Ketahui Penyebab Sekering Mobil Sering Putus dan Cara Mengatasinya

Sekring memiliki fungsi yang vital pada mobil. Ketika suplay listrik telah melebihi kebutuhan, di situlah tugas sekring sebagai penahan dan pemutus aliran. Dengan adanya penahan tersebut membuat perangkat lain tidak rusak atau terbakar karena suplay listrik yang berlebihan. Maka dari itu, jagalah kondisi sekering agar tetap bisa bekerja maksimal. Jika sudah rusak atau keluar tanda-tanda sekering rusak. Ketahui penyebab sekering mobil putus dan kemudian menemukan solusinya.

Ketika Anda ingin mengganti sekring rusak, maka harus disesuaikan dengan besarnya kapasitas dari pemakaian aliran listrik. Penyebab sekering mobil putus salah satunya karena aliran listrik yang mengalir terlalu besar atau berlebihan. Jika belum sesuai dengan aliran listrik, maka perlu diberi tambahan relay. Relay ini digunakan karena kabel standar tidak akan kuat menahan beban listrik yang lebih besar dari pada kapasitas kabel. Baca juga : Beberapa penyebab lampu depan mobil mati

Penyebab Sekering Mobil Putus dan Cara Mengatasinya

Dalam memilih dan menggunakan sekering haruslah tepat yang sesuai dengan anjuran dari pabrik. Anda sebagai pemilik mobil harus mengerti fungsi dari sekring. Sekring ini digunakan untuk sistem pencahayaan maupun perangkat elektronik lainnya. Lalu bagaimana jika sekering mobil putus? Untuk membantu Anda, berikut akan kami berikan penjelasan mengenai apa saja penyebab putusnya sekring mobil dan solusinya:

Penyebab Sekering Mobil Putus dan Cara Mengatasinya
Penyebab Sekering Mobil Putus dan Cara Mengatasinya
Konsleting
Fungsi sekering memang sebagai pengaman ketika terjadi arus yang berlebihan (membatasi arus), maka bisa jadi sekering mobil yang sering putus karenaa terjadi konsleting (hubung singkat arus listrik). Ini bisa terjadi ketika kabel mengelupas, isolator meleleh karena panas, saklar rusak dll.

Kualitas Bohlam Lampu Mobil Buruk
Penyebab sekering mobil putus biasanya dari kualitas bohlam lampu mobil yang tidak baik. Ketika Anda membeli bohlam dengan kualitas yang tidak baik dan harganya murah, tentu tidak bisa bertahan dengan panas. Akibatnya, filamenya akan lebih mudah putus. Hal ini yang menjadi alasan sekring mobil putus. Ketika Anda membeli bohlam lampu mobil yang murah dan kualitas buruk, bohlam tersebut hanya bisa bertahan hingga 3 jam saja.

Mengapa sekring mobil putus? Salah satu jawabannya karena buruknya kualitas lampu bohlam pada mobil. Sebaiknya ketika Anda hendak mengganti bohlam lampu, pilihlah dengan kualitas dan harga yang bagus. Tidak perlu terlalu mahal namun dapat awet dan tahan lama. Baca juga : Rangkaian dan cara kerja lampu kota

Tegangan Berlebihan
Anda dapat memastikan dan memeriksa tegangan dari kelistrikan pada mobil menggunakan multimeter atau voltmeter. Apabila menemukan tegangan pada komponen terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka periksa juga komponen lainnya. Komponen-komponen lain yang bisa Anda periksa salah satunya yaitu aki.

Selain memeriksa aki, Anda juga bisa memeriksa regulator dan rangkaiannya. Hal ini biasanya terjadi pada mobil dengan sistem pengisian yang masih konvensional. Sistem pengisian dengan regulator yang rusak bisa menghasilkan tegangan pengisian yang terlalu besar, umumnya terjadi ketika rpm tinggi. 


Soket Lampu Kotor dan Kendor
Soket lampu yang sudah kotor dan kendor membuat panas berlebih di bagian lampu. Hal ini akan membuat lampu mobil menjadi cepat rusak karena panas yang ditimbulkan tersebut. Maka dari itu, Anda bisa mengganti lampu yang rusak tersebut dengan lampu baru. Namun, Anda perlu memilih lampu dengan kualitas yang bagus walau harganya mahal. Harga mahal tentu akan berbanding lurus dengan kualitas yang diberikannya.

Cara Mengatasi Sekering Mobil Sering Putus
Untuk mengatasi sekering mobil sering putus adalah cek bagian mana yang kemungkinan menjadi penyebab mengapa sekering mobil putus. Cari sekitar soket lampu, saklar, atau tempat-tempat yang terkena panas atau hama tikus, wkwk. Ketika sudah diperbaiki baru ganti sekering dengan yang baru.


Akhirnya Anda telah mengetahui apa saja penyebab sekering mobil putus. Dengan dijelaskannya alasan lampu sekring mobil putus, maka Anda perlu rutin memeriksa keadaan lampu dan sekringnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan kerja dari lampu tersebut. Jadi, Anda bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada sekring.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Penyebab Sekering Mobil Sering Putus dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel