Bagian-Bagian Mobil Secara Garis Besar

Bagian-Bagian Mobil Secara Garis Besar - Jika kita membahas tentang sebuah mobil, maka kita berbicara tentang satu hal yang utuh. Sesuatu kesatuan dari berbagai jenis part atau bagian besar. Begitu juga dengan mobil, maka disitu ada bagian-bagian utamanya seperti mesin, pemindah daya, chassis, kelistrikan mesin, kelistrikan bodi, serta bagian luar (exterior) dan dalam (interiror) yang terlihat langsung oleh mata.

Memahami bagian-bagian mobil secara garis besar akan membantu kita dalam memahami cara kerja dari mobil tersebut. Selain itu kan memudahkan kita dalam melakukan perawatan atau perbaikan di-bengkel-bengkel. Lalu apa sajakah bagian-bagian mobil secara garis besar? Berikut adalah penjelasannya :

1. Interior dan Exterior
Bagian pertama dari sebuah mobil adalah tampilan yang terlihat oleh mata, yaitu bagian exterior dan bagian interior. Exterior berarti tampilan mobil sisi luar, dari mulai warna, lekuk/bentuknya dan aksesoris lainnya. Sementara interior adalah tampilan mobil bagian dalamnya.

2. Mesin
Mesin
Mesin
Bagian yang akan membakar bahan bakar kemudian menghasilkan energi gerak adalah mesin. Mesin mobil berdasarkan bahan bakarnya dibagi menjadi dua macam yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Kebanyakan mesin mobil itu merupakan motor bakar 4 tak, dengan jumlah silinder yang bervariasi mulai dari 3, 4, 6 bahkan ada juga yang 12 silinder. Baca : Nama Komponen-komponen Mesin Mobil

3. Pemindah Daya
Pemindah Daya
Pemindah Daya
Energi gerak yang dihasilkan oleh mesin akan disalurkan ke-roda melalui pemindah daya. Pemindah daya pada mobil umumnya terdiri atas kopling, transmisi (presneling), gardan dan axle shaft.

4. Chassis
Chassis merupakan bagian dalam mobil yang terdiri dari sistem suspensi yang menopang axle, sistem kemudi yang mengatur arah kendaraan, ban sebagai alat berjalannya mobil dan rem untuk memperlambat laju kendaraan.

5. Kelistrikan
Pada mobil terdapat bagian kelistrikan yang mengatur dan menyalurkan arus agar mobil dapat berjalan dengan baik. Terdapat dua jenis yaitu kelistrikan mesin dan kelistrikan bodi. Kelistrikan mesin terdiri dari baterai sebagai sumber arus listrik, sistem pengisian untuk mengisi baterai, sistem pengapian untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, sistem starter untuk menghidupkan mesin pertama kali dan sistem-sitem yang lain.

Sementara kelistrikan bodi adalah kelistrikan di luar mesin, seperti lampu kepala, lampu riting, klakson, radio, power window dan lain sebagainya.

6. AC Mobil
Sebuah sistem yang berfungsi untuk menyejukkan udara di dalam mobil disebut sebagai AC. Fungsinya sama dengan AC yang ada pada ruangan, sistem AC ini umumnya terdiri dari beberapa komponen-komponen AC mobil yaitu kompresor, kondensor, receiver dryer, katup expansi, evaporator dan kontrol panel.

Nah itu adalah 6 bagian-bagian mobil secara garis besar, untuk secara mendetail dapat melihat artikel-artikel dari bisaotomotif.com yang lain ya !!

Belum ada Komentar untuk "Bagian-Bagian Mobil Secara Garis Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel