Berapa Ukuran Watt Lampu Motor?

Ukuran watt lampu motor dapat berpengaruh pada terang redupnya lampu motor. Jadi ketika Anda ingin membuat lampu motor menjadi lebih terang. Maka perlu memerhatikan ukuran watt lampu motor yang pas. Membuat lampu motor lebih terang dapat dimulai dari menjaga kualitas reflektor dan mika lampu. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah terang lampu motor yaitu dengan menurunkan spesifikasi bohlam pada lampu ganda.

Untuk motor dengan sistem kelistrikan lampu AC atau arus bolak balik, Anda bisa menurunkan ukuran watt bohlam. Dengan menurunkan ukuran watt lampu motor yang bentuknya sama dengan aslinya dapat membuat cahaya lebih terang. Sedangkan jika sistem kelistrikannya dengan arus DC atau arus searah. Watt bohlam yang digunakan lebih rendah, maka akan turun juga pencahayaannya. Kelistrikan AC dapat ditemukan pada motor bebek atau matic, lalu untuk DC ditemukan pada motor Honda Tiger.

Mengetahui Ukuran Watt Lampu Motor Agar Lampu Lebih Terang

Berapa Ukuran Watt Lampu Motor?
Berapa Ukuran Watt Lampu Motor?

Nah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai ukuran watt lampu motor dari sistem kelistrikannya. Hal ini akan berguna ketika Anda akan menentukan lampu bohlam seperti apa yang tepat untuk motor. Berikut ulasannya:

Motor Berarus AC Gunakan Bohlam Watt Kecil
Dengan mengetahui arus dari motor Anda, maka bisa dengan mudah menentukan ukuran watt lampu motor yang cocok. Jika motor Anda diketahui menggunakan arus AC, maka pilih bohlam motor dengan watt kecil agar lampu lebih terang. Agar lampu utama menyala, mesin harus dalam kondisi hidup terlebih dahulu. Besarnya cahaya yang keluar sangat tergantung pada putaran mesin. Jadi, semakin tinggi engine bergasing, maka sorot lampu akan semakin terang.

Dikarenakan cahaya yang keluar tidak stabil dan sesekali kurang terang, tidak sedikit pemilik motor mengganti bohlamnya. Dari ukuran awal bohlam 12V/18W, dibuat menjadi 12V/35W atau 12V/55W. Namun dengan penambahan ukuran watt pada arus AC justru membuat cahaya yang keluar menjadi redup. Jika ingin menambah terang lampu, spek dari bohlam jangan ditambah besar, melainkan dikecilkan. Sehingga arus dari listrik dapat membuat bohlam watt kecil jadi makin terang cahayanya.

Motor Berarus DC Gunakan Bohlam Watt Besar
Pada motor berarus DC seperti honda Tiger, walau mesin belum hidup asal kontak sudah ON maka lampu bisa tetap nyala. Semakin besar ukuran watt lampu bohlam pada arus DC maka cahaya yang dikeluarkan makin terang. Misal motor Anda yang awalnya dipasang bohlam 12V/35W, dan diganti ke 12V/55W maka cahaya akan makin terang. Atau jika Anda ingin mengganti ke 12V/100W juga bisa. Namun sebelum menambah watt terlalu besar, Anda perlu memerhatikan kondisi aki.

Setrum dari aki, selain digunakan untuk bohlam lampu depan, belakang dan lampu rem. Aki juga harus menyuplai setrum ke lampu indikator yang ada pada panel, sein dan komponen lain. Misal spek aki dari honda Tiger sebesar 12V/7 Ah. Jika dihitung menggunakan rumus watt yaitu watt = volt x ampere. Maka jadinya 84 watt (12 volt x 7 Ampere). Hal ini berarti aki hanya mampu menyuplai arus listrik ke komponen kelistrikan sebesar 84 watt per jam saja. Jika lebih maka aki bisa cepat tekor.

Akhirnya ukuran watt lampu motor dapat diketahui berdasarkan arus kelistrikan yang mengalir pada motor. Jika Anda ingin mengganti lampu bohlam motor, maka arus kelistrikan motor perlu diketahui sebelumnya.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Ukuran Watt Lampu Motor?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel