Berapa KM Ganti Oli Motor Matic Yang Baik?

Oli digunakan sebagai pelumas mesin untuk menghindari gesekan antar komponen. Fungsi lain dari oli yaitu sebagai pendingin, peredam getaran, dan anti karat. Oli juga digunakan sebagai pembersih kotoran yang menempel pada mesin. Untuk itu, Anda perlu mengganti oli motor dengan rutin untuk menjaga keawetan dari motor. Kapan waktu yang pas dan berapa km ganti oli motor matic.

Sebelum menuju ke jawaban dari pertanyaan kapan waktu yang pas untuk ganti oli. Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai dua jenis oli yang ada. Oli sendiri memiliki 2 jenis, yaitu oli untuk mesin, dan oli transmisi atau biasa disebut oli gardan. Penggantian oli bisa diukur dari penggunaan kendaraan dan jarak yang telah ditempuh. Lalu pertanyaannya adalah berapa km ganti oli motor matic yang benar? 

Berapa KM Ganti Oli Motor Matic Sesuai Aturan

Berapa KM Ganti Oli Motor Matic Yang Baik?
Berapa KM Ganti Oli Motor Matic Yang Baik?
Simak pembahasan di bawah ini yang akan menjawab pertanyaan mengenai kapan waktu yang pas untuk ganti oli motor? Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor dapat berdasarkan pada hitungan bulan. Akan tetapi juga bisa diketahui dari jarak tempuh kendaraan. Untuk itu, baca berapa bulan dan berapa km ganti oli motor matic yang sesuai aturan di bawah ini:

Ganti Oli Berdasarkan Hitungan Bulan

Oli bersifat mendinginkan karena memiliki sifat menyerap panas. Namun di jangka waktu lama, oli yang sering berinteraksi dengan panas ini bisa mengubah tingkat kekentalan dari oli. Dari kondisi tersebut maka semakin lama oli akan semakin encer. Tingkat kekentalan dan kualitas oli mesin akan berpengaruh terhadap kemampuan oli terhadap mesin. Oli yang sudah menghitam tandanya yaitu kandungan oli telah tercampur dengan kotoran mesin dan kerak.

Oli yang sudah menghitam dan tercampur tersebut jika digunakan terus menerus maka bisa mengakibatkan mesin panas. Selain mesin menjadi cepat panas, hal tersebut juga bisa menimbulkan goresan di dinding silinder. Untuk waktu yang tepat kapan ganti oli motor yaitu setiap dua bulan sekali. Waktu dua bulan sekali biasa dilakukan jika Anda menempuh jarak 20 hingga 50 Km perhari. Lalu jika Anda menempuh 50 hingga 100 km perhari maka dilakukan sebulan sekali.

Ganti Oli Berdasarkan Jarak Tempuh

Ketika Anda telat mengganti oli, maka bukan tidak mungkin motor akan cepat rusak. Untuk itu, rawat motor Anda dengan minimal ganti oli rutin sesuai jadwal. Ditambah ketika motor Anda sudah berteknologi EFI perlu perhatian khusus. Pada mesin berteknologi EFI akan mengonsumi bahan bakar yang jauh lebih irit. Namun, mesin EFI perlu perawatan ekstra yang harus diperhatikan. Anda perlu memerhatikan jadwal ganti oli agar tidak terlewat.

Berapa km ganti oli motor yang baik yaitu per jarak 2000 hingga 3000 km dalam pemakaian wajar. Namun, jika Anda dalam perhari menempuh jarak hingga 200 km sebaiknya ganti oli sekali dalam 2 minggu. Jadi, waktu ganti oli yang tepat juga dipengaruhi dari pemakain pengendara. Dengan Anda mencatat pemakaian dalam perhari, maka bisa diketahui berapa km ganti oli motor matic. Untuk oli gardan sendiri, memiliki perbandingan 2:1 dengan ganti oli mesin. Jadi ketika Anda dua kali ganti oli mesin, maka lakukan satu kali ganti oli gardan. 

Belum ada Komentar untuk "Berapa KM Ganti Oli Motor Matic Yang Baik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel