa bensin elektrik ada beberapa jenis seperti tipe diafragma, tipe plunger, sentrifugal dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah pompa bensin model diafragma. Berikut adalah cara kerja pompa bensin elektrik tipe diafragma : 
Cara kerja pompa bensin elektrik
Cara kerja pompa bensin elektrik
Ketika kunci kontak dalam posisi ON, maka akan terjadi kemagnetan pada solenoid yang menyebabkan diafragma tertarik ke atas, sehingga bahan bakar akan masuk melalui katup masuk.

Di saat yang sama platina akan membuka karena tuas platina dihubungkan dengan rod sehingga kemagnetan pada solenoid hilang.Akibatnya diafragma bergerak ke bawah mendorong bahan bakar keluar melalui katup buang. Begitu seterusnya..

Baca juga : Cara Kerja Karburator, Fungsi dan Komponennya

Sumber referensi : Modul Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin, Departemen Pendidikan Nasional 2004.

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Pompa Bensin Elektrik Tipe Diafragma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel